Spesifikasi KIA Sonet Active 2021 : Hanya Ada Varian Manual Dan 5 Seaters

07/09/2021 Abdul Review Kia

Mobil KIA Sonet Active 2021 bisa menjadi pilihan bagi Sobat yang ingin mobil SUV perkotaan untuk menemani mobilitas sehari-hari dengan nyaman.

1. PENGANTAR KIA SONET 2021

Sebelumnya kami telah membahas Sonet tipe Smart MT dan Dynamic 7 Seaters. Untuk kali ini kami akan memberikan informasi tentang spesifikasi dan fitur yang diberikan pada mobil KIA Sonet Active 2021. Perlu diketahui, bahwa pada tipe ini hanya memiliki varian 5 penumpang dan transmisi manual saja.

Pada saat ingin membeli mobil besutan KIA ini tentunya akan bertanya-tanya terkait fitur di dalamnya. Tujuannya agar mendapatkan mobil sesuai yang diinginkan agar tidak kecewa di kemudian hari. Nah sebagai pertimbangan, Sobat bisa membaca informasinya di bawah ini:

2. EKSTERIOR KIA SONET 2021

Tampilan Depan KIA Sonet Active 2021

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil KIA Sonet Active 2021

Desain tampak sama tapi headlamp masih menggunakan halogen

Ketika membahas tampilan, tiap tipe tidak jauh memiliki perbedaan. Seperti pada grille menggunakan model tiger nose. Yang membedakan pada tipe di atasnya adalah headlamp, dimana untuk tipe ini masih menggunakan crystal multi reflector halogen.

Hanya saja di bagian bumper masih diberikan projector fog lamp yang bisa digunakan untuk menembus kabut ataupun hujan lebat. Under guard juga tetap diberikan pada mobil ini dengan menggunakan warna silver. Berkat hal tersebut tampilannya tetap gagah dan juga sporty.

Tampilan Samping KIA Sonet Active 2021

Gambar ini menunjukkan sisi samping KIA Sonet Active 2021

Sisi samping dibuat sewarna bodi baik handle pintu dan spion

Menuju ke bagian samping, bagian atas sendiri terdapat roof rail dipadukan dengan window lane aksen warna krom. Spion dan handle pintu didesain sewarna dengan bodi mobil.

Kemudian untuk bagian bawah terdapat over fender dengan aksen doff yang  merupakan ciri khas sebuah SUV. Pada bagian velg mengandalkan alloy 16 inci dipadukan dengan ban apollo. Ban yang digunakan memiliki profil 216/60 R16.

Tampilan Belakang KIA Sonet Active 2021

Gambar ini menunjukkan bagian belakang KIA Sonet Active 2021

Tampilan belakang tetap gagah dan menarik

Di bagian belakang terdapat antenna shark fin untuk bagian atas sendiri. Di bawahnya terdapat high mount stop lamp dan rear wiper. Kemudian untuk stop lamp tetap menggunakan LED dengan desain yang menarik serta unik karena dibuat menyambung.

Logo KIA berada di sisi tengah kemudian di sebelah kiri terdapat emblem tulisan Sonet. Bumper terdapat aksen warna hitam dipadukan dengan reflektor dan under guard belakang warna silver. Terdapat framing muffler sebelah kanan dan kiri, namun untuk mufflernya berada di bagian bawah mobil posisinya ngumpet.

>>> Spesifikasi KIA Sonet Smart MT 2021 : SUV Compact Bertenaga & Hemat BBM

3. INTERIOR KIA SONET 2021

Dashboard & Kemudi KIA Sonet Active 2021

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil KIA Sonet Active 2021

Fitur mumpuni karena masih mendapatkan layar monitor

Dari segi tampilan interior tetap menarik seperti pada tipe lainnya. Bahan dashboard menggunakan hard plastik dengan sisi kanan dashboard tidak diberikan tombol fitur. Hanya terdapat 3 tombol dummy yang dipadukan dengan kisi-kisi AC mobil dengan framing warna gray.

Di bagian tengah terdapat head unit  monitor dengan tombol kanan kiri warna krom. Dipadukan dengan 2 kisi-kisi AC framing gray dan tombol AC mobil menggunakan 2 buah kenop. Pada sisi kiri terdapat kisi-kisi AC dan airbag penumpang depan serta laci penyimpanan tertutup.

Kemudi mobil menggunakan 3 palang dengan pengaturan setir Tilt saja. Pada palang sebelah kiri terdapat audio steering switch dan palang sebelah kanan ada pengatur layar MID. Setir memiliki warna hitam dipadukan dengan warna silver.

Jok Mobil KIA Sonet Active 2021

Gambar ini menunjukkan jok depan KIA Sonet Active 2021

Jok pakai fabric sama dengan tipe Smart

Berlanjut ke bagian jok, bahan material yang digunakan adalah fabric yang dapat memberikan kenyamanan selama perjalanan. Pengaturan kursi pengemudi cukup lengkap karena sudah ada height adjuster.

Untuk interior dominan warna hitam baik bagian depan ataupun belakang. Di belakang jok penumpang depan ada seat back pocket 2 buah atas dan bawah. Sisi tengah jok depan terdapat kisi-kisi AC dengan list warna silver dipadukan dengan laci penyimpanan terbuka dan USB port.

Jok mobil belakang memiliki headrest model fix 2 buah kiri kanan yang tidak dapat diatur ketinggiannya. Seat belt untuk bagian depan dan belakang didesain rapi tertutup cover. Pelipatan kursi belakang juga masih full belum dipisah.

>>> Spesifikasi KIA Sonet Dynamic 7 Seater 2021 : Varian Di Bawah Premier Fitur Cukup Lengkap

4. FITUR KIA SONET 2021

Panel instrumen yang diberikan di balik kemudi cukup informatif. Dimana terdapat informasi outside temperature dan odometer. Kemudian untuk layar MID pengaturannya dari palang kemudi sebelah kanan. Ada informasi terkait kendaraan yang cukup lengkap seperti rata-rata & realtime konsumsi BBM, Illumination, One touch Signal, Headlight Delay dan lainnya.

Gambar ini menunjukkan head unit mobil KIA Sonet Active 2021

Head unit bisa memberikan hiburan kepada pengendara dan penumpang

Sementara untuk head unit monitor pada sisi tengah yang sudah support dengan Android Auto dan Apple CarPlay. Menu utama pada layar monitornya adalah Phone, Android Auto Apple Carplay, User's Manual, Voice Memo, Radio, Media dan Setup.

Wifi diberikan di dalam menu Setup, layar ini juga menjadi layar untuk kamera mundur sehingga memudahkan pengemudi dalam memarkirkan kendaraan. Beberapa colokan berada di bagian bawah dekat tuas transmisi yakni USB untuk Charging, USB ke head unit dan power outlet model bulat 12V.

Berhubungan dengan keselamatan mobil ini dibekali dengan Dual Airbags untuk mengurangi cedera parah saat terjadi kecelakaan. Sistem pengereman telah diberikan ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake Force Distribution) dan BAS (Braking Assist System) yang dapat memberikan bantuan ketika melakukan pengereman secara mendadak.

>>> Review Kia Sonet 2020: Mobil SUV Kompak Agresif Dengan Fitur Mumpuni

5. OPERASI KIA SONET 2021

Gambar ini menunjukkan mesin mobil KIA Sonet Active 2021

Semua tipe KIA Sonet menggunakan mesin yang sama

Mesin yang diberikan di dalam mobil KIA Sonet Active 2021 sama dengan tipe lainnya yakni Smartstream Gamma II 4 silinder. Terdapat katup variable dual CVVT sebagai teknologinya dan supaya lebih efisien diberikan juga double injector.

Dengan memanfaatkan mesin 1.5L tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 115 Ps dan torsi maksimumnya adalah 144 Nm. Torsi dan tenaga yang dihasilkan menyalur ke bagian roda depan memakai transmisi manual 6 speed. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa pada tipe ini hanya tersedia pilihan transmisi manual saja.

6. SPESIFIKASI KIA SONET 2021

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi KIA Sonet Active 2021:

DIMENSI

Panjang

4.120 mm

Lebar

1.790 mm

Tinggi

1.615 mm

Jarak Sumbu Roda

2.500 mm

Radius Putar

5,3 Meter

Kapasitas Tangki

45 Liter

HANDLING & SUSPENSI

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Coupled Torsion Beam Axle

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

Struktur Sasis

Monokok, SUV B-Segment

Velg

Alloy, 16 inch

Teknologi Sistem Pengereman

ABS, EBD & BAS

Teknologi Safety Sasis

Advance High Strength Steel and Press Hot Stamping

Sistem Kemudi

Rack And Pinion, Motor Driven Power Steering (MDPS)

MESIN

Tipe

Smartstream, Gamma II, DOHC, Dual CVVT

Kapasitas Silinder

1,497 cc

Jumlah Katup

16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet per Silinder)

Tenaga Maksimum

113,5 HP (115 PS) @ 6.300 rpm

Torsi Maksimum

144 NM @ 4.500 rpm

Bore X Stroke

75.6 mm X 83.4 mm

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN KIA SONET 2021

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan KIA Sonet Active 2021:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Harga yang ditawarkan tergolong cukup terjangkau

Hanya tersedia transmisi manual

Fitur yang diberikan cukup mumpuni terutama head unit yang sudah monitor

Tidak ada varian 7 penumpang

Mesin cukup efisien dalam penggunaan bahan bakar

 

8. DAFTAR HARGA KIA SONET 2021

Menuju ke sektor harga KIA Sonet Active 2021, mobil ini ditawarkan dengan banderol harga Rp 204.000.000. Namun perlu diketahui, bahwa harga kadang terdapat perbedaan di dealer dekat dengan rumah Sobat karena beberapa faktor. Hanya saja perbedaannya tidak terlalu jauh, jadi kepastian harga di wilayah Sobat bisa menghubungi dealer terdekat.

9. VIDEO KIA SONET 2021

10. KESIMPULAN KIA SONET 2021

Bagi Sobat yang ingin membeli mobil compact SUV bisa memilih KIA Sonet. Terdapat beragam pilihan tipe, salah satunya adalah KIA Sonet Active 2021. Hanya saja untuk tipe ini hanya terdapat dalam transmisi manual saja. Tidak hanya itu saja, meskipun terdapat varian 7 penumpang namun pada tipe ini hanya diberikan varian 5 penumpang.

Mobil ini bisa digunakan untuk mendukung mobilitas sehari-hari baik di dalam kota ataupun menempuh perjalanan jauh. Dengan fitur cukup lengkap dan tampilan gagah menjadikannya sebagai kendaraan keluarga muda.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

Link Terpopuler

International