Review Toyota Camry Grande 1998: Mobil Sedan 90-an Dengan Tenaga Besar

01/10/2020 Abdul Review Toyota

Kali ini kami akan membahas mobil sedan besar yang merupakan penerus dari Toyota Corona untuk Indonesia. Mobil tersebut adalah Toyota Camry Grande 1998 yang diperkenalkan oleh PT Toyota Astra Motor.

1. PENGANTAR TOYOTA CAMRY GRANDE 1998

Sebagai penerus dari Toyota Corona, pihak PT Toyota Astra Motor menghadirkan mobil Camry Grande pada tahun 1998. Mobil ini merupakan sebuah sedan besar yang asal namanya adalah Kanmuri berasal dari kata Jepang yang mempunyai arti mahkota. Selain itu, mobil generasi keempat ini menggunakan postur yang lebar dan juga pipih yang membuat impresinya jadi lebih berkelas. Meskipun pada kala itu sedang terjadi krisis moneter namun dari pihak masyarakat  menerimanya dengan positif.

Kehadirannya adalah bulan Juli 1998 dengan membawa 2 trim yakni GLX dan Grande. Untuk varian GLX menggunakan mesin bensin dengan kapasitas 2.200 cc yang dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 133 dk. Sementara pada varian Grande mendapatkan mesin V6 dengan kapasitas 3.000 cc yang dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 194 dk. Sistem transmisi yang digunakan pada varian ini adalah 5 speed otomatis.

Mobil Camry Grande dijual di diler mencapai tahun 2000 bulan Desember. Yang mana setelah itu dilakukan perubahan minor pada bagian depannya. Kemudian untuk bagian belakang ditinggalkan aksen tipis segaris pada lampunya dan cluster stop lamp diperbesar yang membuat bagian belakang tampak lebih proporsional.

2. EKSTERIOR TOYOTA CAMRY GRANDE 1998

Review Toyota Camry Grande 1998: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Toyota Camry Grande 1998

Tampilan depan terkesan elegan dan mewah

Saat melihat bagian depan akan terlihat tampilan yang konservatif tapi tetap mempunyai kesan yang mewah dan juga elegan. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya headlamp yang mengandalkan multi reflektor yang sebening kristal. Dengan adanya reflektor yang bening, kala itu sudah membuat aura kemewahan muncul. Kemudian untuk grille didesain horizontal dengan menggunakan bilah-bilah sirip yang dipadukan dengan lis chrome sehingga tampil lebih mewah.

Review Toyota Camry Grande 1998: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan samping kanan Toyota Camry Grande 1998

Pelek pakai 7 spoke alloy dengan finishing polished

Menuju ke bagian samping Toyota Camry Grande 1998. Terdapat lampu sein di bagian fendernya yang dapat memberikan visibilitas pengendara lain jadi lebih jelas pada saat pengemudi mobil akan berbelok. Hanya saja di bagian gagang pintu masih memakai model lama dan belum diberikan model kekinian. Untuk pelek mengandalkan alloy 7 spoke yang mendapatkan finishing polished sehingga sedan bongsor ini tampil lebih mewah.

Review Toyota Camry Grande 1998: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan samping kiri dan belakang Toyota Camry Grande 1998

Tampilan belakang masih sederhana  dengan lampu didesain tipis

Menuju ke sisi belakang, lampunya menggunakan desain tipis dan tertarik ke arah sisinya. Mobil ini belum diberikan sensor parkir seperti mobil keluaran tahun 1990-an pada umumnya. Berbeda dengan mobil saat ini yang sudah diberikan sensor parkir yang bisa memberikan isyarat saat ada objek yang dekat di belakang kendaraan.

>>> Baca juga:

3. INTERIOR TOYOTA CAMRY GRANDE 1998

Review Toyota Camry Grande 1998: Bagian Dashboard Dan Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Toyota Camry Grande 1998

Dashboard sudah tampil modern dan sampai saat ini masih menarik untuk dilihat

Menuju ke sektor interior, bagian dashboardnya tampil modern sampai saat ini. Dari segi desain tampak simple dengan mengutamakan fungsinya. Speedometer mempunyai kubah yang rendah dengan tujuan visibilitas pengemudi jadi lebih jelas. Hanya saja untuk posisi duduk terkesan biasa dan saat ingin meraih tombol yang berada di dashboard terkesan jauh seperti audio ataupun pengaturan AC mobil.

Kemudian untuk setir terbungkus dengan kulit yang nyaman digenggam. Ketebalan dan diameternya terbilang pas walaupun pihak Toyota belum memberikan audio steering switch. Kemudinya telah mendapatkan pengaturan tilt dan telescopic sehingga dapat mengaturnya sesuai kenyamanan.

Review Toyota Camry Grande 1998: Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan jok mobil Toyota Camry Grande 1998

Jok belakang terdapat 1 yang tidak ada headrest

Jok mobil Toyota Camry Grande 1998 dapat diduduki sampai 5 penumpang yang dapat merasakan kenyamanan. Hal tersebut berkat jok mobilnya yang besar dan juga empuk. Hanya saja untuk sandaran kepala dan seat belt 3 titik yang diberikan untuk 4 orang saja, karena di bagian belakang satu joknya hanya mendapatkan seat belt 2 titik dan tidak diberikan headrest.

>>> Baca juga:

4. FITUR TOYOTA CAMRY GRANDE 1998

Gambar ini menunjukkan head unit double din mobil Toyota Camry Grande 1998

Head unit double din yang cukup lengkap di zamannya

Berlanjut pembahasan ke bagian fitur, pihak Toyota memberikan head unit double DIN yang dapat digunakan untuk mengoperasikan radio, CD dan memutar kaset. Walaupun tampak sederhana tapi saat itu terbilang cukup mumpuni. Untuk pengaturan AC yang dimiliki tampak modern yang sudah menggunakan sistem full digital yang sudah climate control.

>>> Baca Juga, Review Toyota Camry 1998: Mobil Sedan Nyaman Dengan Harga Terjangkau

5. OPERASI TOYOTA CAMRY GRANDE 1998

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Toyota Camry Grande 1998

Mesin bertenaga dengan kapasitas 3.000 cc

Setelah membahas beberapa hal di atas tentunya kurang lengkap jika tidak membahas performa. Mesin Toyota Camry Grande 1998 yang digunakan adalah V6 dengan kapasitas 3.000 cc. Kode mesinnya adalah 1MZ-FE yang memakai material aluminium, hal tersebut membuat bobot dapat direduksi dengan baik dan juga memang dirancang supaya gangguan vibrasi jadi minim.

Tenaga mesin yang dapat dihasilkan oleh mesin V6 tersebut adalah 194 Hp dan torsi puncaknya adalah 248 Nm. Tenaga mesin dan torsinya disalurkan ke bagian roda depan dengan mengandalkan transmisi otomatis konvensional 4 speed.

>>> Lihat Juga, Daftar Harga Toyota Camry Hybrid: Sedan Mewah Ramah Lingkungan

6. SPESIFIKASI TOYOTA CAMRY GRANDE 1998

Berikut ini adalah tabel spesifikasi mobil Toyota Camry Grande 1998 :

DIMENSI

Panjang

4.765 mm

Lebar

1.786 mm

Tinggi

1.430 mm

 Jumlah Tempat Duduk

5 Tempat Duduk

 Kapasitas Tangki

60 Liter

Jarak Sumbu Roda

2.670 mm

Ground Clearance

150 mm

MESIN

Seri mesin

1MZ-FE V6, DOHC

Sistem Pasokan Bahan Bakar

 Electronic Fuel Injection

Jumlah Katup

24 Katup (2 Inlet dan 2 Outlet Per Silinder)

Kapasitas Silinder

 2,994 cc

Bore X Stroke

87,5 mm X 83,0 mm

Tenaga

194 HP @ 5.200 rpm

Torsi Maksimum

248 NM @ 4.400 rpm

Tipe Transmisi

Otomatis 4-percepatan, Penggerak Roda Depan (FWD)

HANDLING & SUSPENSI

Teknologi Sistem Pengereman

ABS, EBD, BA

Teknologi Safety Sasis

G.O.A Body by Toyota

Suspensi Depan & Belakang

MacPherson Strut & Dual Link Strut

Sistem Kemudi

Rack And Pinion with Hydraulic Power Steering

Struktur Sasis

Monokok, Sedan C Segment

Pelek

Alloy, 17 Inch

Jenis Ban

Radial, 215/55R17

Rem Depan & Belakang

Ventilated Disc & Disc

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA CAMRY GRANDE 1998

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil Toyota Camry Grande 1998 :

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Suspensi yang dimiliki nyaman sehingga saat berada di dalam mobil juga akan merasakan kenyamanan

Pada saat melintasi tikungan body roll nya akan terasa

Mesin 3000 cc yang dimiliki mempunyai tenaga mumpuni

Konsumsi bahan bakar terbilang boros

Dibandingkan dengan rivalnya fitur yang diberikan cukup lengkap

Dibandingkan rival senegaranya handling yang dimiliki masih kalah

8. DAFTAR HARGA TOYOTA CAMRY GRANDE 1998

Bagi Sobat yang menginginkan mobil ini diharapkan melakukan pengecekan dengan teliti, karena umurnya yang sudah tua. Namun saat mobil terawat dengan baik maka kondisinya akan tetap baik dan minim masalah. Untuk harga Toyota Camry Grande 1998 bekas kondisi surat mati kisaran Rp. 30 jutaan. Sedangkan jika kondisinya istimewa maka harganya bisa mencapai Rp. 65 jutaan.

9. VIDEO TOYOTA CAMRY GRANDE 1998

10. KESIMPULAN TOYOTA CAMRY GRANDE 1998

Bagi Sobat yang ingin memiliki mobil sedan dengan harga terjangkau dan nyaman maka bisa memilih mobil Toyota Camry Grande 1998. Apalagi nama Toyota sudah terkenal akan kualitas produknya, ditambah lagi jaringan diler yang tersebar di seluruh Indonesia sehingga perawatannya cukup mudah. Namun  untuk konsumsi bahan bakar terbilang boros dan kaki-kakinya yang sudah saatnya mengganti mengingat umurnya telah mencapai 22 tahunan.

>>> Klik di sini untuk mengetahui harga mobil terbaru lainnya di Hargamobil.com

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International