Review Toyota Kijang LGX Diesel 2003: Harga Jual Sangat Baik Sebagai Mobil Tua

30/11/2019 Abdul Review Toyota

Toyota Kijang menjadi salah satu jawaban dari pihak Toyota akan kebutuhan pasar dalam segmen kendaraan MPV keluarga di Indonesia. Toyota Kijang 2003 merupakan generasi ke-4 yang dikenal juga dengan nama Kijang Kapsul. Mobil besutan Toyota tersebut memiliki jejak yang sangat baik dan begitu kental dengan darah Indonesia. Lantas bagaimana bentuknya? Mari kita simak informasinya dalam review Toyota Kijang LGX Diesel 2003.

1. PENGANTAR TOYOTA KIJANG LGX DIESEL 2003

Awal mula dari Kijang adalah sebuah kendaraan niaga yang dilakukan perubahan. Hasilnya transformasi yang dilakukan menghadirkan sebuah kendaraan keluarga yang sampai sekarang memiliki peminatnya sendiri di hati masyarakat Indonesia. Nama Kijang sendiri kerap juga disebut sebagai singkatan dari “Kerjasama Indonesia-Jepang”.

Kehadiran mobil tersebut dimulai pada tahun 1977 sampai kelima generasi. Di pasar Indonesia sendiri menjadi salah satu kendaraan popular pada segmen mobil MPV keluarga. Untuk mobil yang akan diulas kali ini adalah salah satu yang dapat diandalkan, bahkan dari harga jualnya juga terbilang sangat baik sampai saat ini.

Sebagai informasi, bahwasanya Toyota Kijang LGX Diesel 2003 adalah Kijang Kapsul facelift generasi ke 4 yang merupakan versi terakhir. Barulah setelah mobil ini digantikan dengan model baru yang diberi nama Toyota Kijang Innova. Mungkin Sobat semua pernah melihat mobil besutan Toyota satu ini, karena memang banyak yang menyukai desain dan juga kenyamanan yang ditawarkan oleh pihak pabrikan.

2. EKSTERIOR TOYOTA KIJANG LGX DIESEL 2003

Review Toyota Kijang LGX Diesel 2003: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Toyota Kijang LGX Diesel 2003

Tampilan depan masih banyak yang suka sampai saat ini

Kita mulai pembahasan mengenai spesifikasi Toyota Kijang LGX Diesel 2003 dari bagian depan. Yang mana mobil generasi ke-4 ini tampilannya begitu modern. Seperti pada bagian grille yang dibuat lebar dengan penggunaan garis vertikal dibalut lapisan krom sehingga terkesan mewah. Sementara untuk bagian fog lamp mempunyai bentuk kotak dan panjang dipadukan dengan headlamp yang ukurannya juga terbilang besar.

Untuk mobil yang sedang kami review ini sudah mendapatkan tambahan aksesoris yaitu bull bar atau bumper tanduk. Dengan adanya tambahan tersebut dapat berguna untuk menahan benturan sehingga keamanan lebih meningkat, apalagi dengan adanya aksesoris tersebut tampilannya menjadi tampak lebih gagah.

Review Toyota Kijang LGX Diesel 2003: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping dan depan Toyota Kijang LGX Diesel 2003

Mobil MPV tangguh untuk kendaraan keluarga

Berlanjut ke bagian samping, yang mana tampilannya tampak polos. Tidak dipungkiri, sebagai mobil yang sudah berumur hampir 16 tahun, lekukan-lekukan seperti mobil saat ini memang belum banyak digunakan. Meskipun jika dilihat, sampai saat ini desainnya tergolong awet muda karena banyak yang menyukainya.

Sementara itu, pada bagian pelek mengandalkan ukuran 14 inci dan terdapat sentuhan krom pada bagian rumah spion dan handle pintu. Dengan desain tersebut memang terlihat sangat pas dan meningkatkan aura ketangguhan dari mobil besutan Toyota tersebut.

Review Toyota Kijang LGX Diesel 2003: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Toyota Kijang LGX Diesel 2003

Sisi belakang tampak gagah dengan adanya spoiler

Saatnya membahas sektor buritan dari Toyota Kijang LGX Diesel 2003. Tampilannya begitu sederhana dengan menggunakan lampu belakang yang menggunakan desain klasik dan berbentuk vertikal. Perlu diketahui, bahwa untuk yang telah diberikan sentuhan facelift telah diberikan tambahan di bagian pintu belakang yang berupa reflektor. Sehingga kesan lampu utamanya menjadi lebih besar apabila dibandingkan dengan Kijang LGX yang belum facelift.

Untuk bagian kaca yang terdapat pada pintu belakang kesannya tidak memiliki bingkai sehingga tampilannya terlihat modern. Ditambah lagi adanya spoiler membuatnya lebih gagah yang terpadu dengan penggunaan wiper belakang. Begitupun desain dudukan plat nomor yang sudah dilapisi dengan krom membuatnya lebih gagah berpadu dengan tambahan pelindung pada bumper belakang.

>>> Baca juga:

3. INTERIOR TOYOTA KIJANG LGX DIESEL 2003

Review Toyota Kijang LGX Diesel 2003: Bagian Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard mobil dan kemudi Toyota Kijang LGX Diesel 2003

Dashboard masih sama dengan Kijang pertama kali hanya sedikit berbeda

Apabila dilihat di bagian dashboard, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Kijang yang pertama kali dihadirkan yakni tahun 1997. Perubahannya tidak begitu berarti, untuk desainnya dibuat membulat dan mempunyai kelebihan tersendiri yakni dalam daya tahan yang dimiliki meskipun bahan yang digunakan adalah plastik keras. Sementara untuk head unit, tombol pengaturan dan letak panel instrumen tampak begitu ergonomis.

Selain itu, di bagian kemudi mobil menggunakan 3 palang dan enak ketika digenggam dengan tangan. Untuk bagian head unit masih menggunakan sistem audio single din dan hanya dapat digunakan untuk memutar radio dan juga kaset saja. Namun untuk mobil Toyota Kijang LGX yang sedang kami ulas sudah dilakukan modifikasi sehingga berubah menjadi head unit double din dan sudah menggunakan layar sentuh. Sobat bisa meniru modifikasi pada bagian ini untuk menambah kenyamanan berkendara.

Review Toyota Kijang LGX Diesel 2003: Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan jok mobil Toyota Kijang LGX Diesel 2003 baris kedua

Ruang kaki baris kedua sangat luas

Menuju ke bagian jok mobil Toyota Kijang LGX Diesel 2013. Di bagian ini telah didesain 3 baris dan dapat menampung sampai 8 orang dewasa. Soal ruang kaki terbilang lapang untuk kursi penumpang baris kedua, hanya saja untuk baris ketiganya tidak terlalu istimewa.

>>> Baca Juga Artikel Menarik Di Bawah Ini:

4. FITUR TOYOTA KIJANG LGX DIESEL 2003

Mobil tahun tersebut soal fitur sebenarnya tidak terlalu istimewa, meskipun ada yang sudah menggunakan fitur canggih namun dari segi harga terbilang lebih mahal. Pada fitur Toyota Kijang LGX Diesel 2003 mempunyai lampu utama halogen dan ada wiper pada bagian kaca belakang sehingga saat akan melihat belakang bisa lebih jelas, terutama ketika cuaca sedang kurang bersahabat.

Gambar ini menunjukkan bagian head unit Toyota Kijang LGX Diesel 2003

Head unit mobil yang kami review sudah dimodifikasi

Begitupun di bagian interior, belum ada fitur zaman sekarang yang disematkan. Untuk bagian head unit hanya dapat digunakan untuk memutar radio AM/FM dan kaset saja. Untuk sistem pendingin telah mengandalkan AC double blower.

>>> Lihat Juga, Simak juga daftar harga lengkap dari mobil Toyota di semua modelnya

5. OPERASI TOYOTA KIJANG LGX DIESEL 2003

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Toyota Kijang LGX Diesel 2003

Mesin tenaga kurang tapi hemat konsumsi bahan bakar

Berlanjut ke bagian dapur pacu, yang mana untuk mesin Toyota Kijang LGX Diesel 2003 yaitu diesel dengan 4 silinder segaris yang mempunyai kapasitas 2.500 cc. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 82 Hp pada putaran 4.200 Rpm dan torsi puncak yang dihasilkan adalah 160 Nm pada putaran 2.400 Rpm. Untuk menyalurkan tenaga menuju ke bagian roda, pihak pabrikan menggunakan transmisi manual 5 percepatan dan menggunakan sistem penggerak roda belakang.

Memang banyak yang beranggapan bahwa mobil Kijang LGX mesin diesel tenaganya kurang. Namun hal tersebut dapat ditutupi dengan konsumsi bahan bakarnya yang tergolong irit jika dibandingkan dengan varian bensinnya. Jadi mau pilih yang hemat atau bertenaga?

>>> Baca Juga, Tips Membeli Mobil MPV Yang Tepat Untuk Keluarga Tercinta​

6. SPESIFIKASI TOYOTA KIJANG LGX DIESEL 2003

Berikut tabel spesifikasi Toyota Kijang LGX Diesel 2003:

DIMENSI

Panjang

4.495 mm

Lebar

1.670 mm

Tinggi

1.560 mm

Wheelbase

2.650 mm

MESIN

Mesin

2.446cc 4-silinder diesel

Tenaga Maksimal

82 Hp @ 4.200 rpm

Torsi Maksimal

1600 Nm @ 2.400 rpm

Tipe Transmisi

RWD manual 5-speed

BAN

Ukuran  Ban

195/70 R14

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA KIJANG LGX DIESEL 2003

Kalau membahas soal kelebihan dan kekurangan Toyota Kijang LGX Diesel 2003 sebenarnya tergantung persepsi masing-masing. Kalau menurut pandangan kami, Sobat bisa simak dalam tabel di bawah ini:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mobil MPV keluarga dengan kabin yang lapang dan juga lega

Soal fitur hiburan untuk mendukung kenyamanan perjalanan terbilang masih minim

Jika ada yang rusak dan butuh penggantian, suku cadang mudah didapatkan

Selain kenyamanan, fitur pendukung keselamatan juga minim

Dengan mengandalkan mesin diesel, konsumsi bahan bakarnya terbilang irit dan untuk harga jual kembalinya masih tinggi

 

8. DAFTAR HARGA TOYOTA KIJANG LGX DIESEL 2003

Seperti yang telah disebutkan, bahwasanya harga jual kembali mobil ini masih cukup bagus. Bagaimana tidak? harga Toyota Kijang LGX Diesel 2003 masih berada di kisaran Rp. 80 juta sampai Rp. 120 jutaan. Namun yang perlu diingat adalah, mobil ini umurnya sudah cukup tua untuk sebuah kendaraan. Jadi saat ingin membeli mobil ini sebaiknya memeriksa kondisi kaki-kaki seperti bagian sasisnya dan juga riwayat servis. Tujuannya adalah mendapatkan mobil dalam kondisi yang prima.

9. VIDEO TOYOTA KIJANG LGX DIESEL 2003

10. KESIMPULAN TOYOTA KIJANG LGX DIESEL 2003

Sebagai kendaraan tua mobil ini termasuk legenda dan masih banyak peminat hingga sekarang. Soal nilai jual juga tergolong baik. Bagi Sobat yang berniat membeli mobil keluarga keluaran lama dan harga jualnya baik maka bisa memilih Toyota Kijang LGX Diesel 2003. Dengan mengandalkan mesin diesel, konsumsi bahan bakarnya juga hemat sehingga bisa mengurangi pengeluaran untuk pembelian bahan bakar.

>>> Simak juga review mobil terbaru dan menarik lainnya hanya di Hargamobil.com

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer