Review Toyota Fortuner 2.7L 2005: Generasi Pertama Awal Mobil SUV Besutan Toyota

31/07/2020 Abdul Review Toyota

Salah satu kendaraan SUV yang mempunyai popularitas baik di Indonesia adalah Toyota Fortuner. Hal tersebut tidak terlepas dari desain dan ketangguhan yang dimilikinya. Untuk lebih jelasnya kami akan memberikan informasi mengenai review Toyota Fortuner 2.7L 2005.

1. PENGANTAR TOYOTA FORTUNER 2.7L 2005

Review Toyota Fortuner 2.7L 2005 – Mobil ini adalah sebuah medium SUV yang mempunyai nama lain dari Toyota SW4. Untuk pengembangannya menggunakan platform pick up Hilux. Perlu diketahui, bahwa Fortuner  adalah bagian dari IMV Project di Thailand milik Toyota, begitupun untuk Kijang Innova dan Hilux Indonesia. Oleh sebab itulah Toyota Fortuner 2005 dan Kijang Innova 2004 saling berbagi platform.

Sebelum produksi di Indonesia dilakukan secara CKD di tahun 2007, Toyota Fortuner masuk Indonesia dengan melalui impor secara utuh dari negara Thailand. Jadi saat pertama kali dihadirkan langsung menjadi rival dari Ford Everest yang memang sudah dihadirkan lebih dulu di Tanah Air.

Setelah itu baru muncul kendaraan SUV lain yaitu Isuzu MU-X Dan juga Mitsubishi Pajero Sport. Di tahun 2008 Toyota Fortuner akhirnya mendapatkan pengembangan dengan menghadirkan facelift dan pengembangan kedua dilakukan di tahun 2011. Untuk kali ini kami akan membahas mobil yang menjadi cikal bakar Fortuner di Indonesia yakni Toyota Fortuner 2.7L 2005.

2. EKSTERIOR TOYOTA FORTUNER 2.7L 2005

Review Toyota Fortuner 2.7L 2005 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan dan kanan mobil Toyota Fortuner 2.7L 2005

Footstep mempermudah akses keluar masuk kabin

Saat melihat bagian depan maka akan langsung dihadapkan dengan tampilannya yang berotot. Hal tersebut dikarenakan badannya yang besar menampakkan kegagahannya. Bahkan spion tanduk juga ditempatkan di bagian kap mesin tepatnya sebelah kiri yang berfungsi untuk mengurangi area blind spot di sebelah kiri. Karena saat itu fitur blind spot monitor masih jarang diberikan pada kendaraan.

Pada bagian grille menggunakan ukuran besar begitupun pada lampunya yang ukurannya hampir sama. Dengan desain tersebut menjadikan bagian depan tampak lebar. Sementara untuk bumpernya juga dibekali dengan fog lamp dan juga kisi-kisi tambahan yang berfungsi untuk menjadi bagian untuk menyalurkan udara masuk ke dalam mesin mobil. Untuk memberikan tampilan yang khas, pihak Toyota melengkapi bagian ini dengan skid plate yang bisa memberikan perlindungan ketika terjadi benturan di bagian depan.

Review Toyota Fortuner 2.7L 2005: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping kanan dan depan Toyota Fortuner 2.7L 2005

Ground clearance tinggi siap hadapi jalanan dalam kondisi rusak

Berlanjut di bagian samping, mobil Toyota Fortuner generasi pertamanya ini memiliki panjang 4,7 meter. Dengan ukuran tersebut tampilannya menjadi terlihat bongsor. Ditambah lagi dengan adanya roof rail bisa dipakai untuk menempatkan roof box atau roof rack, sehingga dapat dipakai untuk membawa barang tambahan di atap mobil. Aksen krom juga diberikan pada bagian ini yakni di handle pintu dan spion sampingnya.

Sebagai pendukung mobil dalam melintasi jalanan yang kurang baik, mobil ini memiliki ground clearance ukuran 220 mm. Dengan begitu footstep yang diberikan di sisi samping juga tinggi untuk membantu penumpang masuk ke kabin mobil.

Review Toyota Fortuner 2.7L 2005: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Toyota Fortuner 2.7L 2005

Sisi belakang tampak gagah

Di bagian belakang kesan bongsor juga terasa. Untuk atasnya terdapat spoiler yang dipadukan dengan penggunaan wiper belakang. Pada lampunya menggunakan ukuran yang besar, yang mana sebagiannya ditempatkan di bagian pintu bagasi. Sementara di bagian lantai bagasinya cukup tinggi yang membuat lebih sulit dalam memasukkan barang berat ke bagasi.

Toyota Fortuner 2.7L 2005 tidak pakai model tusuk konde, untuk ban serep ditempatkan di bagian belakang tepatnya di bawah bodi. Memang terbilang sangat praktis karena ground clearance yang dimiliki tinggi.

>>> Lihat Juga :

3. INTERIOR TOYOTA FORTUNER 2.7L 2005

Review Toyota Fortuner 2.7L 2005 : Bagian Dashboard & Kemudi Mobil

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Toyota Fortuner 2.7L 2005

Dashboard menggunakan 2 warna dengan bahan material plastik keras

Di bagian dashboard mengandalkan bahan material plastik yang keras dengan diberi 2 warna yaitu warna gelap yang diberikan di bagian atas berpadu dengan penggunaan warna beige. Sementara untuk sisi tengah terdapat head unit 2DIN yang mewah khas tahun 2000-an. Dengan mengandalkan head unit tersebut bisa digunakan untuk mengoperasikan radio dan musik. Pengaturan AC nya sudah menggunakan sistem digital.

Dianjurkan di bagian bawahnya, yang mana konsol tengahnya terlihat biasa dengan dibalut lapisan kulit. Terdapat pula armrest untuk pelengkap tampilan di bagian depan yang dapat dibuka untuk menempatkan barang bawaan.

Sementara di bagian kemudinya menggunakan palang 4 dengan dibekali beberapa tombol yang bisa digunakan untuk mengatur fitur pada mobil. Tidak hanya itu saja, diberikan pula fitur tilt untuk memberikan pengendaraan lebih baik.

Review Toyota Fortuner 2.7L 2005: Bagian Kursi

Gambar ini mwnunjukkan Jok mobil Toyota Fortuner 2.7L 2005

Jok baris ketiga kurang begitu lapang

Memang dari segi dimensi terlihat bongsor, namun untuk kabinnya ternyata lebih luas Innova. Meskipun begitu, kenyamanan yang dimiliki cukup baik. Hanya saja di baris ketiga memiliki ruang kepala dan kaki kurang begitu lapang.

Sedangkan pada varian tertinggi telah diberikan jok mobil menggunakan lapisan kulit. Pengaturannya sudah menggunakan sistem elektrik pada varian 4x4 tapi hanya untuk jok pengemudi. Karena akses masuknya tinggi maka pihak Toyota menambahkan footstep.

Review Toyota Fortuner 2.7L 2005: Bagian Bagasi

Di bagian bagasi Toyota Fortuner 2.7L 2005, kapasitasnya memang berbeda sedikit dengan Innova. Ruang bagasi tidak terlalu sempit namun juga tidak luas, namun bila ingin menambah ruangnya bisa melipat jok mobil bagian belakang ke samping.

>>> Baca juga:

4. FITUR TOYOTA FORTUNER 2.7L 2005

Review Toyota Fortuner 2.7L 2005 : Fitur Hiburan

Dari segi hiburan pihak Toyota memberikan head unit 2DIN yang dapat digunakan untuk mengoperasikan radio, CD dan juga kaset. Meskipun begitu, setelah beberapa bulan kemudian sudah diberikan layar sentuh pada edisi facelift nya. Walaupun begitu, untuk memberikan kenyamanan diberikan pula power windows dan electric mirror serta pengaturan AC model digital. Untuk menambah kenyamanan, pihak Toyota memberikan armrest pada baris kedua dan juga AC pada setiap barisnya.

Gambar ini menunjukkan head unit Toyota Fortuner 2.7L 2005

Fitur cukup mumpuni saat berada di zamannya

Review Toyota Fortuner 2.7L 2005: Fitur Keselamatan Aktif

Berhubungan dengan sistem keselamatan, pihak Toyota memberikan Dual Airbags yang dipadukan dengan penggunaan sistem pengereman ABS, EBD dan BA. Sehingga pengendalian mobil saat melaju di jalanan basah atau licin bisa lebih mudah. Dan untuk menambah keamanan diberikan fitur alarm.

>>> Ingin ganti mobil baru? Simak dulu daftar harga mobil selengkapnya di sini

5. OPERASI TOYOTA FORTUNER 2.7L 2005

Gambar ini menunjukkan mesin Toyota Fortuner 2.7L 2005

Mesin bertenaga siap hadapi segala medan jalanan

Menuju ke sektor performa, mesin Toyota Fortuner 2.7L 2005  menggunakan mesin bensin 2.7 L. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 158 Ps dan torsi puncaknya adalah 241 Nm. Penggunaan mesin diesel diberikan setahun setelahnya untuk konsumen Indonesia. Transmisi mempunyai 2 pilihan yakni otomatis 4 speed dan manual 5 speed. Sektor transmisinya tersebut mempunyai kode AW30-43 LS yang merupakan buatan dari Aisin Warner yang reputasinya sangat baik.

Salah satu hal yang menjadi keunggulan dari Fortuner generasi pertama ini adalah tenaganya yang besar sehingga bisa menerjang segala medan jalanan. Hanya saja dari segi konsumsi BBM terbilang boros.

>>> Klik Di Sini Jika Berniat Membeli Mobil Toyota Fortuner

6. SPESIFIKASI TOYOTA FORTUNER 2.7L 2005

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi  Toyota Fortuner 2.7L 2005 :

DIMENSI

Panjang

4.695 mm

Lebar

1.840

Tinggi

1.790 mm

Radius Putar

5.7 m

Jarak Poros Roda

2.750 mm

Ground Clearance

220 mm

MESIN

Tipe Mesin

2.7L 2TR-FE 4-silinder segaris 16 katup VVT-i DOHC

Kapasitas Silinder

2.693 cc

Transmisi

5-percepatan manual atau 4-percepatan otomatis

Konsumsi Bahan Bakar

5-8 km/l (dalam kota), 8-12 km/l (luar kota)

Tenaga Maksimal

158 PS @ 5.500 rpm

Torsi Maksimal

241 Nm @ 3.800 rpm

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

Tipe Ban

265/70 R16

Suspensi Depan

Double Wishbone

Suspensi Belakang

4-Link

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA FORTUNER 2.7L 2005

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan Toyota Fortuner 2.7L 2005:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Memiliki mesin yang bertenaga sehingga bisa melintasi segala medan jalan

Suspensinya mempunyai peredaman yang keras

Pilihan mesin yang diberikan tergolong banyak

Pada baris ketiga mempunyai ruang yang tergolong sempit

Sparepartnya mudah didapatkan sehingga perawatannya juga lebih mudah

Konsumsi bahan bakarnya cukup boros

Mempunyai ground clearance yang terbilang tinggi

 

8. DAFTAR HARGA TOYOTA FORTUNER 2.7L 2005

Dari segi umur memang telah mencapai 15 tahunan, meskipun begitu harganya tergolong stabil. Adapun harga Toyota Fortuner 2.7L 2005 bekas mulai Rp. 140 jutaan. Namun harga tersebut bisa saja mengalami kenaikan atau penurunan tergantung kondisinya dan juga tempat melakukan pembelian.

9. VIDEO TOYOTA FORTUNER 2.7L 2005

10. KESIMPULAN TOYOTA FORTUNER 2.7L 2005

Toyota Fortuner saat ini menjadi sebuah kendaraan medium SUV yang tangguh cukup diminati di Indonesia. Bagi Sobat yang tinggal di daerah pinggiran atau di lokasi dengan jalanan yang kurang baik meka bisa memilih mobil ini. Jika dirasa dana tidak mencukupi, Sobat bisa memilih mobil Toyota Fortuner 2.7L 2005 yang merupakan generasi pertama.

>>> Klik di sini untuk mengetahui harga mobil terbaru lainnya di Hargamobil.com

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International