Spesifikasi Mobil KIA Sportage 2000 : SUV Petualang Dengan Bagasi Super Lega

19/04/2021 Abdul Review Kia

Mobil KIA Sportage 2000 hadir secara CBU masuk dalam segmen SUV. Dimana tampilannya terlihat gagah dan saat ini sulit untuk bisa mendapatkannya. Sebagai mobil tahun 2000-an tentunya dibandingkan dengan mobil saat ini tampilannya kalah, bahkan saat melihatnya akan tampak sebuah mobil jadul besutan dari KIA.

1. PENGANTAR KIA SPORTAGE 2000

Masuk dalam segmen SUV mobil ini hadir ke Indonesia dengan sistem CBU. Dimana pada awal kehadirannya mempunyai harga yang terbilang mahal karena berada di angka Rp. 240 jutaan. Sementara untuk generasi keduanya dibanderol dengan harga lebih murah dan sudah melalui sistem CKD yakni Rp. 180 jutaan. Untuk pemasaran dilakukan hingga tahun 2003 dan menjadi mobil yang langka untuk saat ini. Bahkan dikabarkan hanya tersedia 700 unit saja di seluruh Indonesia. Dimana 300 unit menggunakan transmisi manual dan 400 unit memakai transmisi otomatis.

Mobil ini dirancang untuk dapat digunakan off road sehingga kegagahan dan ketangguhan tampak pada tampilan eksteriornya. Dari segi kenyamanan terbilang cukup baik dengan fitur yang mumpuni di zamannya. Daripada penasaran, mari kita simak ulasannya.

2. EKSTERIOR KIA SPORTAGE 2000

Sisi Depan KIA Sportage 2000

Gambar ini menunjukkan bagian depan KIA Sportage 2000

Sisi depan tampak sederhana namun tetap terlihat tangguh

Pembahasan dimulai dari bagian depan, bentuk grill nya tampak unik dan juga kokoh dengan desain tebal sewarna bodi. Untuk headlamp menggunakan crystal multi reflektor. Sedangkan bumper dibuat menonjok yang membuat bagian bodi terlindung saat terjadi benturan dari arah depan. Belum ada aksen yang terlalu banyak di bagian depan, bahkan fog lamp juga tidak ada. Bahkan jika dilihat, fascia depannya terbilang tidak terlalu besar.

Sisi Samping KIA Sportage 2000

Gambar ini menunjukkan bagian samping dan depan KIA Sportage 2000

Ketangguhan tampak pada sisi ini dan siap temani petualangan pemiliknya

Ketika menuju ke bagian samping akan dihadapkan dengan tampilan yang gahar dan terlihat tangguh. Untuk handle pintu dan spion mobil didesain sewarna dengan bodi mobil. Di bagian atas terdapat roof rail yang bisa digunakan untuk menempatkan roof box ataupun roof rack. Terdapat over fender dipadukan dengan velg mobil mempunyai desain yang cukup unik dengan ukuran 15 inci. Meskipun keluaran tahun 2000-an, namun pada bagian window lane menggunakan aksen warna krom.

Sisi Belakang KIA Sportage 2000

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil KIA Sportage 2000

Sisi belakang tampak sederhana namun tetap gagah

Menuju ke sektor belakang, dimana untuk bagian atas sendiri ada rear spoiler dengan High Mount Stop lamp dan kaca belakang sudah mendapatkan rear defogger. Rear wiper tak luput diberikan didekat logo KIA. Sedangkan di bagian kanan ada emblem tulisan Sportage dan handle pintu belakang sewarna dengan bodi masih menggunakan kunci kontak untuk membukanya. Bagian lampu belakang menggunakan crystal multi reflektor dipadukan dengan bumper belakang yang dibuat menonjok menunjukkan kegagahan yang dimiliki. Sisi bumpernya terdapat rear fog lamp pada sisi kanan dan kiri.

>>> Lihat Juga:

3. INTERIOR KIA SPORTAGE 2000

Dashboard dan Kemudi Mobil KIA Sportage 2000

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil KIA Sportage 2000

Fitur mumpuni di zamannya dapat memberikan kenyamanan dan kesenangan berkendara

Di bagian kabin akan dihadapkan dengan kenyamanan dan cukup menarik. Untuk dashboard mengandalkan bahan soft touch dengan sisi kanan kemudi ada pengaturan headlamp leveling dan tombol foglamp belakang. Di bagian permukaan dashboard dibuat cekung yang bisa dipakai untuk menempatkan barang tipis supaya tidak menghalangi pandangan pengemudi. Pada sisi ini terdapat jam digital yang bisa menunjukkan informasi waktu saat perjalanan.

Pada sisi tengahnya ada kisi-kisi AC mobil dan pengaturan AC dengan arah semburan yang lengkap. Di bawahnya ada head unit, di mana kala itu merupakan salah satu fitur yang mumpuni.  Sisi kiri dashboard terdapat ruang penyimpanan tertutup. Kemudi mobil menggunakan model 4 palang yang sudah dibekali dengan airbags. Pengaturan setirnya masih fix, jadi tidak bisa diatur maju mundur atau naik turun.

Jok Mobil KIA Sportage 2000

Gambar ini menunjukkan jok mobil KIA Sportage 2000

Jok nyaman dan busanya tebal

Di bagian jok mobil menggunakan bahan fabric yang nyaman ketika diduduki. Pengaturan jok kemudi terbilang standar, namun belum diberikan pengaturan height adjuster. Sementara kabin belakang mempunyai leg room dan head room yang lega. Dengan begitu kenyamanan akan bisa dirasakan baik pengemudi, penumpang depan dan penumpang belakang. Dimana headrest penumpang belakang ini didesain fix dan bagian kiri kanan jok bisa dijadikan armrest.

Bagasi KIA Sportage 2000

Salah satu kelebihan mobil ini adalah bagasinya yang sangat lega. Di bawah lantai bagasi terdapat ban serep, sedangkan pada sisi kanan dan kirinya terdapat ruang penyimpanan yang bisa dijadikan sebagai tempat toolkit dan hal lainnya.

>>> Baca Juga:

4. FITUR KIA SPORTAGE 2000

Salah satu fitur yang cukup modern pada mobil KIA Sportage 2000 adalah kuncinya yang sudah menggunakan Immobilizer. Dengan begitu keamanan kendaraan bisa lebih meningkat berkat hal tersebut. Fitur lain yang diberikan di dalamnya adalah headlamp leveling yakni mengatur ketinggian lampu mobil yang bisa disesuaikan dengan kondisi jalan yang dilewati. Power window juga sudah diberikan sehingga lebih mudah ketika membuka dan menutup jendela.

Gambar ini menunjukkan kemudi mobil KIA Sportage 2000

Pengemudi sudah mendapatkan SRS Airbag untuk keselamatan

Yang menarik adalah mobil besutan KIA ini sudah diberikan SRS Airbag yang ditempatkan pada bagian kemudi mobil. Dengan begitu ketika mobil mengalami benturan dapat mengurangi resiko cedera yang dialami pengemudi mobil.

>>> Review Mobil KIA Sedona 2016 Indonesia: Mobil MPV Premium Dengan Fitur Mumpuni

5. OPERASI KIA SPORTAGE 2000

Gambar ini menunjukkan mesin mobil KIA Sportage 2000

Mesin bertenaga mengingat mobil ini siap untuk lintasi segala medan

Di bagian sektor performa menggunakan 4 silinder dengan kapasitas mesin 2.000 cc. Tenaga maksimal yang dapat dihasilkan oleh mesin KIA Sportage 2000 adalah 128 Hp. Bahkan ada yang menginfokan bahwa part pada mesin mempunyai kesamaan yang cukup banyak dengan Mazda MX6. Kap mesin sudah dicat sewarna bodi dan mendapatkan peredam. Dengan begitu kekedapan kabin bisa lebih maksimal saat mengendarai mobil besutan KIA ini terutama dari arah mesin mobil.

>>> Mungkin Tertarik Dengan Review KIA Carens 2017 Yang Merupakan Mobil MPV Cocok Untuk Kendaraan Keluarga

6. SPESIFIKASI KIA SPORTAGE 2000

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi mobil KIA Sportage 2000:

DIMENSI

Panjang

4.745 mm

Lebar

1.635 mm

Tinggi

1.855 mm

Wheelbase

2.650 mm

HANDLING

Ukuran Velg

15 inci

Rem Depan

Cakram

Rem Belakang

Tromol

MESIN

Mesin

4 Silinder

Kapasitas

2.000 cc

Tenaga Maksimal

128 Hp

Sistem Bahan Bakar

Injeksi

Transmisi

Otomatis 4 Speed
Manual 5 Speed

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN KIA SPORTAGE 2000

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil KIA Sportage 2000:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Bagasi sangat lega

Umur sudah tua

Fitur yang diberikan cukup mumpuni di zamannya

Sulit untuk mendapatkan mobil dalam kondisi yang istimewa

Tampilan gagah dan gahar

 

8. DAFTAR HARGA KIA SPORTAGE 2000

Sebagai mobil keluaran tahun 2000 tentunya terbilang jadul. Hal tersebut karena umurnya yang sudah lebih dari 20 tahun. Nah bagi Sobat yang ingin membeli mobil ini, harga KIA Sportage 2000 berada di angka Rp. 50 jutaan. Harga tersebut sesuai dengan kondisi mobil, apalagi dengan umurnya segitu tentu ketika berniat membeli perlu dilakukan pengecekan dengan seksama dan teliti. Usahakan mendapatkan mobil dengan eksterior yang masih mulus, interior masih baik dan mesin tidak rewel. Memang untuk mendapatkan mobil dengan umur segitu semuanya ori memang sulit. Namun salah satu yang bisa menjadi perhatian adalah perawatan, apabila mobil terawat dengan baik maka kondisinya akan tetap maksimal.

9. VIDEO KIA SPORTAGE 2000

10. KESIMPULAN KIA SPORTAGE 2000

Mobil yang berumur 20 tahun lebih memang bisa menjadi incaran, namun sebaiknya memperhatikan kondisinya baik eksterior, interior dan mesinnya. Memiliki mobil tua jika kondisinya baik dan tidak rewel tentunya akan memiliki kesenangan tersendiri. Apalagi Sobat pecinta mobil klasik, maka mempunyai kendaraan tua menjadi salah satu hal yang bisa menghadirkan kesan tersendiri. KIA Sportage 2000 bisa digunakan untuk menerjang jalanan segala medan sehingga dapat diajak berpetualang ke tempat yang diinginkan.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International