Review Mobil KIA Sportage 2016, Mobil SUV Rasa Crossover

05/09/2018 Riyan Sugandy Review Kia

Pasar mobil SUV di Indonesia memang cukup kompetitif dengan banyak pilihan mobil yang bisa Anda pilih. Salah satu mobil yang bisa Anda pilih diantaranya adalah KIA Sportage 2016 yang didesain lebih dinamis dan sporty. Mobil ini sebenarnya memiliki varian bensin dan juga solar, tetapi khusus di pasar Indonesia, rupanya mesin bensin lebih digemari oleh pasar. Ingin tahu apa saja yang ditawarkan oleh mobil ini? Inilah review mobil KIA Sportage 2016!

1. PENGANTAR

Review Mobil KIA Sportage 2016 - KIA Sportage merupakan sebuah line produk dari KIA yang berada pada segmen pasar mid-size SUV di Indonesia. Pada tahun 2016, KIA memberikan tampilan crossover SUV untuk KIA Sportage 2016. Tampilan ini memang cukup menuai kontroversi karena membuat kesan elegan dan modern dari mobil ini hilang. Tetapi, dari segi performa banyak yang menyukai mobil ini karena benar-benar bisa digunakan untuk di dalam kota maupun luar kota tanpa kendala berarti. DI banderol dengan harga 400 jutaan, apakah KIA Sportage 2016 menjadi mobil yang layak digunakan sehari-hari? Berikut ini review mobil KIA Sportage 2016 dari Hargamobil.com.

2. EKSTERIOR

Perubahan KIA Sportage 2016 dengan versi sebelumnya memang bisa sangat kita rasakan di bagian wajahnya yang berubah cukup banyak. Untuk bagian eksterior lainnya, memang ada perubahan dari segi desain body tetapi perubahan tersebut masih cukup layak dan tidak terlalu jauh berubah dibandingkan dengan versi sebelumnya. Desain yang compact dan sporty secara keseluruhan masih bisa kita rasakan sehingga Anda bisa cukup bangga bila berkendar dengan mobil yang satu ini.

Review Mobil KIA Sportage 2016: Tampak depan

Bagian Depan KIA Sportage 2016 berwarna hitam

Tampak Depan KIA Sportage 2016

Bagian headlamp di mobil ini mendapatkan perubahan yang cukup besar karena bentuknya menjadi lebih kecil dan menyirip dibandingkan versi pendahulunya. Bentuk tiger nose di bagian grill masih ala KIA juga ada di mobil ini. Perpaduan headlamp dan nose grill seperti membentuk sebuah wajah yang mungkin tidak semua orang menyukainya.

Review Mobil KIA Sportage 2016: Tampak samping

Desain Samping KIA Sportage 2016 berwrna hitam

Tampak Samping  KIA Sportage 2016 Sangat Sporty 

Sebuah impresi berbeda akan Anda dapatkan bila melihat mobil ini dari bagian samping Kesan sporty dan crossover mobil ini benar-benar terasa sangat kental. Bagian wajahnya yang cukup aneh seolah menyatu dan tidak menjadi masalah besar bila Anda melihatnya dari perspektif ini.

Review Mobil KIA Sportage 2016: Tampak belakang

Desain Bagian Belakang KIA Sportage 2016

Tampak Belakang KIA Sportage 2016

Tampilan belakang KIA Sportage 2016 terlihat sangat sporty dengan berbagai aksesorisnya seperti skid plate, light reflector di bagian bumper serta rear lamp yang sangat dinamis.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR

Seperti sebuah mobil SUV kebanyakan, mobil ini juga menawarkan bagian interior yang cukup nyaman bagi penumpangnya. Dengan menggunakan material berwarna gelap di seluruh bagian kabin membuat mobil ini terkesan sangat maskulin. Perpaduan material plastik dan juga soft touch di bagian interior dengan kualitas build yang cukup baik, cukup memanjakan Anda selama berada di dalam mobil ini. Secara keseluruhan, bagian dalam mobil ini tidak akan mengecewakan Anda sebagai penumpangnya.

Review Mobil KIA Sportage 2016: Dashboard

Dashboard KIA Sportage 2016 dengan kelengkapan fitur di dalamnya

Desain Dashboard Modern

Desain dashboard mobil ini sangat modern dan canggih dengan kualitas build yang cukup baik. Perpaduan bahan soft touch dengan plastik di bagian ini tidak akan mengecewakan Anda.

Review Mobil KIA Sportage 2016: Setir

Bagian Setir KIA Sportage 2016 dengan sedikit perubahan

Setir Modern dan Mewah

Untuk bagian setir sudah didesain cukup mewah dan nyaman menggunakan lapisan kulit dengan pengaturan tilt dan juga telescopic. Audio steering switch dan juga pengaturan MID di bagian ini akan memudahkan Anda mengatur volume head unit dan juga kendaraan ketika berkendara.

Review Mobil KIA Sportage 2016: Kursi

Desain Kursi KIA Sportage 2016

Kursi Nyaman dan Mewah 

Bagian kursi penumpang sangat nyaman dengan ruang kaki dan kepala yang cukup lapang bagi penumpang.

Review Mobil KIA Sportage 2016: Bagasi

Bagasi KIA Sportage 2016

Bagasi Luas dan Mudah Diatur

Bagasi bisa diatur cukup mudah dengan kapasitas yang cukup besar dan mampu menampung barang bawaan Anda cukup banyak.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR

Fitur yang ditawarkan oleh KIA Sportage 2016 cukup lengkap dan sangat mumpuni utnuk sebuah mobil SUV. Mobil ini menawarkan fitur keselamatan berupa pengaturan cruise control, sistem pengereman ABS dan EBD, fitur Hill Start Assist serta fitur Vehicle Stability Management.

Untuk bagian safety airbag juga tidak perlu ditanya lagi karena mobil ini memberikan air bag yang cukup melimpah dengan side curtain air bag di bagian kabin. Pastinya seluruh fitur ini sangat bermanfaat ketika Anda mengalami benturan yang cukup keras ketika berada di dalam mobil ini.

Untuk bagian hiburan, mobil ini memiliki headunit 2din touch screen yang tersambung dengan enam buah speaker di dalam kabin. Headunit ini bisa memainkan hiburan dari berbagai sumber mulai dari CD, USB, Aux dan juga smartphone yang Anda gunakan.

>>> Simaklah review mobil Kia lainnya di sini

5. OPERASI

Tampilan Mesin KIA Sportage 2016

Mesin 2.000 cc KIA Sportage 2016

Di bagian mesin, Kia Sportage 2016 menggunakan mesin Nu 2.0 MPI Gasoline dengan kapasitas silinder 1.999 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 158 Ps dengan torsi maksimal 194 Nm. Dengan kemampuan ini, tentunya mobil ini akan sangat mumpuni jika digunakan di dalam kota oleh Anda sehari-hari.

Beralih ke bagian suspensi, mobil ini menggunakan suspensi tipe McPherson Strut untuk suspensi bagian depan. Sementara untuk bagian belakang mobil ini menggunakan suspensi jenis Multilink. Di bagian velgnya, mobil ini menggunakan velg berukuran 18 inci yang cukup gagah.

>>> Bingung dengan spesifikasi mobil - mobil di Indonesia, klik sini untuk simak informasi terlengkap

6. SPESIFIKASI

Berikut ini spesifikasi dari KIA Sportage 2016.

Mesin Kia Sportage 2016

Tipe Mesin

Nu 2.0 MPI Gasoline

Kapasitas Isi Silinder

1.999 cc

Tenaga Maksimum

158 Ps / 6.200 rpm

Torsi Maksimum

194 Nm / 4.000 rpm

Transmisi

6-Speed A/T

Kapasitas Tangki

55 L

Dimensi Kia Sportage 2016

P x L x T

4.480 x 1.855 x 1.655 mm

Wheelbase

2.670 mm

Ground Clearence

172 mm

Suspensi dan Kaki-Kaki Kia Sportage 2016

Steering

Rack & Pinion

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Multi-Link

Rem Depan

Disc

Rem Belakang

Disc

Ban

225/55 R18

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari KIA Sportage 2016.

Kelebihan

Kekurangan

Interior mobil sangat mewah

Bahan Bakar Cukup Boros

Mesin besin sangat mumpuni

Desain bagian wajah cukup kontroversial bagi pecinta mobil

Fitur keselamatan dan berkendara cukup lengkap

 

8. DAFTAR HARGA

Tipe

Harga

Kia Sportage AT

Rp 386.500.000

Kia Sportage GT

Rp 445.500.000

Kia Sportage GT Ultimate

Rp 475.500.000

9. VIDEO

10. KESIMPULAN

Sebagai sebuah mobil sub compact SUV, KIA Sportage 2016 cukup menjanjikan bagi Anda yang senang berkendara dengan mobil tampilan sporty. Kammpuan mesin dan juga kenyaman mobil ini sudah sangat layak untuk sebuah mobil SUV. Tetapi karena desainnya yang mirip mobil crossover, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli mobil crossover dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan mobil ini.

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer