Review Kia Picanto 2017: Si Mungil Yang Siap Temani Aktivitas Anda

21/07/2018 Metodius Getan Review Kia

Kehadiran Kia Picanto, city car buatan pabrikan dari Korea menjawab keinginan masyarakat akan kendaraan roda empat yang nyaman dan aman untuk dipakai bekerja ataupun kegiatan sehari-harinya. Dengan mengusung konsep city car, mobil ini sempat menjadi market leader kelas city car saat peluncuran perdananya dan mampu bersaing dengan mobil pabrikan dari Jepang maupun Eropa yang telah dikenal lama oleh masyarakat.

1. PENGANTAR

Review Kia Picanto 2017 - Kia Picanto pertama kali diluncurkan pada tahun 2005 untuk segmen pasar city car dan masuk ke pasar otomotif Indonesia pada tahun 2007. Mobil besutan negeri ginseng ini dihadirkan dengan bentuk yang mungil dan simple yang sangat cocok untuk digunakan pada jalanan daerah perkotaan padat dan macet. Ditambah dengan harganya yang terbilang cukup murah pada kelasnya. Sehingga mobil ini mampu bersaing  dengan mobil lainnya seperti Toyota Yaris dan Honda Jazz yang dianggap masih terlalu mahal. Disamping itu, Kia Picanto telah dilengkapi dengan beberapa fitur interior yang nyaman dan memiliki ruang kaki yang lega bagi penumpangnya. Kali ini, kami akan review Kia Picanto 2017 yang merupakan generasi kedua KIA di Indonesia, apa saja yang menjadi kekhasan dari mobil ini, mari simak pembahasan Hargamobil.com berikut.

2. EKSTERIOR

Mungil, compact dan simple merupakan ciri khas yang mewakili tampilan keseluruhan dari mobil ini. Dimensinya yang kecil dan hemat tempat memang sangat sesuai untuk kategori model city car. Simak lebih detail review tentang KIA Picanto 2017.

  • Review Kia Picanto 2017: Sisi Depan

Kia Picanto 2017 Mendapat Kesan Cantik Dari Depannya

Picanto Dari Sisi Depan

Dilihat dari sisi depan, KIA Picanto dikemas dengan desain yang elegan dan sporty. Namun tidak meninggalakan kesan mungil dan manis yang merupakan karakter dari mobil ini. Kesan sporty dapat terlihat dari grill depan yang berpadu dengan head lamp yang berukuran besar dan bumper yang memiliki ukuran besar yang sama. Ukuran lampu depan yang besar terlihat tidak proporsional dengan kap mesin yang pendek. Terdapat pula fog lamp sebagai pelengkap dari wajah depan mobil.

  • Review Kia Picanto 2017: Sisi Samping

Bagian Samping Kia Picanto 2017 Terlihat Proporsional

Sisi Samping Picanto

Dari bagian samping, mobil ini terlihat pendek dengan ground clearance yang pendek pula.  Untuk bodi secara keseluruhan cukup proposional dengan menggunakan velg berukuran 14 inci dan ukuran ban 165/60. Kesan tegas juga diperlihatkan pada lekukan garis tegas pada samping mobil yang memanjang dari garis depan ke belakang.

  • Review Kia Picanto 2017: Sisi Belakang

Bagian Belakang Kia Picanto 2017 Dengan Lampu Menyiku

Tampak Belakang Dari Picanto 2017

Sisi belakang mobil ini dilengkapi dengan lampu belakang yang lebih menyiku dan knalpot dengan twin tailpipe. Bodi bagian belakang mobil KIA Picanto juga dibentuk lebih boxy dengan rear wiper pada bagian belakangnya. Sama seperti pada Ford Ecosport, lampu mundur mobil ini hanya ada di satu sisi saja dan pada sisi lainnya dari bumper belakang terdapat sebuah foglamp merah. Hal ini menambah kesan sporty dan elegan dari KIA Picanto.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR

  • Review Kia Picanto 2017: Kabin dan Kursi

Kia Picanto 2017 Dengan Kabin Yang Nyaman

Kursi Kia Picanto

Saat kita memasuki kabin, kenyamanan begitu terasa pada bagian jok mobil yang bergaya eropa dengan kualitas bahan baku yang tinggi dan pengerjaannya yang rapi. Mobil KIA Picanto didesain untuk kapasitas lima orang penumpang. Mobil ini termasuk cocok untuk anak muda, pasangan ataupun keluarga kecil. Pengaturan jok yang diberikan pada mobil ini terlihat luas pada baris depan sedangkan untuk baris belakang kabin terasa sempit sehingga tidak nyaman bila di tempati oleh orang yang memiliki badan besar atau tinggi. 

  • Review Kia Picanto 2017: Dasboard

Dominasi Warna Hitam Pada Dasbor Kia Picanto 2017

Dasbor Kia Picanto

Pada bagian dashboard, mobil ini telah dilengkapi dengan beberapa tombol pengaturan AC  serta head unit yang telah disupport dengan USB, CD dan AUX yang masih dioperasikan secara manual. Terdapat pula spedometer dan tacometer yang menghiasi dashboard dengan desain yang modern.  Selain itu, terdapat juga fitur audio control switch pada steering wheel.

  • Review Kia Picanto 2017: Bagasi

Mobil city car yang satu ini memang sedikit memiliki masalah pada bagian bagasinya yang terbilang sempit. Dimensi mobil yang mungil juga ikut mempengaruhi ruang dari bagasi mobil. Anda hanya perlu untuk memilih barang yang dianggap penting dan dibutuhkan untuk disimpan dibagasi tanpa harus membawa banyak barang yang volumenya besar.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

4. FITUR

Hatchback sekelas KIA Picanto dengan harga yang murah ini, dibekali dengan fitur safety yang cukup lengkap, diantaranya terdapat SRS Airbag, Anti-lock Breaking System (ABS),  Straight Line Stability (SLS),  Forward collison warning system (FCWS), autonomous braking, pengereman ESC dan Hill Start Assist. Tak lupa juga terdapat juga seat belt yang didesain rapi untuk keselamatan dan keamanan penumpang dan pengendara di dalam mobil. Untuk keamanan yang lebih dari mobil KIA picanto sudah dilengkapi dengan sensor canggih yang sangat memebatu seperti sensor parkir dan crash sensor. Sistem keamanan Child Lock juga membantu memberikan keamanan bagi pengendara yang membawa anak kecil sewaktu dalam perjalanan.

>>> Klik sini untuk simak review mobil Kia lainnya

5. OPERASI

Kia Picanto 2017 Dibekali Mesin 1.2L Dual CVVT DOHC

Mesin Kia Picanto

KIA Picanto yang dijual di tanah air mengandalakan mesin 1.2L Dual CVVT DOHC dengan sistem bahan bakar Electronic Fuel Injection(EFI). Jenis mesin yang digunkana ini mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 87 ps pada putaran mesin 6000 rpm dan torsi tertinggi sebesar 103 Nm pada putaran 4000rpm. Mobil ini menggunakan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

>>> Dapatkan informasi terlengkap tentang mobil-mobil lainnya dengan klik sini

6. SPESIFIKASI

Detail spesifikasi lengkap dapat Anda lihat di tabel bawah ini.

Dimensi

P x L x T

3595 mm x 1595 mm x 1490mm

Whellbase

2385 mm

Kapasitas tempat duduk

5 orang

Jarak pijak depan/belakang

1455/1465

Mesin

Tipe

1.2 Dual CVVT DOHC

Sistem

Direct diesel Injection

Kapasitas mesin

1248 cc

Tenaga maksimal

87 Ps @6000 rpm

Torsi maksimal

103 Nm @4000 rpm

Ban dan Pelek

Ukuran

165/60 R16

Wheel type

Alloy 16 inci

Safety

SRS Airbag

Pengemudi dan penumpang depan

ABS

Ada

EBD

Tidak Ada

BA

Tidak Ada

Hill Start Assist

Ada

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Dibawah ini merupakan beberapa kelebihan dan kekurangan KIA Picanto 2017.

Kelebihan

Kekurangan

Bentuk yang unik

Kabin sempit pada baris kedua

Konsumsi BBM irit

Bagasi kurang lapang

Transmisi halus dan handling yang bagus

Pengaturan ketinggian jok pengemudi yang tidak ada

Lincah dan praktis

 

8. DAFTAR HARGA

Beberapa harga KIA Picanto yang diluncurkan pada tahun 2017?

Tahun

Harga

All New Picanto 1.0 LX MT

Berkisar Rp 154.000.000,-

All New Picanto 1.0 LX AT

Berkisar Rp 169.000.000,-

9. VIDEO

10. KESIMPULAN

Kemunculan awal mobil ini sebagai market leader untuk kategori city car sebenarnya mampu memberikan harapan besar bagi mobil KIA Picanto sebagai jenis city car. Ditambah dengan harga yang bisa dijangkau masyarakat menengah. Perlunya facelift atau penyegaran baru dari mobil ini mungkin akan mendobrak lagi penjualannya yang semakin menurun. Terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang dimiliki mobil ini, yang pastinya KIA Picanto 2017 dapat menjadi pilihan Anda yang menginginkan mobil yang layak untuk digunakan sehari-harinya di daerah perkotaan.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International