Spesifikasi Toyota Agya 1.2 G AT TRD Facelift 2020 : Banyak Kelebihan Penunjang Kenyamanan

31/03/2021 Abdul Review Toyota

Toyota Agya merupakan mobil yang masuk dalam segmen kendaraan Hatchback dan juga LCGC. Dimana dalam segmen tersebut terkenal akan konsumsi bahan bakarnya yang hemat dan dapat diandalkan. Kali ini kami akan membahas mengenai spesifikasi Toyota Agya 1.2 G AT TRD Facelift 2020.

1. PENGANTAR TOYOTA AGYA G FACELIFT 2020

Ketika melihat segmen LCGC  (Low Cost Green Car), persaingan yang dilakukan terbilang sengit. Hal tersebut dikarenakan dalam pasar ini terbilang laris manis karena harga yang cukup terjangkau dan terkenal akan konsumsi bahan bakarnya yang hemat. Melihat persaingan yang ketat tersebut, dari pihak Toyota Astra Motor di tahun 2020 melakukan pembaharuan pada mobilnya tersebut.

Pembaruan dilakukan dengan memberikan beberapa fitur tambahan dan mendapatkan perubahan sehingga dapat melakukan persaingan serta menarik minat masyarakat di Indonesia. Lantas apa sih yang diberikan pihak Toyota sehingga membuatnya lebih menarik dan diminati.

2. EKSTERIOR TOYOTA AGYA G FACELIFT 2020

Sisi Depan Toyota Agya 1.2 G AT TRD Facelift 2020

Gambar ini menunjukkan bagian depan Toyota Agya 1.2 G AT TRD Facelift 2020

Kegagahan daitampakkan pada bagian depannya

Pembahasan dimulai dari sisi depan, seperti biasa untuk bagian atas ada kaca berpadu dengan wiper. Untuk bagian kap mesin didesain ada lekukan ke dalam sehingga menjadikannya tampak sporty. Kemudian di bagian bumper menggunakan warna hitam yang seakan terhubung dengan headlamp ukuran cukup besar.

Di bagian Headlamp menggunakan proyektor halogen  dengan lampu jauh di bagian dalam dan di bawah terdapat lampu senja. Sementara untuk fog lamp menggunakan model bulat dan memakai crystal multi reflector halogen. Lubang udara bumper besar dengan warna hitam yang berpadu dengan penggunaan aksen warna merah model bumerang yang membuat tampilannya lebih sporty.

Sisi Samping Toyota Agya 1.2 G AT TRD Facelift 2020

Gambar ini menunjukkan bagian samping Toyota Agya 1.2 G AT TRD Facelift 2020

Tampilan sporty dan modern membuatnya terlihat sangat menarik

Menuju ke sektor samping, bagian ini mendapatkan spion baru dengan lampu sein. Di depannya terdapat tulisan TRD S dengan perpaduan warna merah dan putih. Sementara di bagian atas pilar A ada antena model tarik. Spion dan handle pintu dibuat sewarna dengan bodi. Bagian sampingnya ini telah dibekali dengan talang air yang sangat bermanfaat ketika menghadapi musim penghujan.

Menuju ke sisi bawah, di bagian pintu terdapat side body moulding dan di bawahnya lagi ada side skirt yang terdapat aksen warna hitam dan merah. Di ujung depan side skirt mendapatkan emblem TRD S. Sedangkan di atas fender depan ada emblem tulisan Dual Li VVT-i. Sementara pelek yang digunakan ukuran 14 inci dengan model two tone yakni hitam dan silver.

Sisi Belakang Toyota Agya 1.2 G AT TRD Facelift 2020

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Toyota Agya 1.2 G AT TRD Facelift 2020

Tampilan sporty berkat spoiler yang diberikan

Berlanjut ke area belakang, di bagian atas sendiri diberikan spoiler sporty menggunakan warna hitam dengan High Mount Stop lamp. Di bagian ini juga terdapat tulisan TRD pada sisi kanan dan kiri. Untuk bawahnya terdapat kaca belakang yang sudah mendapatkan rear wiper untuk visibilitas lebih baik ke arah belakang. Aksen krom juga didapatkan bagian logo Toyota, Astra Toyota sebelah kiri dan sisi kanan Agya TRD serta S pakai warna merah.

Di sisi kanan dan kiri terdapat lampu belakang, yang mana untuk desain stop lamp menggunakan LED dengan bentuk L yang di black out dan hal tersebut dipertegas dengan priming krom. Sementara pada lampu sein dan lampu mundur menggunakan crystal multi reflektor. Untuk bagian bumper terdapat 2 buah sensor dan tempat plat nomor. Di sisi kanan  dan kiri mendapatkan reflektor. Sementara untuk bagian bawah terdapat aksen ala-ala diffuser yang menggunakan warna hitam sehingga membuatnya tampil lebih sporty.

>>> Baca Juga:

3. INTERIOR TOYOTA AGYA G FACELIFT 2020

Dashboard Dan Kemudi Toyota Agya 1.2 G AT TRD Facelift 2020

Gambar ini menunjukkan bagian dashboard dan kemudi mobil Toyota Agya 1.2 G AT TRD Facelift 2020

Interior tampak rapi dan minimalis

Dashboard mobil yang diberikan menggunakan bahan material hard plastik. Untuk sisi kanan dashboard terdapat laci penyimpanan terbuka dengan di atasnya tombol electric mirror dan sudah electric retract. Di sampingnya terdapat tombol Start/Stop Button dan Smart Key. Ada juga kisi-kisi AC di bagian atasnya model bulat dengan ring krom.

Menuju ke sisi tengah dashboard, mengandalkan finishing black glossy di bagian atas sendiri ada kisi-kisi AC mobil 2 buah model persegi panjang. Di bawahnya lagi terdapat head unit layar sentuh dan pengaturan AC mobil model digital. Sementara untuk sisi kiri dashboard mobil ada airbag penumpang depan dan laci penyimpanan tertutup di bagian bawah.

Kemudi mobil mengandalkan 3 palang dengan 2 warna yakni hitam dan silver. Pada palang sebelah kiri sudah diberikan tombol audio steering switch. Di sisi tengahnya ada logo Toyota aksen krom dengan adanya spion dan airbags.

Jok Mobil Toyota Agya 1.2 G AT TRD Facelift 2020

Gambar ini menunjukkan jok belakang Toyota Agya 1.2 G AT TRD Facelift 2020

Kabin lapang memberikan kesan menyenangkan selama perjalanan

kapasitas penumpangnya dapat ditujukan untuk 4 sampai 5 orang. Bahan material yang digunakan untuk joknya adalah fabric. Dimana pada kursi pengemudi hanya bisa diatur maju mundur saja dan belum bisa diatur ketinggiannya. Yang cukup menarik adalah motif bagian tengahnya yang ada garis-garis dengan warna orange. Headrest bagian jok depan menggunakan model fix yang tidak bisa diatur ketinggiannya.

Sementara untuk bagian kabin belakang menggunakan jok yang sama dengan depan. Yang menarik adalah untuk headrest sudah menggunakan model adjustable dan terdapat 3 buah. Untuk leg room dan head room nya tergolong standar untuk sebuah kendaraan dalam segmen Hatchback.

>>> Lihat Juga:

4. FITUR TOYOTA AGYA G FACELIFT 2020

Fitur Keselamatan Toyota Agya 1.2 G AT TRD Facelift 2020

Hal pertama yang menjadi salah satu fitur keselamatan adalah seatbelt 3 titik. Bahkan pada baris belakang terdapat 3 seat belt yang membuat penumpang tengah juga bisa mendapatkan keselamatan. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan dual SRS Airbags yang dapat memberikan keselamatan saat terjadi benturan untuk penumpang depan dan pengemudi mobil. Fitur lain yang diberikan adalah sistem pengereman ABS dan EBD serta dibekali juga dengan sensor parkir. Bagi keluarga mudah yang memiliki anak kecil tidak perlu khawatir, karena pihak Toyota memberikan ISOFIX yang dapat digunakan untuk menempatkan child seat.

Gambar ini menunjukkan head unit Toyota Agya 1.2 G AT TRD Facelift 2020

Fitur cukup mumpuni mendukung kenyamanan dan keselamatan

Fitur Hiburan Toyota Agya 1.2 G AT TRD Facelift 2020

Sebagai pendukung kenyamanan dan kesan menyenangkan selama perjalanan, diberikan fitur entertainment berupa head unit layar sentuh. Yang mana dengan mengandalkan fitur tersebut dapat digunakan untuk mengoperasikan Radio, Aux, USB dan juga Bluetooth. Supaya pengendaraan lebih nyaman diberikan AC mobil yang dapat memberikan suhu yang segara selama perjalanan dengan mobil besutan Toyota satu ini. Pengaturannya juga sudah menggunakan model digital.

>>> Lihat Juga, Review Mobil Toyota Etios Valco G 2013 : Handling Baik Dengan Kabin Yang Lega

5. OPERASI TOYOTA AGYA G FACELIFT 2020

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Toyota Agya 1.2 G AT TRD Facelift 2020

Mobil LCGC terkenal ramah lingkungan dan hemat BBM

Pada sektor performa yang dimiliki oleh Toyota Agya 1.2 G AT TRD Facelift 2020, pihak Toyota memberikan mesin dengan kode 3NR-VE yang dipadukan dengan 4 silinder DOHC dan sudah Dual VVT-i. Kapasitas mesin yang diberikan adalah 1.197 cc dipadukan dengan penggunaan sistem pasokan BBM Electric Fuel Injection yang membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih hemat. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 86,5 Hp dan torsi puncaknya adalah 107,9 Nm. Torsi dan tenaga mesin disalurkan ke bagian roda depan mengandalkan sistem transmisi otomatis 4 speed. Untuk yang manual mengandalkan 5 speed pada transmisinya.

>>> Baca Juga, Spesifikasi Mobil Toyota Calya G MT 2017 : Mobil MPV LCGC Irit BBM & Ramah Lingkungan

6. SPESIFIKASI TOYOTA AGYA G FACELIFT 2020

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi mobil Toyota Agya 1.2 G AT TRD Facelift 2020:

DIMENSI

Panjang

3.660 mm

Lebar

1.600 mm

Tinggi

1.520 mm

Track Roda Depan & Belakang

 1,420 mm & 1,415 mm

 Kapasitas Tangki

  33 Liter

Jarak Sumbu Roda

 2,450 mm

 Jarak Terendah Ke Tanah

 180 mm

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc Brake & Drum Leading Trailing Brake

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS

Suspensi Depan & Belakang

 MacPherson Strut with Coil Spring & Semi Independent Torsion Axle Beam dengan Coil Spring

Sistem Kemudi

 Electronic Power Steering

 Pelek

 Machining Alloy, 14 inch

Jenis Ban

 Bridgestone Ecopia, 175/65 R14

MESIN

Seri

 3NR-VE, 4 Silinder Segaris, DOHC, Dual VVT-i

 1,197 cc

 1,197 cc

Tenaga Maksimum

 86,5 Hp (88 Ps) @ 6,000 rpm

 Torsi Maksimum

 107,9 Nm (11,0 Kgm) @ 4,200 rpm

Bore X Stroke

 72,5 mm X 72,5 mm

 Tipe Transmisi

 Manual 5 Percepatan & Otomatis 4 Percepatan, Penggerak Roda Depan

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA AGYA G FACELIFT 2020

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil Toyota Agya 1.2 G AT TRD Facelift 2020:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Hemat konsumsi bahan bakar yang menjadi ciri khas LCGC dan ramah lingkungan

Bagasi yang diberikan di dalamnya kurang begitu besar

Harga terjangkau dan bisa dijadikan sebagai kendaraan pertama

Kemudi mobil tidak dapat diatur

Kabin mobil terbilang lega sehingga kenyamanan jadi bertambah

Jok hanya dapat diatur maju mundur saja tidak ada height adjuster

8. DAFTAR HARGA TOYOTA AGYA G FACELIFT 2020

Sebagai mobil dengan desain sporty mempunyai tampilan yang menarik. Ketangguhannya tampak pada mobil besutan Toyota satu ini terutama di bagian depan. Harganya pun terbilang terjangkau, di situs resmi Toyota harga Toyota Agya 1.2 G TRD MT Facelift 2020 adalah Rp. 170.390.000 per Maret 2021. Untuk harga varian otomatisnya dibanderol dengan harga Rp. 154.545.000.

9. VIDEO TOYOTA AGYA G FACELIFT 2020

10. KESIMPULAN TOYOTA AGYA G FACELIFT 2020

Sebagai kendaraan yang masuk dalam segmen Hatchback dan juga LCGC, mobil Toyota Agya 1.2 G AT TRD Facelift 2020 bisa untuk dijadikan kendaraan sehari-hari. Apalagi nama Toyota sudah terkenal akan ketangguhan dan beragam kelebihan yang diberikan. Bahkan kesan menyenangkan juga akan dirasakan berkat adanya fitur hiburan yang diberikan. Salah satu hal yang menjadi keunggulan pada mobil LCGC adalah hemat konsumsi bahan bakar.

>>> Klik di sini untuk mengetahui harga mobil terbaru lainnya di Hargamobil.com

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

Link Terpopuler

International