Review Toyota Alphard 2.4 G 2009: Mengutamakan Kenyamanan Penumpang

09/01/2020 Abdul Review Toyota

Saat mendengar nama Alphard maka akan terlintas di pikiran sebuah mobil penumpang mewah yang memiliki banyak kelebihan. Bahkan dari segi harga terbilang mahal dan merupakan salah satu kendaraan kelas premium. Pada segmen kali ini kami akan membahas mengenai review Toyota Alphard 2.4 G 2009, yang mana dari segi harga bekasnya hampir sama dengan mobil LMPV kondisi baru.

1. PENGANTAR TOYOTA ALPHARD 2.4 G 2009

Mobil besutan Toyota satu ini di pasar Indonesia merupakan generasi kedua dari Alphard. Untuk pertama kali mobil dalam segmen MPV mewah dengan kapasitas 7 penumpang produksinya dilakukan pada tahun 2002. Pada tahun tersebut Alphard pertama kali dihadirkan di Indonesia dengan melalui jalur importer umum. Pertama kali dihadirkan dengan membawa 5 varian yakni AS, ASG, AXL, MZ dan MXG yang merupakan varian tertinggi.

Saat ini Toyota sudah menghadirkan Alphard dalam generasi ketiganya di Tanah Air. Meskipun begitu, untuk mobil bekas keluaran sebelumnya masih banyak dilirik oleh masyarakat. Apalagi untuk harga barunya saat pertama kali dihadirkan sekitar Rp. 700 jutaan. Saat ini dengan harga setengah sudah bisa mendapatkan mobil tersebut meskipun dalam kondisi bekas. Jika dibandingkan memang harganya hampir sama seperti Xpander atau Avanza dalam kondisi baru.

Lantas apa yang spesial pada mobil tersebut, mari kita simak ulasannya dalam spesifikasi Toyota Alphard 2.4 G 2009.

2. EKSTERIOR TOYOTA ALPHARD 2.4 G 2009

Review Toyota Alphard 2.4 G 2009: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan Toyota Alphard 2.4 G 2009

Grille dibuat besar dipadukan dengan headlamp desain runcing

Di bagian depan telah mengalami peningkatan yang terlihat jelas, seperti pada bagian grille nya yang dibuat lebih besar. Dengan mengandalkan model horizontal namun didesain ramping serta dibuat lebih lebar seperti mengikuti desain lampu depannya. Aksen chrome juga diberikan terutama untuk bagian atas yang dibuat lebih tebal. Di bagian depan tersemat emblem khas Toyota yang menjadikannya menampakkan cirri khas yang dimiliki.

Tidak hanya bagian grille saja, untuk lampu depan juga mendapatkan penyegaran. Yang mana desain mengkotak telah ditinggalkan, pada mobil yang kita bahas bahkan telah memakai teknologi LED. Ditambah lagi untuk fog lamp juga dibuat lebih kecil bila dibandingkan dengan model sebelumnya.

Review Toyota Alphard 2.4 G 2009: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping Toyota Alphard 2.4 G 2009

Bodi besar sehingga kurang begitu lincah untuk wilayah perkotaan

Pada generasi sebelumnya, mobil Toyota Alphard menggunakan desain yang mengkotak. Perubahannya sangat nampak pada model 2009 yang kita bahas kali ini. Yang mana dari segi bentuk tampak lebih segar dengan desain yang membulat. Pada Toyota Alphard 2.4 G 2009 telah diberikan lekukan yang diaplikasikan pada bagian bawah bodi mobil. Selain itu, dengan mengandalkan Electric Sliding Door membuat akses keluar masuk penumpang jadi lebih mudah.

Review Toyota Alphard 2.4 G 2009: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Toyota Alphard 2.4 G 2009

Bagian belakang tampak mewah dengan aksen chrome yang diberikan

Sementara untuk sektor buritan, pihak Toyota mendesainnya lebih modern. Hal tersebut tampak pada bagian lampu belakang yang didesain lebih kecil dan berpadu dengan penggunaan aksen chrome. Ditambah lagi terdapat nama Alphard pada bagian kiri dan nama varian di kanan sebagai penambah estestika dari Toyota Alphard 2.4 G 2009.

>>> Lihat Juga :

3. INTERIOR TOYOTA ALPHARD 2.4 G 2009

Review Toyota Alphard 2.4 G 2009: Bagian Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard mobil Toyota Alphard 2.4 G 2009

Bagian interior menampakkan kemewahan dengan desain dan fitur yang diberikan

Di zamannya mobil ini masuk dalam kelas premium, namun jika dibandingkan dengan sekarang yang usianya mencapai 10 tahun maka masih tergolong belum banyak kecanggihan yang diberikan. Pada bagian dashboard pihak Toyota memberikan sistem infotainment yang dioperasikan melalui head unit. Untuk desainnya menggunakan dual tone dan juga terdapat aksen kayu yang diberikan di bagian tengah sehingga memancarkan kesan elegan. Pada kontrolnya, di bagian tengah masih sama dengan model sebelumnya, meskipun pada varian G belum diberikan aksen kayu.

Berlanjut ke bagian kemudi, yang mana desainnya menggunakan 4 palang. Terdapat pula aksen kayu yang ditempatkan di bagian atas kemudi. Walaupun masih belum diberikan tombol pada kemudinya, akan tetapi sudah dibekali dengan fitur Tilt & Telescopic untuk menambah kenyamanan berkendara.

Review Toyota Alphard 2.4 G 2009: Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan jok mobil baris kedua Toyota Alphard 2.4 G 2009

Jok baris kedua menjadi yang paling nyaman pada Toyota Alphard 2009

Kalau soal kenyamanan, di masanya mobil besutan Toyota ini terbilang tidak terkalahkan. Seperti ketika berada di baris kedua, maka penumpangnya akan merasakan kenyamanan yang lebih berkat penggunaan ruang kepala dan kaki yang begitu lega. Pada jok mobilnya hanya diberikan captain seat dan belum ada pilot seat, namun pihak Toyota membuat posisi duduknya terasa sangat nyaman.

Begitupun untuk kursi baris ketiga, yang mana kenyamanan akan dirasakan  dan dapat dilakukan pengaturan. Sebagai mobil yang mengedepankan kenyamanan penumpang, menurut kami untuk bagian pengemudi malah terasa kurang begitu nyaman. Meskipun pengaturan elektrik sudah diberikan pada jok pengemudi.

Review Toyota Alphard 2.4 G 2009: Bagian Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil Toyota Alphard 2.4 G 2009

Bagasi tergolong kecil saat jok terisi penuh penumpang

Kalau berbicara tentang bagasi, sebenarnya karena kenyamanan penumpang maka bagasi perlu dikorbankan. Jadi untuk kapasitasnya tergolong kurang, akan tetapi bila ingin membawa barang di dalam mobil dan kursi baris ketiga tidak diduduki maka bisa diatur dengan mudah. Bahkan kepraktisannya bisa dengan memaju mundurkan jok belakang hanya dengan menarik tuas saja yang letaknya di bawah kursi.

>>> Baca Juga :

4. FITUR TOYOTA ALPHARD 2.4 G 2009

Review Toyota Alphard 2.4 G 2009: Fitur Kenyamanan

Fitur Toyota Alphard 2.4 G 2009 yang disematkan memang tidak secanggih zaman sekarang. Namun di masanya sudah sangat mumpuni untuk sebuah MPV premium. Beberapa fitur yang disematkan meliputi start-stop engine, keyless entry dan juga climate control dual zone. Yang mana dengan adanya fitur climate control dual zone dapat memberikan kenyamanan untuk penumpang baris kedua dan ketiga. Jadi penumpang bisa mengatur suhu angin yang dihembuskan sesuai keinginannya.

Salah satu fitur yang menarik pada Alphard 2009 adalah adanya panoramic sunroof . Dengan mengandalkan fitur tersebut maka angin dapat masuk ke dalam kabin. Selain itu saat ingin memutar musik bisa mengandalkan USB, AUX dan juga pemutar DVD serta CD. Hanya saja untuk monitor atap baris kedua tidak mendapatkannya.

Gambar ini menunjukkan fitur panoramic roof Toyota Alphard 2.4 G 2009

Panoramic Roof menjadi salah satu fitur kelas premium

Review Toyota Alphard 2.4 G 2009: Fitur Keselamatan Aktif

Tidak hanya pada kenyamanan, untuk memberikan keamanan pada Toyota Alphard 2.4 G 2009 telah dibekali dengan sistem pengereman ABS dan EBD. Bahkan tidak lupa pula Stability Control dan Traction Control juga diberikan sehingga bisa meningkatkan keselamatan saat melaju di jalan licin. Untuk sabuk pengaman telah memakai seatbelt 3 titik.

>>> Klik Di Sini Jika Berniat Membeli Mobil Toyota Alphard

5. OPERASI TOYOTA ALPHARD 2.4 G 2009

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Toyota Alphard 2.4 G 2009

Mesin boros konsumsi bahan bakar

Pembahasan selanjutnya adalah bagian performa, yang mana mesin Toyota Alphard 2.4 G 2009 yang digunakan adalah 2ZA-FE berkonfigurasi dengan 4 silinder 2.4L. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 170 Ps dan torsi puncaknya mencapai 235 Nm. Tenaga mesin disalurkan menuju ke bagian roda dengan mengandalkan transmisi Super CVT-I 7 percepatan yang disalurkan ke penggerak roda belakang.

Yang menjadi perhatian pada mobil ini adalah bodinya yang besar. Sehingga dari segi kelincahan tentunya akan kurang. Hanya saja mobil besutan Toyota ini lebih mengutamakan kenyamanan penumpangnya.

>>> Klik Di Sini Untuk Mengetahui Review Mobil Toyota Lainnya Di Hargamobil.com

6. SPESIFIKASI TOYOTA ALPHARD 2.4 G 2009

Kali ini kami berikan informasi lebih jelas pada tabel spesifikasi Toyota Alphard 2.4 G 2009.

DIMENSI

Panjang

4.840 mm

Lebar

1.830 mm

Tinggi

1.905 mm

Wheelbase

2.950 mm

MESIN

Tipe

2AZ-FE 2.4L 4-silinder

Tenaga Maksimal

170 ps @ 6.000 rpm

Torsi maksimal

235 Nm @ 4.100 rpm

Sistem Transmisi

Super CVT-I 7 Speed

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan/Belakang

Ventilated Discs

Suspensi Depan

McPherson Strut with Torsion Bar

Suspensi Belakang

Double Wishbone with Torsion Bar

Ukuran Ban

215/60 R17

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA ALPHARD 2.4 G 2009

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil Toyota Alphard 2.4 G 2009.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mempunyai desain yang lebih dinamis apabila dibandingkan dengan generasi pertamanya

Pajak tahunan mobil yang perlu dibayarkan oleh pemilik terbilang cukup mahal

Apabila ingin merasakan kenyamanan yang mumpuni maka bisa duduk di kursi baris kedua

Untuk posisi mengemudi dibandingkan SUV dan MPV lain terbilang masih kalah

Harga jual saat ini cukup murah karena setara dengan sebuah LMPV kondisi baru

Konsumsi BBM mobil besutan Toyota satu ini tergolong boros bahan bakar

8. DAFTAR HARGA TOYOTA ALPHARD 2.4 G 2009

Sebagai mobil kelas premium tentu untuk harga barunya di zaman dulu terbilang mahal. Namun untuk sekarang sudah berkurang jadi setengahnya. Adapun harga bekas Toyota Alphard 2.4 G 2009 mulai Rp. 280 juta sampai Rp. 340 jutaan.

9. VIDEO TOYOTA ALPHARD 2.4 G 2009

10. KESIMPULAN TOYOTA ALPHARD 2.4 G 2009

Toyota Alphard 2.4 G 2009 merupakan salah satu kendaraan MPV kelas premium yang dapat memberikan kenyamanan terutama untuk penumpangnya. Melihat hal tersebut, bagi para bos besar tentu akan sangat cocok dengan mobil ini yang mengandalkan sopir untuk mengemudikannya. Apalagi dari segi harga, saat ini sekelas sebuah LMPV kondisi baru. Mobil ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai kendaraan keluarga.

Namun yang perlu dijadikan prtimbangan saat membeli mobil ini adalah konsumsi bahan bakarnya yang terbilang boros. Begitupun soal pajaknya terbilang masih tinggi, kalau soal paling nyaman pada mobil tersebut berada di baris keduanya.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer