Review Daihatsu Xenia 2004 : Generasi Pertama Xenia Untuk Orang Indonesia

01/09/2019 Fatchur Sag Review Daihatsu

Daihatsu Xenia 2004 adalah model Low MPV pertama yang dihadirkan Astra Daihatsu Motor (ADM) bebarengan dengan Toyota Avanza yang juga dihadirkan perdana oleh Toyota Astra Motor (TAM). Di saat bersamaan belum ada pabrikan lain yang memproduksi mobil dengan model seperti keduanya. Apa yang membuat mobil ini begitu memikat masyarakat Indonesia sehingga masih banyak dicari? Simak ulasan berikut!

1. PENGANTAR DAIHATSU XENIA 2004

Foto saat Peluncuran Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza tahun 2003 silam

Daihatsu Xenia hadir bersamaan dengan Toyota Avanza

Ada tiga varian utama Daihatsu Xenia yang diperkenalkan di Indonesia saat pertama diluncurkan tahun 2003, yaitu Mi dan Li menggunakan mesin berkapasitas 1.0L serta varian Xi yang menggunakan mesin 1.3L. Secara penampilan nyaris tidak ada perbedaan untuk ketiganya, kecuali hanya sedikit. Mi dan Li tidak dibekali power steering, Mi menggunakan velg kaleng, Li juga menggunakan velg kaleng yang ditutup cover doff. Lalu untuk transmisi hanya varian Xi yang diberikan pilihan transmisi otomatis. Sedangkan yang lain semuanya manual.

Model generasi pertama ini bertahan hingga 8 tahun sampai ADM menghadirkan Daihatsu Xenia generasi kedua pada tahun 2011 dengan tampilan lebih stylish dan fitur yang semakin baik. Meski sudah ada generasi yang lebih baru, Daihatsu Xenia generasi pertama masih menjadi favorit dan banyak dicari. Selain kualitas produk yang telah terbukti, harga jual kembali mobil ini cenderung stabil.

Begitu pula dengan Daihatsu Xenia 2004, saat ini masih banyak ditemui mobil ini berlalu lalang di jalanan, juga masih mudah ditemukan di beberapa situs jual beli mobil bekas di tanah air.

2. EKSTERIOR DAIHATSU XENIA 2004

Daihatsu Xenia 2004 atau generasi pertama memiliki tampilan yang cukup modern untuk zamannya dan hingga sekarang mobil ini bisa dikatakan belum terlalu ketinggalan zaman. Terbukti dari banyaknya orang yang masih minat untuk membeli dan memiliki. Mobil keluarga low MPV satu ini juga memiliki detail yang cukup mengesankan untuk pemiliknya.

Review Daihatsu Xenia 2004 : Bagian Depan

Foto menunjukkan Daihatsu Xenia 2004 dari arah depan

Bagian depan Daihatsu Xenia 2004 mirip dengan Toyota Avanza 2004

Untuk bagian depan Daihatsu Xenia 2004 ini memiliki tampilan grille bagian depan yang desain melengkung ke bawah. Untuk lampu turning di spion juga masih belum lengkap. Selain itu, LED pada headlamp juga masih belum lengkap. Dan untuk desain headlamp masih sangat biasa saja. Namun walaupun demikian tidak menyurutkan peminat dari daihatsu xenia untuk tetap memiliki mobil generasi pertama ini. hal ini juga didukung dengan bumper depannya yang dilengkapi dengan lubang udara yang memiliki ukuran cukup besar.

Review Daihatsu Xenia 2004 : Bagian Samping

Foto Daihatsu Xenia 2004 dari arah samping

Visibilitas pengendara lebih baik dengan adanya jendela lebar

Bagian samping Daihatsu Xenia 2004 jauh lebih sederhana dibanding mobil-mobil saat ini dan tidak banyak ornamen/aksesoris. Hanya terlihat garis bodi lurus dari fender depan dan belakang, serta lekukan di atas fender depan belakang. Beberapa tipe mobil MPV ini memiliki side moulding yang letaknya ada di bagian sisi pintu sehingga sedikit memberikan kesan sporty.

Dari samping pula terlihat ban berukuran 205/65 R15 dipasang untuk menanggung beban kendaraan dengan velg kaleng. Jika saat ini Anda melihat di jalanan ada Daihatsu Xenia 2004 dengan velg kekinian hampir pasti itu adalah produk aftermarket.

Review Daihatsu Xenia 2004 : Bagian Belakang

Foto Daihatsu Xenia 2004 tampak dari arah belakang

Sederhana, namun enak dipandang

Sama sederhananya dengan tampilan samping dan depan, bagian belakang dari Daihatsu Xenia 2004 juga didesain tanpa banyak lekukan. Stop lamp yang menggunakan jenis kristal yang bersih. Dan untuk posisi dari lampu sein dan lampu mundur terpisah di dalam frame yang memiliki bentuk bulat. Sedangkan untuk lampu rem berada di bagian bawahnya. Beberapa tipe Daihatsu Xenia 2004 sudah dibekali spoiler lengkap dengan high mount stop lamp serta penambahan aksesoris mirip lampu di kiri dan kanan atas lampu utama. Belum ada sensor parkir di bagian belakang ini.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

 

 

 

 

 

3. INTERIOR DAIHATSU XENIA 2004

Desain Daihatsu Xenia 2004 cukup lumayan, jika dikomparasi dengan mobil-mobil saat ini juga belum terlalu ketinggalan zaman.

Review Daihatsu Xenia 2004 : Kabin

Foto menunjukkan Kabin Daihatsu Xenia 2004

Soal daya angkut penumpang, Daihatsu Xenia 2004 tak perlu diragukan

Secara fungsi mobil ini memang pantas disebut mobil keluarga karena kapasitas kabinnya cukup luas untuk membawa banyak penumpang dan barang tanpa harus mengorbankan sisi kenyamanan. Beberapa pemilik malah memanfaatkan juga untuk kepentingan usaha seperti angkutan barang tertutup dan yang lain.

Review Daihatsu Xenia 2004 : Dashboard dan Setir

Dashboard dan setir Daihatsu Xenia 2004 didominasi warna hitam dan tidak terlalu istimewa. Untuk membuat pengendara lebih nyaman, ada fitur audio yang walaupun masing menggunakan tipe dari 1DIN yang hanya bisa mendengarkan Radio dan memutar CD Player sebagai hiburan selama dalam masa perjalanan menggunakan mobil ini.

Foto menunjukkan Dashboard dan setir Daihatsu Xenia 2004

Tatanan apik buat mobil model lawas

Selain itu, ada juga fitur AC Control yang bisa memberikan rasa nyaman dan memberikan rasa sejuk pada saat anda berkendara di dalam ruangan kabin. Sedangkan untuk Setir dari mobil generasi pertama Xenia ini menggunakan palang tiga dengan teknologi Power Steering untuk tipe Xi sehingga memudahkan anda saat berkemudi. Sedangkan untuk yang tipe Mi dan Li masih yang biasa saja. Baik tipe Xi, Mi dan Li belum ada tombol-tombol fitur di bagian setir ini.

Review Daihatsu Xenia 2004 : Kursi/Jok

Daihatsu Xenia 2004 bisa menampung setidaknya sekitar 7 hingga 8 penumpang. Dan bagian kursinya sendiri menggunakan bahan material yang masih biasa saja. Namun setidaknya sudah memberikan rasa nyaman yang cukup saat berkendara karena memang kabinnya yang lapang. Selain kursi pengemudi, kursi penumpang hanya bisa direbahkan dan ditegakkan, belum bisa di maju mundurkan. Sedang untuk kursi baris ketiga fix tidak ada pembagian 50:50 atau 60:40. So, jika harus melipat kursi baris ketiga untuk menambah kapasitas bagasi, seluruh kursi bakal terlipat.

Review Daihatsu Xenia 2004 : Bagasi

Foto menunjukkan Bagasi Daihatsu Xenia 2004

Bagasi lapang buat membawa barang sekeluarga

Untuk bagian bagasi Daihatsu Xenia 2004 sudah cukup luas untuk meletakkan beberapa barang dengan ukuran yang kecil. Kursi yang ada pada baris pada bagian belakang bisa dilipat. Sehingga bisa memberikan ruang bagasi yang lebih luas jika memang dibutuhkan.

>>> Baca juga:

4. FITUR DAIHATSU XENIA 2004

Selain menawarkan interior yang lapang Daihatsu Xenia 2004 dibekali fitur yang sudah cukup baik pada zamannya, meski jika dibanding Xenia saat ini jauh tertinggal.

Review Daihatsu Xenia 2004 : Fitur Keselamatan

Fitur keselamatan Daihatsu Xenia 2004 yang langsung terlihat di dalam kabin yaitu adanya head rest dan sabuk pengaman pada kursi pengemudi dan penumpang. Sayangnya fitur keselamatan standar seperti airbag belum ada pada mobil ini. Daihatsu Xenia 2004 juga belum dilengkapi fitur pengereman ABS layaknya mobil-mobil sekarang.

Fitur keselamatan lain yang dirasa juga minim adalah plat body mobil yang sangat tipis serta tidak menggunakan site impact beam. So, pengguna Xenia generasi pertama ini harus lebih berhati – hati saat berkendara.

Review Daihatsu Xenia 2004 : Fitur Kenyamanan dan Hiburan

Foto setir dan panel dashboard Daihatsu Xenia 2004

Sudah dilengkapi Power Steering bikin mengemudi jadi enteng

Seperti yang sudah disinggung di atas fitur hiburan Daihatsu Xenia 2004 ada di dashboardnya yang punya fitur audio 1DIN yang hanya bisa mendengarkan Radio dan memutar CD Player sebagai teman selama perjalanan. Sedang untuk kenyamanan mobil sudah dilengkapi AC untuk menyejukkan suhu kabin, serta kursi yang bisa direbahkan buat tiduran maupun tidur beneran. Sayang, peredaman mobil ini kurang begitu baik sehingga suara-suara dari luar masih terdengar cukup jelas dan tentu saja berisik.

>>> Tidak Hanya Yang Baru, Mobil Bekas Avanza - Xenia Paling Banyak Dicari Pembeli

5. OPERASI DAIHATSU XENIA 2004

Foto menunjukkan Mesin Daihatsu Xenia 2004

Ada dua pilihan mesin untuk Daihatsu Xenia 2004

Untuk mesin Daihatsu Xenia 2004 menggunakan dua tipe mesin yaitu 1.0 L dan 1.3L serta transmisi manual 5 percepatan (untuk varian Xi ada pilihan transmisi otomatis). Tenaga yang dihasilkan disalurkan ke roda belakang untuk menggerakkan kendaraan. Dengan mesin tersebut konsumsi bahan bakarnya tergolong sangat irit. Hanya saja karena mesinnya berkapasitas kecil Daihatsu Xenia 2004 kurang bertenaga, jauh di bawah mesin 1.5L. Lebih lengkap tentang spesifikasi Daihatsu Xenia 2004 bisa dilihat pada tabel di bawah.

>>> Mobkas Avanza Dan Xenia Akan Bergejolak Karena Xpander Dan Wuling Confero?

6. SPESIFIKASI DAIHATSU XENIA 2004

Dimensi

Panjang

4.190 mm

Lebar

1.660 mm

Tinggi

1.685 mm

Jarak sumbu roda

2.655 mm

Jarak terendah 200 mm

Mesin

Jenis 1,0 L I3 EJ-VE / 1,3 L I4 VVT-i K3-VE
Kapasitas Silinder 989 cc / 1.298 cc

Tenaga Maksimum

62 HP @5.600 RPM(1.0), 92 HP @6.000 RPM (1,3)

Torsi Maksimum 90 Nm @3.600 RPM (1.0), 120 Nm @4.400 RPM (1,3)

Bahan bakar

Bensin

Transmisi

Manual 5 percepatan, otomatis 4 percepatan

Kaki-kaki

Sistem penggerak roda

Penggerak roda belakang (Rear Wheel Drive/RWD)

Sistem kemudi

Electric Power Steering (EPS)

Suspensi depan

MacPherson Strut Independen

Suspensi belakang

4-­link dengan coil spring

Rem depan

Disk

Rem belakang

Drum

Ukuran Ban

205/65 R15

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN DAIHATSU XENIA 2004

Kelebihan

Kekurangan

Desain eksterior sederhana, namun tidak ketinggalan zaman Fitur keselamatan minim
Kabin luas dan nyaman untuk banyak penumpang Material bodi tipis sehingga mudah limbung saat dibawa kecepatan tinggi
Sudah dilengkapi fitur hiburan dan AC Material interior biasa
Irit bahan bakar Kurang bertenaga karena mesin berkapasitas kecil
Perawatan mudah Kursi baris ketiga tidak pembagian, jika butuh melipat untuk penambahan ruang bagasi harus dilipat semua
Harga terjangkau  

8. DAFTAR HARGA DAIHATSU XENIA 2004

Versi baru Daihatsu Xenia 2004 sudah tidak diproduksi karena sudah berganti generasi. Namun untuk versi bekasnya mudah ditemukan baik di diler mobil bekas atau di situs  jual beli mobil bekas. Harga yang dibanderol pun bervariasi antara Rp 65 jutaan hingga Rp 90 jutaan. Tergantung kondisi mobil, jarak tempuh, riwayat perawatan, kelengkapan dokumen kendaraan dan sebagainya.

9. VIDEO DAIHATSU XENIA 2004

10. KESIMPULAN DAIHATSU XENIA 2004

Overall dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya, Daihatsu Xenia 2004 masih layak untuk dibeli dan dimiliki. Hanya saja perlu lebih teliti saat melakukan pembelian dengan mempertimbangkan kondisi fisik kendaraan baik eksterior, interior serta dan mesinnya, serta memperhatikan riwayat perawatannya dengan teliti.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer