Review Mobil Toyota Etios Valco G 2013 : Handling Baik Dengan Kabin Yang Lega

16/10/2020 Abdul Review Toyota

Sebuah mobil Hatchback city car yang menjadi jembatan antara kehadiran Toyota Agya dengan kendaraan Toyota Yaris. Mobil tersebut adalah Etios, pengenalannya pertama kali dilakukan di tahun 2013 dengan menggunakan desain sederhana, dinamis dan tampil sporty. Lantas seperti apakah spesifikasi Mobil Toyota Etios Valco? Mari kita simak ulasannya.

1. PENGANTAR TOYOTA ETIOS VALCO G 2013

Toyota Etios Valco masuk ke Indonesia pada tahun 2013 dan melakukan persaingan dengan Mitsubishi Mirage. Tampilan desain yang dimiliki memang tampak sporty dan kala itu menjadi angin segar bagi masyarakat yang ingin membeli mobil namun dana terbatas dan tidak ingin membeli kendaraan LCGC. Hanya saja mobil ini hanya bertahan sampai tahun 2018 saja dan pihak Toyota memberhentikan produksinya. Untuk lebih jelasnya, berikut review Toyota Etios Valco G 2013.

2. EKSTERIOR TOYOTA ETIOS VALCO G 2013

Review Mobil Toyota Etios Valco G 2013 : Sisi Depan

gambar ini menunjukkan bagian depan Mobil Toyota Etios Valco G 2013

Sisi depan mempunyai tampilan yang menarik dengan desain yang sporty

Pada saat melihat bagian depan akan dihadapkan dengan tampilan yang sporty. Hal tersebut berkat penggunaan grill yang dibuat dengan ukuran tidak terlalu besar dan pada bumpernya ada lubang udara. Fog lamp juga sudah diberikan menghiasi front bumper dengan posisi di samping lubang udara. Untuk ukuran headlamp nya tidak terlalu besar berpadu dengan penggunaan kap mesin mobil yang ukurannya terlihat kecil.

Review Mobil Toyota Etios Valco G 2013 : Sisi Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping Mobil Toyota Etios Valco G 2013

Tampak samping terlihat sporty dan aerodinamis

Menuju ke bagian samping, pihak Toyota memberikan lekukan body yang terlihat halus dan desainnya juga cukup aerodinamis. Hanya saja yang menjadi salah satu kelemahannya menurut kami adalah penggunaan peleknya yang tergolong kecil bila perbandingannya dengan rasio bodi mobil.

Review Mobil Toyota Etios Valco G 2013 : Sisi Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Mobil Toyota Etios Valco G 2013

Sisi belakang terlihat menarik dengan desain yang diberikan

Pada bagian belakang Toyota Etios Valco G 2013 Indonesia tampak elegan dan juga sporty. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya beragam fitur seperti rear wiper dan rear spoiler. Selain itu, jika melihat bagian ini memang tampak polos dan tidak terdapat lekukan yang tajam. Di bagian tengahnya terdapat logo Toyota dan samping kiri ada logo tulisan Etios Valco dan sebelah kanan menunjukkan tipe nya, untuk tipe G ada emblem huruf G.

>>> Lihat Juga:

3. INTERIOR TOYOTA ETIOS VALCO G 2013

Ketika memasuki interior maka akan terlihat desainnya yang sederhana, mengingat mobil  ini ditujukan untuk segmen pasar kendaraan murah. Kapasitasnya bisa untuk 5 penumpang dan tidak terlalu sempit ataupun besar. Bahan material yang dipakai sebagian besar adalah plastik, sedangkan pada jok nya menggunakan kain.

Review Mobil Toyota Etios Valco G 2013: Bagian Dashboard & Kemudi Mobil

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Mobil Toyota Etios Valco G 2013

Di kemudi ada yang menarik yakni tombol pengaturan audio

Ketika melihat dashboardnya maka akan didapati tampilan yang futuristik dan juga sedikit modern. Tachometer dan speedometer ditempatkan di bagian tengahnya. Hanya saja untuk posisi tersebut membuat pengendara agak sedikit terganggu karena mungkin tidak terbiasa karena umumnya posisinya di bagian depan pengemudi. Terdapat beberapa kisi-kisi AC mobil yang didesain bundar yakni di bagian kanan, kiri dan 2 di bagian tengah dekat dengan head unit.

Untuk kemudi mobil mempunyai tampilan yang sederhana dengan terdapat tampilan chrome sehingga lebih menarik. Dengan mengandalkan 3 palang dipadukan dengan beberapa tombol untuk palang yang sebelah kiri.

Review Mobil Toyota Etios Valco G 2013: Bagian Kursi

Gambar  ini menunjukkan jok belakang mobil Mobil Toyota Etios Valco G 2013

Jok tergolong luas untuk berikan kenyamanan di dalam  mobil

Pembahasan selanjutnya adalah di bagian jok mobil. Yang mana untuk tempat duduk dapat digunakan untuk 5 penumpang. Bahan material yang digunakan juga cukup berkualitas meskipun dari segi harga cukup terjangkau. Soal kelegaan baris kedua terbilang cukup luas baik untuk ruang kaki atau ruang kepalanya. Hanya saja untuk head rest untuk bagian depan saja. Sedangkan bagian belakang tampak 2 headrest yang tidak dapat diatur ketinggiannya dan jok tidak dapat direbahkan.

Untuk bagian bagasi mobil terbilang tidak terlalu besar, mengingat mobil ini adalah sebuah Hatchback city car. Supaya dapat membawa lebih banyak barang maka penumpang harus di bagian depan saja dan jok belakang bisa dilakukan pelipatan untuk mendapat ruang bagasi yang lebih lega.

>>> Baca Juga:

4. FITUR TOYOTA ETIOS VALCO G 2013

Gambar ini menunjukkan head unit mobil Mobil Toyota Etios Valco G 2013

Fitur standar namun siap temani perjalanan

Setelah membahas tentang tampilan eksterior dan interiornya, pembahasan selanjutnya adalah bagian fitur Toyota Etios Valco G 2013 yang diberikan baik untuk keselamatan maupun hiburan.

Mobil ini dibekali dengan fitur keselamatan standar untuk mendukung pengendaraan supaya lebih tenang. Fitur yang diberikan adalah SRS Airbag dan juga pretensioner seatbelt. Selain itu, dibekali juga dengan sistem pengereman ABS dan EBD yang hanya disediakan pada varian paling tingginya saja. Tidak hanya itu saja, beberapa fitur lain yang turut diberikan adalah front headrest, cooler boc, car holder, holder coin dan force limiter.

Kemudian pada fitur hiburan yang diberikan berupa head unit Double DIN dipadukan dengan penggunaan 4 buah speaker di dalam kabinnya. Dengan hal tersebut dapaty menghasilkan kualitas suara yang dapat menghibur selama perjalanan menggunakan mobil ini. Akan tetapi bila dilihat dari kekedapan kabin, mobil ini terasa masih kurang.

>>> Lihat Juga, Daftar Harga Toyota Camry Hybrid: Sedan Mewah Ramah Lingkungan

5. OPERASI TOYOTA ETIOS VALCO G 2013

Gambar ini menunjukkan mesin Mobil Toyota Etios Valco G 2013

Mesin yang dimiliki mendukung perjalanan di dalam perkotaan maupun luar kota

Lanjut ke bagian performa, untuk mesin yang digunakan pada Etios Valco varian G keluaran tahun 2013 menggunakan kode 3NR-FE 1.2 Liter DOHC. Penggunaan mesin tersebut dapat mengeluarkan tenaga maksimum sampai 80 Ps dan torsinya mencapai 10.6 kg.m. Hanya saja untuk transmisi menggunakan satu pilihan saja yaitu manual 5 speed. Pendapat kami mesin yang diberikan pada Toyota Etios Valco G 2013 terbilang halus dan digunakan untuk perkotaan sangatlah cocok. Jika dipakai untuk kegiatan sehari-hari terbilang mumpuni dan sangatlah nyaman.

>>> Ingin ganti mobil baru? Simak dulu daftar harga mobil selengkapnya di sini

6. SPESIFIKASI TOYOTA ETIOS VALCO G 2013

Berikut ini merupakan spesifikasi mobil Toyota Etios Valco G 2013:

DIMENSI

Panjang

3.775 mm

Lebar

1.695 mm

Tinggi

1.510 mm

Jarak Pijak Depan

1.468 mm

Jarak Pijak Belakang

1.474 mm

Wheelbase

2.460 mm

MESIN

Tipe Mesin

3NR-FE 1.2 Liter 4 Silinder Segaris 16 Katup DOHC

Daya Maksimum

80 PS / 5.600 Rpm

Torsi Maksimum

10,6 Kg.m / 3.300 Rpm

Kapasitas Silinder

1.197 cc

Sistem Transmisi

5 Tingkat Percepatan Manual

Tipe Bahan Bakar

Bensin

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

14” Ventilated Discs

Rem Belakang

Drum

Suspensi Depan

MacPherson Strut dengan Stabilizer

Suspensi Belakang

Torsion Beam dengan Stabilizer

Ukuran Ban

185/60 R15 Alloy

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA ETIOS VALCO G 2013

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil Toyota Etios Valco G 2013:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mempunyai bodi yang ringkas sehingga membuat nya lincah ketika melaju di jalanan perkotaan yang kerap terjadi kemacetan

Kabin yang dimiliki menurut kami kurang kedap

Mobil Hatchback telah dibekali dengan sistem pengereman ABS dan EBD yang membuat keselamatan mengalami peningkatan

Hanya dibekali dengan transmisi otomatis dan hanya menggunakan transmisi manual 5 speed

Fitur hiburan yang diberikan terbilang standar dan kabin yang dimiliki tergolong cukup lega

 

Pada bagian kemudi mobil telah dibekali tombol untuk mengatur audio yang posisinya di sebelah kiri

 

8. DAFTAR HARGA TOYOTA ETIOS VALCO G 2013

Jika membicarakan soal banderol harga yang ditawarkan, mobil ini terbilang terjangkau. Untuk produksinya terakhir adalah pada tahun 2018. Oleh sebab itu saat ini kondisi barunya sudah tidak dijual lagi oleh pihak PT. TAM. Adapun harga mobil Toyota Etios Valco G 2013 berada pada kisaran Rp. 80 juta-Rp. 125 jutaan tergantung kondisi dan wilayah melakukan pembelian.

9. VIDEO TOYOTA ETIOS VALCO G 2013

10. KESIMPULAN TOYOTA ETIOS VALCO G 2013

Bagi Sobat yang berniat membeli mobil dalam segmen kendaraan Hatchback yang ringkas maka bisa memilih mobil Toyota Etios Valco G 2013. Mobil ini cukup praktis dan mempunyai handling yang terbilang mumpuni. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, yang pasti saat membeli dalam kondisi bekas lakukan pengecekan dengan teliti. Jika Sobat berniat membeli mobil bekas untuk melakukan modifikasi bisa memilih mobil ini.

>>> Klik di sini untuk mengetahui harga mobil terbaru lainnya di Hargamobil.com

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International