Spesifikasi Mobil Toyota Calya G MT 2017 : Mobil MPV LCGC Irit BBM & Ramah Lingkungan

26/12/2020 Abdul Review Toyota

Salah satu mobil dalam segmen MPV LCGC adalah Calya. Yang mana mobil ini merupakan besutan Toyota yang siap menemani perjalanan bersama keluarga. Untuk kapasitasnya adalah 6-7 penumpang. Berikut ulasannya tentang spesifikasi mobil Toyota Calya G MT 2017.

1. PENGANTAR TOYOTA CALYA G MT 2017

Mobil ini dihadirkan pertama kali di Indonesia di tahun 2017. Masuk dalam segmen MPV kendaraan ini cocok untuk dijadikan sebagai kendaraan keluarga. Dari segi harga terbilang menarik meskipun menurut kami tampak sederhana. Nah untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasannya.

2. EKSTERIOR TOYOTA CALYA G MT 2017

Spesifikasi Mobil Toyota Calya G MT 2017 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan Toyota Calya G MT 2017

Tampilan depan tampak gahar berkat lubang angin yang dibuat besar

Saat melihat bagian depan mata akan tertuju pada cover grill krom dan juga grille bumper yang diberikan. Yang mana di sisi atas terdapat aksen krom yang dibuat memanjang dari bagian lampu depan kanan dan kiri. Sementara di sisi tengahnya ada logo garuda dengan aksen warna krom. Di bagian bawahnya terdapat grille bumper dengan ukuran yang besar seakan membuat pasokan udara yang masuk lebih banyak dipadukan dengan sedikit elemen aksen krom yang dibuat memanjang. Mobil ini telah dibekali dengan foglamp yang memiliki bentuk segitiga yang bisa membuat pengemudi melintasi jalanan yang berkabut dan hujan lebat dengan mudah.

Spesifikasi Mobil Toyota Calya G MT 2017 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan sisi samping Toyota Calya G MT 2017

Dengan dimensi mobil cukup besar pelek terlihat terlalu kecil

Menuju ke sisi samping, desainnya tampak terlihat polos karena handle pintu dan cover spion dibuat senada dengan bodi mobil. Tampilannya tampak modern dengan tampilan garis di atas fender menuju ke sisi belakangnya. Memang saat melihatnya akan tampak sebuah mobil dengan dimensi yang panjang dan jok mobil didesain 3 baris. Untuk peleknya mengandalkan 14 inci yang mempunyai PCD 4x100.

Spesifikasi Mobil Toyota Calya G MT 2017 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan sisi belakang Toyota Calya G MT 2017

Desain lampu yang menarik perhatian di bagian belakangnya ini

Di sisi buritan akan dihadapkan dengan kaca belakang yang cukup besar dipadukan wiper untuk meningkatkan visibilitas. Di atas kaca ada spoiler yang tampak sewarna bodi dengan desain yang sederhana. Sedangkan di bagian lampunya menggunakan bentuk segitiga dengan desain terbelah di sisi tengahnya. Kemudian di atas plat nomor terdapat aksen krom yang cukup tebal dengan logo Toyota di sisi tengahnya. Pada bagian bumper tampak biasa dan tidak ada desain yang buatnya lebih menarik lagi.

>>> Baca Juga:

3. INTERIOR TOYOTA CALYA G MT 2017

Spesifikasi Mobil Toyota Calya G MT 2017 : Bagian Dashboard & Kemudi Mobil

Gambar ini menunjukkan bagian dashboard Toyota Calya G MT 2017

Tampilan sederhana namun tampak keren

Di bagian dashboardnya tampak biasa dengan terdapat tempat untuk airbags untuk penumpang depan. Selain itu, di pojok kiri ada kisi-kisi AC model bulat dipadukan dengan ruang penyimpanan tertutup di bawahnya. Pada sisi tengahnya terdapat head unit dengan kisi-kisi AC model kotak di samping kanan dan kirinya. Kemudian di bagian bawahnya ada pengaturan AC untuk memberikan kenyamanan selama berkendara. Di sisi kanannya ada layar MID yang didesain cukup menarik.

Pada sisi kemudi mobil terkesan biasa saja karena belum ada tombol fitur di dalamnya. Terdapat 3 palang pada mobil ini logo Toyota di tengahnya. Sudah terdapat SRS Airbag di bagian ini untuk memberikan perlindungan pada pengemudi ketika mengalami benturan.

Spesifikasi Mobil Toyota Calya G MT 2017 : Bagian Jok

Gambar ini menunjukkan jok belakang Toyota Calya G MT 2017

Baris kedua memiliki ruang kaki dan kepala yang cukup

Untuk jok mobil terbilang nyaman untuk diduduki, pada baris pertama mendapatkan headrest yang tidak dapat diatur karena menyatu dengan kjok mobil. Sedangkan pada baris kedua sudah bisa diatur ketinggiannya. Sementara itu, di baris ketiga juga mendapatkan headrest 2 buah, jika diisi 3 orang maka yang di tengah harus rela tanpa headrest. Untuk menambah kapasitas bagasi mobil, jok baris ketiga dapat dilipat ke depan.

>>> Lihat Juga:

4. FITUR TOYOTA CALYA G MT 2017

Beranjak ke bagian fitur Toyota Calya G MT 2017. Yang mana terdapat beragam fitur utama yang menarik seperti adanya side impact beam yang memberikan perlindungan ketika terjadi tabrakan dari arah samping. Dibekali juga dengan sensor rem tangan, kunci Immobilizer, Dual SRS Airbags dan one touch tumble yang digunakan untuk melipat baris kedua.

Gambar ini menunjukkan head unit Toyota Calya G MT 2017

Fitur dual bluetooth menjadi salah satu fitur yang tidak dimiliki rivalnya

Fitur lain di dalamnya yaitu auto rear wiper dan AC yang dapat memberikan kenyamanan selama berkendara di dalam mobil ini. Mobil ini juga dibekali dengan head unit double din tanpa diberikan monitor. Yang menarik adalah bagian ini dibekali dengan fitur dual bluetooth yang dapat terhubung dengan 2 smartphone sekaligus. Fitur ini menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki karena para pesaingnya tidak memilikinya. Fitur lainnya adalah radio AM/FM, CD, MP3 dan USB.

Pada layar instrumen menggunakan model semi digital yang dapat menambilkan bahan bakar, odometer, speedometer dan tachometer. Selain itu, tuas transmisi yang digunakan berada di bagian dashboard yakni depan pengemudi sisi tengahnya.

>>> Baca Juga, Daftar Harga Daihatsu Sigra: Mobil MPV LCGC Dengan Harga Cukup Terjangkau

5. OPERASI TOYOTA CALYA G MT 2017

Menuju ke sisi performa Toyota Calya G MT 2017, mobil ini dibekali dengan mesin berkode 3NR-VE dengan 4 silinder segaris DOHC Dual VVT-i. Kapasitas mesinnya adalah 1.197 cc yang dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 88 Dk dan torsi puncaknya mencapai 108 Nm. Untuk karakter mesinnya menurut kami kurang begitu kuat saat sedang berada di putaran bawah. Jadi untuk penjelasannya adalah begini, pada saat mobil dalam kondisi berhenti menuju ke kecepatan 40-50 km/jam, torsi yang dihasilkan kurang begitu menghentak. Akan tetapi ketika sudah mencapai kecepatan 65 km ke atas mobil ini terbilang gesin dan dapat mendahului kendaraan lain dengan cukup lincah.

Gambar ini menunjukkan mesin Toyota Calya G MT 2017

Konsumsi bahan bakar cukup hemat dengan mesin yang diberikan

Meskipun begitu, yang menjadi salah satu kelebihan mobil ini adalah konsumsi bahan bakarnya yang  tergolong hemat sehingga ramah dikantong. Dalam 1 liter bahan bakar dapat melaju sampai jarak 13,4 km dengan kecepatan mobil rata-rata adalah 23,7 km/jam. Sedangkan untuk perjalanan luar kota dalam kecepatan rata-rata 83,1 km/jam, untuk 1 liter bahan bakar dapat menempuh jarak 20,2 km. Informasi ini dilansir dari laman Cintamobil yang telah melakukan pengujian.

>>> Berniat Beli Mobil Toyota Calya, Silahkan Klik Di SIni Dan Dapatkan Penawaran Menarik

6. SPESIFIKASI TOYOTA CALYA G MT 2017

Inilah spesifikasi mobil Toyota Calya G MT 2017 :

DIMENSI

Panjang

4.070 mm

Lebar

1.655 mm

Tinggi

1.600 mm

Jarak poros roda

2.525 mm

Jumlah tempat duduk

7 tempat duduk

HANDLING & SUSPENSI

Rem depan

Ventilated Disc

Rem belakang

Drum

Suspensi depan

MacPhearson strut dengan per keong dan stabiliser

Suspensi belakang

Per keong dengan torsion beam

Transmisi/Sistem Penggerak

Manual 5 percepatan  / Penggerak depan

Ukuran pelek

Ring 14 dengan PCD 4 x 100

MESIN

Tipe

3NR-VE, 4 silinder segaris, DOHC, Dual VVT-i

Tenaga maksimum

88 Dk @ 6.000 rpm

Torsi maksimum

108 Nm @ 4,200 rpm.

Isi silinder

1.197 cc

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA CALYA G MT 2017

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan Toyota Calya G MT 2017:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Tampilan eksteriornya didesain elegan dan juga menawan

Ban yang digunakan ukurannya kurang begitu sesuai karena bodinya tergolong besar

Fitur yang diberikan cukup meriah untuk mendukung keamanan dan kenyamanan berkendara

Ground Clearancenya bisa jadi rendah saat diisi barang dengan berat berlebih dan 8 penumpang

Konsumsi bahan bakarnya terbilang hemat dan juga ramah lingkungan

AC nya bisa mengeluarkan suara bising sehingga kenyamanan jadi terganggu

8. DAFTAR HARGA TOYOTA CALYA G MT 2017

Toyota Calya keluaran tahun 2017 umurnya sudah 3 tahunan. Sebagai kendaraan keluarga, mobil ini siap menemani kemanapun yang diinginkan pemiliknya. Untuk kondisi bekas, harga mobil Toyota Calya G MT 2017 berada di kisaran Rp. 100 juta sampai Rp. 125 jutaan tergantung dari kondisinya. Meskipun baru berumur 3 tahun, jika membeli dalam kondisi bekas tetap dilakukan pengecekan supaya mendapatkan yang benar-benar prima.

9. VIDEO TOYOTA CALYA G MT 2017

10. KESIMPULAN TOYOTA CALYA G MT 2017

Mobil Toyota Calya G MT 2017 bisa menjadi salah satu pilihan bagi Sobat semuanya. Masuk dalam segmen MPV LCGC kendaraan ini ramah terhadap lingkungan dan mempunyai konsumsi bahan bakar yang hemat sehingga dapat menghemat pengeluaran untuk membeli BBM. Dengan mengandalkan mobil besutan Toyota ini, satu keluarga bisa diajak bepergian ke tempat yang dituju seperti mengunjungi saudara atau tempat wisata untuk menghilangkan rasa jenuh dan bosan di rumah.

>>> Klik di sini untuk mengetahui harga mobil terbaru lainnya di Hargamobil.com

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International