Review KIA Stinger 2017, Spesifikasi, Harga dan Gambar Lengkap

02/11/2017 Heri Susanto Review Kia

Meskipun segmen SUV dan MVP tengah naik daun, mobil sedan tetap menjadi opsi yang tak lekang oleh waktu. Hal tersebut bisa dilihat dari penjualannya yang tetap stabil, bagaimanapun kondisi pasar. Bercermin dari fakta tersebut, produsen asal Korea Selatan Kia, wujud Kia Stinger 2017. Stinger sendiri diproyeksikan untuk meramaikan persaingan di ranah sejenis sekaligus memberikan jawaban bahwa sedan produksi Kia belum sepenuhnya selesai dari peredaran. Silahkan baca tulisan review Kia Stinger 2017.

1. PENGANTAR

Gambar mobil Kia Stinger 2017 berwarna merah dilihat dari bagian depan sedang di pameran mobil di Indonesia

Kia Stinger 2017: Sedan Sport yang Siap Bersaing dengan Merek-Merek Kakap

Review Kia Stinger 2017 - Ajang pameran North American International Auto Show (NAIAS) 2017 yang berlangsung di Deteroit beberapa waktu lalu nampaknya dimanfaatkan betul oleh Kia untuk memamerkan Stinger ke publik. Dengan hadirnya Stigner, era baru pun dimulai. Kia nampak serius untuk berkompetisi dengan kompetitor macam  BMW, Audi, Lexus, Infiniti dan Mercedes-Benz di ranah mid-size luxury. Apakah dengan beragam spesigikasi yang ditawarkan Stringer bisa berkompetisi dengan merek-merek kakap tersebut? Well, hargamobil.com akan coba memaparkannya untuk Anda dengan tulisan review Kia Stinger 2017 ini.

2. EKSTERIOR

Karena siap bersaing dengan nama-nama besar, tentunya tampilan eksterior Kia Stinger 2017 haruslah mampu mencuri perhatian. Sadar akan hal tersebut, Kia coba memberikan sentuhan elegan dari sisi terluar mobil ini.

Gambar bagian depan mobil Kia Stinger 2017 berwarna merah sedang parkir di tempat yang gelap

Bagian depan

  • Desain bagian depan

Keeleganan Stinger dapat dilihat dari sisi depannya yang modern berkat kehadiran head lamp yang terlihat menyempit dan menjorok ke belakang. Lampu yang sudah menggunakan teknologi LED ini siap memberikan penerangan ekstra saat mobil dipacu dalam ruang gelap. Sementara pada sisi gril, Kia membenamkan kesan stylish dengan guratan garis yang nampak begitu soft. Tak lupa, identitas juga ditunjukan dengan menampilkan logo Kia di sisi tengah. Bagian bumper juga dibuat cantik dengan menyisipkan ruang udara yang mirip dengan sisi grill di bagian tengah. Sebagai pengganti fog lamp, disematkan pula ruang udara agar kesan aerodinamis dari mobil ini muncul.

Gambar mobil Kia Stinger 2017 berwarna merah dilihat dari sisi samping sedang parkir di tempat gelap

Mobil Kia Stinger 2017 dilihat dari sisi samping

  • Desain bagian samping

Sementara pada sisi samping, side skirt dengan desain memanjang di bagian pintu bawah dihadirkan agar tak menghadirkan kesan telanjang pada bagian ini. Untuk menambahkan kesan mewah, handel door layaknya mobil premium dihadirkan. Diluar dua hal tersebut, tak ada nilai tambah yang bisa dibicarakan lagi.

Mobil Kia Stinger 2017 berwarna merah dilihat dari bagian belakang sedang parkir di dekat seorang laki-laki berpakaian rapi

Bagian belakang Kia Stinger

  • Desain bagian belakang

Bergerak ke bagian belakang, kesan sporty dihadirkan lewat guratan lekuk aduhai plus stop lamp yang didesain menyipit. Sisi cantik juga dihadirkan melalui lampu kombinasi yang membentang di antara bagasi. Sebagai penutup, disematkan 4 knalpot bergaya racing lengkap dengan bumper berukuran sedang sebagai rumahnya. Secara overall, sisi terluar dari Stinger memang menawarkan kesan Sporty-Elegan yang mendalam. Siapapun yang melihat sisi eksteriornya dipastikan akan betah berlama-lama menatap keindahan yang disuguhkan Stinger.

3. INTERIOR

Keberadaan sisi luar yang memanjakan mata coba diimbangi Stinger dengan menampilkan kenyamanan layaknya sedan premium pada umumnya. Dengan memberikan warna hitam yang menyelimuti kabin, sisi interior Kia Stinger 2017 nampak menjadi lebih elegan. Namun, apalah arti elegan jika tak memiliki segudang fitur yang siap menunjang kenyamanan penumpang di dalam kabin.

Gambar bagian interior mobil Kia Stinger 2017 dengan kelengkapan fitur di dalamnya

Gambar bagian interior Kia Stinger

  • Dashboard

Untuk menterjemahkan hal itu, Kia menghadirkan berbagai panel dengan fitur canggih di bagian dashboard seperti LCD touchscreen berukuran cukup lebar yang telah tersemat berbagai fitur entertainment maupun infotaiment seperti MP3/MP4 Player, Navigation system dan lain sebagainya. Sebagai pelengkap, dihadirkan 3 lubang Ac untuk memberikan kesejukan ke seluruh ruang kabin. Keberadaan lubang Ac ini patut diacungi jempol karena desainnya yang cukup eye catching. Selain itu, tersemat pula berbagai tombol untuk mempermudah akses informasi di layar LED.

Gambar steering mobil Kia Stinger 2017 berwarna hitam

Bagian steering

  • Steering

Sementara pada sisi steering, fitur steering switch button dihadirkan agar pengemudi bisa mengakses berbagai fitur di bagian dashboard tanpa harus memindahkan tangan dari lingkar kemudi. Selain itu, tersemat pula layar MID yang siap memberikan berbagai informasi kendaraan seperti penggunaan bahan bakar, kecepatan, jarak tempuh, dan rpm dan lain sebagainya. Tak hanya fungsional, wujud dari MID ini juga memiliki background elegan layaknya sedan premium.

Gambar kursi belakang mobil Kia Stinger 2017

Bagian kursi

  • Jok

Dari sisi jok, Stinger menghadirkan kulit dengan kualitas premium yang nyaman untuk diduduki penumpang maupun pengemudi saat diharuskan menempuh perjalanan jauh. Selain itu, ruang-ruang kaki dan kepala yang dihadirkan juga cukup maksimal. Demi mempertebal kenyamanan, di bagian belakang juga tersemat dua lubang Ac yang siap menambah kesejukan apabila Ac bagian depan dirasa kurang memberikan kesejukan. Bahkan, untuk menambah rasa aman, kursi belakang juga sudah dilengkapi dengan seatbelt yang siap memproteksi penumpang agar tidak terpental saat terjadi benturan dari sisi depan.

4. FITUR

Gambar bagian dashboard mobil Kia Stinger dengan beberapa fitur di dalamnya

Fitur apa yang disemat di sedan mewah ini?

Tadi kita sudah membahas tentang desain eksterior dan interior Kia Stinger, sekarang kita masuk ke sebuah bagian yang sangat penting yaitu bagian fitur Kia Stinger 2017. Demi menunjang keamanan dan keselamatan penggunanya, sedan satu ini juga membekali diri dengan menyematkan berbagai fitur canggih yang siap memberikan proteksi ekstra. Berbagai fitur seperti pengereman Brembo vented Disc Brake dengan empat piston di bagian depan dan dua piston di bagian belakang siap memberikan pengereman maksimal. Tak hanya itu, sisi breaking juga diperkuat dengan kehadiran teknologi Autonomous Emergency Braking (AEB) yang siap memberikan kesempurnaan dalam pengereman.

Sekedar informasi, kehadiran fitur AEB juga akan memberikan pengereman yang cukup maksimal saat dibutuhkan. Namun di luar fitur pengereman tersebut, Kia selaku pabrikan masih belum membeberkan fitur apa saja yang tersemat pada mobil ini. hal tersebut dirasa wajar karena Stinger sendiri baru akan diluncurkan tahun depan. Artinya, tak menutup kemungkinan Stinger akan hadir dengan berbagai kejutan di sisi fitur keamanan dan keselamatannya.

5. OPERASI

sistem operasi mobil Kia Stinger 2017 dengan mesin 2.0L

Sistem operasi Kia Stinger

Sebagai mobil mewah yang sudah tentu memiliki mesin aduhai, tak lengkap rasanya jika sisi permesinan tak dibedah lebih lanjut. Untuk menunjang laju kendaraan, ada dua tipe mesin untuk Kia Stinger 2017 ini yakni mesin berkapasitas 2.0 liter dan 3.3 liter. Untuk mesin pertama, 2.0 liter, Stinger mampu menghasilkan tenaga hingga 255 Hp dan torsi puncak 260 lb-ft. Pada mesin kedua, teknologi Twin Turbo V6 disematkan guna memberikan tenaga yang cukup gahar. Dengan mesin tersebut, kia mampu mengeluarkan tenaga hingga 365 Hp dan torsi hingga 276 lb-ft. sebagai penggerak, Stinger mengandalkan transmisi automatic 5 8 percepatan dengan 5 mode berkendara. Kia sendiri mengklaim katalognya ini merupakan mobil ramah lingkungan. Meskipun demikian, pabrikan asal Korea Selatan ini masih merahasiakan sistem pembakarannya.

6. SPESIFIKASI

Demi mengetahui spesifikasi apa saja yang tersemat pada Stinger, ada baiknya jika kita membedah secara lebih rinci apa saja yang ditawarkan mobil ini. Silahkan melihat daftar spesifikasi Kia Stinger 2017 ini.

Mesin Kia Stinger

Seri mesin

2.0L Turbo Charged & 3.3L Twin Turbo V6

Valve System

DOHC D-CVVT 16V &  DOHC D-CVVT 24V

Tenaga Maksimum

255 hp @ 6,200 rpm & 365 hp @ 6,000 rpm

Torsi Maksimum

 380 Nm /2000 rpm & 500 Nm / 2000 rpm

Bahan Bakar

Bensin

Kubikasi

1,998 cc &  3,342 cc

Sistem Bahan Bakar

GDI (Gasoline Direct Injection)

Dimensi Kia Stinger

Panjang Keseluruhan

4831 mm

Lebar Keseluruhan

1869 mm

Tinggi Keseluruhan

1869 mm

Overhang

830 mm / 1094 mm

Kapasitas Tangki

TBA

Suspensi/Kaki-Kaki Kia Stinger

Suspensi Depan

MacPherson

Suspensi Belakang

Multi Link (5-link)

Tipe Kendali

Rock & Pinion

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Seberapapun mewahnya Stinger, mobil ini tak lepas dari kelebihan dan kekurangannya. Apa saja itu? Inilah beberapa kelebihan dan kekurangan Kia Stinger 2017 menurut hargamobil.com.

Kelebihan

Kekurangan

Mesin Cukup Luas

Kia Kurang Dikenal Sebagai Produsen Mobil Mewah

Fitur Interior Mumpuni

Terlalu Banyak Fitur yang Dirahasiakan

Harga Kompetitif

 

8. DAFTAR HARGA

Soal harga, ternyata Stinger bisa dibilang cukup kompetitif loh. Harga mobil mewah ini nyatanya masih berada di angka normal dan dirasa pas di kocek. Apakah penetapan harga ini merupakan strategi untuk memenangkan persaingan? Silahkan cek harga Kia Stinger 2017 di tabel bawah ini.

Tipe mobil

Harga Kia Stinger

Kia Stinger

mulai dari USD $40.000 (Rp 533 jutaan)

9. VIDEO

Untuk meredakan rasa penasaran anda terhadap mobil ini, hargamobil.com telah menyiapkan video Kia Stinger 2017 untuk anda. Selamat menyaksikan.

10. KESIMPULAN

Kia Stinger merupakan sedan yang dipersiapkan Kia untuk mendobrak pasar sedan mewah yang selama ini dikuasai oleh berbagai merek mewah. Untuk memenangkan persaingan, Stinger menyisipkan berbagai strategi seperti memantapkan sisi luar, melengkapi fitur interior serta menawarkan harga yang kompetitif bagi calon konsumennya. Lantas, apakah nantinya mobil ini mampu berbicara banyak? Entahlah.

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International