Review Toyota Avanza 1.3 S AT 2004 : Mobil Pertama Yang Menggunakan Mesin K3 - VE

20/12/2019 Abdul Review Toyota

Toyota Avanza menjadi mobil yang cukup diminati di Indonesia. Bahkan sejak pertama kali dihadirkan di Tanah Air tahun 2003 sampai saat ini masih banyak penggemarnya. Namun untuk Toyota Avanza 1.3 S AT 2004 tidak banyak publik yang mengenalnya. Lantas seperti apa sebenarnya detailnya, mari kita simak review Toyota Avanza 1.3 S AT 2004.

1. PENGANTAR TOYOTA AVANZA 1.3 S AT 2004

Toyota Avanza pertama kali dikenalkan di Indonesia pada tahun 2003 dengan membawa 2 model yakni 1,3 G MT dan 1.3 E MT. Nama Avanza sendiri inspirasinya berasal dari kata Avanzato yang merupakan bahasa Italia yang mempunyai makna terus tumbuh dan berkembang. Tentunya hal tersebut harapannya mobil ini akan terus tumbuh sesuai yang dicita-citakan.

Awal kehadirannya harganya tergolong cukup terjangkau, meskipun begitu untuk fiturnya cukup mumpuni. Seperti pada model 1.3 E MT yang telah diberikan power window dan Power Steering. Bahkan pada varian G 1.3 MT yang merupakan varian tertinggi mempunyai fitur yang lebih mumpuni seperti adanya AC dual blower, spion elektrik, pelek alloy, foglamp dan juga gimmick menarik. Bahkan saking larisnya, untuk bisa mempunyai mobil MPV tersebut perlu inden sampai 1,5 tahunan.

Barulah pada tahun 2004 mobil Toyota Avanza 1.3 S AT 2004 dihadirkan dengan memakai transmisi otomatis. Mobil ini menjadi awal penggunaan mesin K3-VE yang telah memakai katup variabel VVT-i. Memang untuk mobil ini tidak begitu populer seperti varian MT, hasilnya penjualannya berbeda dengan saudaranya.

2. EKSTERIOR TOYOTA AVANZA 1.3 S AT 2004

Review Toyota Avanza 1.3 S AT 2004 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Toyota Avanza 1.3 S AT 2004 hitam

Bagian depan mempunyai desain lebih membulat dengan headlamp yang dibuat besar

Namanya juga yang pertama tentu dari segi tampilan berbeda dengan model saat ini. Tampilan depan Avanza keluaran tahun 2004 ini terbilang masih biasa. Dengan mengandalkan headlamp ukuran besar yang dapat menghasilkan pencahayaan cukup baik. Di bagian tengahnya terdapat grille didesain cukup besar dengan logo Toyota di bagian tengah. Penggunaan bumper juga masih biasa dengan lubang didesain memanjang yang menampakkan keceriaannya. Yang menarik adalah adanya foglamp sehingga lebih nyaman ketika melintasi jalanan berkabut. Penggunaan foglamp pada tahun tersebut hanya pada tipe S dan G saja.

Review Toyota Avanza 1.3 S AT 2004 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping Toyota Avanza 1.3 S AT 2004

Bagian samping nampak polos namun banyak yang menyayanginya

Sebagai mobil keluarga di Tanah Air, dimensi besar dan dapat digunakan untuk membawa banyak penumpang seakan menjadi syarat utama untuk masuk dalam segmen tersebut. Pada mobil Toyota Avanza 1.3 S AT 2004 memiliki syarat tersebut untuk dijadikan sebagai kendaraan keluarga yang dapat diandalkan. Dari arah samping memang tampak biasa saja, namun ternyata banyak orang yang menyukai desain sederhana tersebut. Sementara untuk pelek mengandalkan alloy dengan ukuran 14 inci dipadukan dengan ban produksi dari Bridgeston ataupun Dunlop. Yang mana merek tersebut dulunya sangat laris manis di pasaran. Desain sampingnya ini menggunakan warna yang sama seperti bodi, handle pintu dan juga spion.

Review Toyota Avanza 1.3 S AT 2004 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Toyota Avanza 1.3 S AT 2004

Bagian belakang tidak banyak lekukan namun terlihat sangat menarik

Ketika melihat bagian belakang Toyota Avanza 1.3 S AT 2004 akan tampak desainnya yang sederhana.  Dari bagian atas telah diberikan rear spoiler berpadu dengan wiper pada kaca belakang. Sementara ada logo kebanggaan Toyota  dd bagian tengah dan di samping kiri ada logo Avanza serta emblem S di bagian kanan.

Bahkan seperti ada handle pintu belakang yang dibuat memanjang masih menggunakan warna yang sama dengan bodi, namun itu tidak ada handlenya hanya desain saja. Pada saat akan membuka pintu bagasi bisa mengandalkan anak kunci dimasukkan ke lubang yang disediakan, bisa juga dengan menggunakan tuas yang letaknya di bawah kursi pengemudi. Sedangkan pada lampu belakang desainnya dibuat  memanjang namun terlihat begitu rapi.

>>> Baca juga:

3. INTERIOR TOYOTA AVANZA 1.3 S AT 2004

Review Toyota Avanza 1.3 S AT 2004 : Bagian Dashboard Dan Kemudi

Gambar ini menunjukkan bagian dashboard mobil Toyota Avanza 1.3 S AT 2004

Dashboard masih model lawas dan terlihat sederhana dan biasa saja

Sebagai mobil generasi pertama, jika dibandingkan jaman sekarang memang tampilan dashboard terlihat biasa saja. Dengan mengandalkan konstruksi one piece (menyatu), tampilannya memang tampak kaku dan juga konvensional. Dulunya mobil ini sempat diincar oleh maling dashboard, entah karena desainnya atau gimana kami kurang tahu mengapa maling menyukai dashboard model begini. Meskipun begitu, penggunaan desain tersebut bertahan sampai generasi kedua dan ketiga.

Sementara untuk kemudinya belum ada tombol-tombol seperti pada model saat ini. Dengan mengandalkan 3 palang berpadu dengan logo Toyota di bagian tengah dan juga tombol klakson.

Review Toyota Avanza 1.3 S AT 2004 : Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan kursi mobil Toyota Avanza 1.3 S AT 2004

Jok tebal baik di bagian pengemudi dan penumpang

Menurut pendapat kami, untuk Toyota generasi awal ini suspensinya tergolong keras. Meskipun begitu, hal tersebut ditutupi dengan penggunaan jok mobil yang tebal. Hasilnya kursi mobil Toyota Avanza 1.3 S AT 2004 dapat menyangga siapapun yang mendudukinya dengan baik. Tidak hanya untuk pengemudi, jok tebal juga merambah ke jok baris kedua.

Review Toyota Avanza 1.3 S AT 2004 : Bagian Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil Toyota Avanza 1.3 S AT 2004

Bagasi cukup luas terutama saat jok belakang dilipat

Di zamannya, bagasi Toyota Avanza 1.3 S AT 2004 tergolong begitu memadai dan luas berpadu dengan pintu yang dibuka ke atas. Hanya saja terbilang kurang begitu praktis karena tidak ada handle pada pintu belakang. Untuk membukanya  perlu menggunakan tuas yang lokasinya di bagian jok pengemudi. Bahkan model tersebut bertahan sampai 8 tahunan dan tidak segera dilakukan perubahan.

>>> Mungkin Anda juga tertarik :

4. FITUR TOYOTA AVANZA 1.3 S AT 2004

Memang untuk mobil Toyota Avanza 1.3 S AT 2004 kalau dibandingkan saat ini terbilang tidak terlalu istimewa. Hanya saja pada zamannya yakni tahun 2000-an sudah revolusioner. Perlu diketahui, pada masa peluncuran Avanza yakni tahun 2003-2004 hadir melenggang sendiri seakan tidak ada lawan. Bahkan kehadirannya memikat banyak orang dan sampai sekarang masih banyak peminatnya.

Gambar ini menunjukkan Kisi-kisi AC mobil di kabin bagian tengah

Fitur cukup revolusioner di zamannya

Beberapa fitur yang diberikan pada mobil ini meliputi Power Steering, power window, radio tape, electric mirror. Selain itu, dengan kapasitas penumpang sampai 7 orang dewasa membuatnya sangat cocok untuk bepergian bersama keluarga.

5. OPERASI TOYOTA AVANZA 1.3 S AT 2004

Berlanjut ke bagian mesin Toyota Avanza 1.3 S AT 2004, pihak Toyota memberikan mesin dengan kode K3-VE yang sudah dilengkapi dengan VVT-i. yang menarik adalah, tipe ini menjadi satu-satunya yang mengandalkan mesin 4 silinder dengan kapasitas 1.300 cc. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 86 Hp pada putaran 6.000 rpm. Sedangkan torsi puncaknya mencapai 120 Nm pada putaran 4.400 rpm.

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Toyota Avanza 1.3 S AT 2004

Mesin K3-VE pertama dipasang pada Avanza 1.3 S AT 2004

Menurut kami, penggunaan VVT-i pada mobil ini menjadi salah satu langkah Toyota dalam melakukan pengujian. Hal tersebut dikarenakan setelah 4 tahun berlalu, semua varian Toyota Avanza telah dilengkapi dengan VVT-i. Dengan memanfaatkan mesin tersebut, mobil besutan Toyota ini mempunyai efisiensi dan performa yang cukup baik.

>>> Klik Di Sini Bila Sobat Berniat Membeli Sebuah Mobil Keluarga Toyota Avanza

6. SPESIFIKASI TOYOTA AVANZA 1.3 S AT 2004

Berikut ini merupakan spesifikasi Toyota Avanza 1.3 S AT 2004:

DIMENSI

Panjang

4.120 mm

Lebar

1.630 mm

Tinggi

1.695 mm

Kapasitas Tangki

45 Liter

MESIN

Seri

K3-VE, DOHC, VVT-i

Tenaga Maksimal

86 Hp @ 6000 rpm

Torsi Maksimal

120 Nm @ 4400 rpm

Kapasitas Silinder

1298 cc

Klaim Top Speed / Realita

No Data / 170 km/jam

Transmisi Tipe

4 Percepatan Otomatis

Bahan Bakar

Bensin

LAIN – LAIN

Ban / Pelek

Dunlop Sp10/R14

Power Steering

Hidrolik

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA AVANZA 1.3 S AT 2004

Berikut kelebihan dan kekurangan Toyota Avanza 1.3 S AT 2004 :

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Meskipun mobil ini besutan lama namun jaringan servisnya terbilang baik

Pada saat melintasi jalan tol mesin sedikit meraung karena rasio gigi yang dimiliki kurang halus

Mempunyai kaki-kaki yang tangguh sehingga akan terasa kekokohannya dalam melintasi jalanan

Di bagian kabin bisa dibuat lebih mewah tapi pihak Toyota hanya memberikannya biasa saja

Radius putar yang dimiliki oleh mobil besutan Toyota ini kecil

Pada bagian yang memakai bahan plastik terbilang harganya murah

Kelebihan dan kekurangan di atas menurut pandangan kami, bisa saja ada perbedaan dengan pandangan Sobat pembaca semua.

8. DAFTAR HARGA TOYOTA AVANZA 1.3 S AT 2004

Sebagai mobil generasi pertama Toyota Avanza tentunya sudah tidak ada kondisi barunya karena telah digantikan dengan model baru terkini. Untuk harga bekas Toyota Avanza 1.3 S AT 2004 dibanderol mulai Rp. 70 juta sampai Rp. 80 jutaan. Harga tersebut tergantung kondisi dan wilayah membeli.

9. VIDEO TOYOTA AVANZA 1.3 S AT 2004

10. KESIMPULAN TOYOTA AVANZA 1.3 S AT 2004

Sebagai mobil generasi pertama, tentunya untuk segi desain akan ada perbedaan dan lebih menarik model saat ini. Namun bagi Sobat yang ingin membeli mobil bekas dengan harga terjangkau  dan perawatannya mudah, maka mobil Toyota Avanza 1.3 S AT 2004 bisa menjadi salah satu pilihan tepat. Bahkan untuk dijadikan sebagai mobil keluarga mobil ini juga tergolong mumpuni dan dapat diandalkan.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer