Review Toyota Camry 2002 : Mobil Mewah Bekas Yang Masih Layak Dimiliki

30/03/2019 Fatchur Sag Review Toyota

Punya mobil mewah berstatus second sudah menjadi trend di sebagian kalangan masyarakat. Selain mobil yang nyaman, budget yang dikeluarkan buat membeli juga tidak terlalu besar seperti saat membeli mobil baru. Nah, jika Anda tertarik beli mobil bekas, Anda bisa memasukkan Toyota Camry 2002 ke dalam list calon mobil bekas pilihan Anda.

1. PENGANTAR TOYOTA CAMRY 2002

Review Toyota Camry 2002 - Sejak 1982, pabrikan Toyota merilis mobil yang dinamainya Camry. Mobil ini diletakkan di atas Toyota Corona, sehingga masuk ke dalam kasta mobil kelas menengah ke atas. Awalnya, Camry yang dipasarkan di Amerika hanya dibekali mesin 1.8 L dan 2.0 L (91 HP) dan 2.0 L (74 HP).

Penjualan mobil Toyota Camry di Indonesia tidak secemerlang negara-negara lainnya. Hal ini kemungkinan besar sebagai impact dari krisis keuangan tahun 1997/1998. Pun demikian, sekitar 13-17 tahun kemudian, mobil ini banyak dicari para pecinta otomotif tanah air.

Foto Toyota Camry 2002 tampak samping depan

Meski mobil keluaran lama, mengendarai Toyota Camry 2002 masih bisa tampil prestise

Hal ini dikarenakan harga beli mobil Toyota Camry generasi terbaru mahal, bisa mencapai ratusan juta rupiah, sedangkan Toyota Camry generasi kelima yang diproduksi tahun 2002-2006 lebih miring harganya. Anda bisa mendapatkannya dengan harga puluhan juta saja.

Para pecinta mobil sedan yang belum memiliki bujet untuk membeli mobil sedan seharga ratusan juta bisa memilih Toyota Camry 2002 sebagai alternatif. Dengan mobil sedan kelas premium ini, Anda tetap dapat tampil prestise saat mengendarainya untuk menemui seseorang – klien, pacar, atau calon mertua.

Sebelum memutuskan membeli sedan premium ini, Anda sebaiknya melihat informasi tentang mobil Toyota Camry 2002. Mulai dari spesifikasinya, fitur-fiturnya, penampilannya, hingga kelebihan dan kekurangannya. Lagipula, ada dua tipe Camry keluaran tahun 2002-2006 dengan mesin 2.4 G dan mesin 3.0 V.

2. EKSTERIOR TOYOTA CAMRY 2002

Secara keseluruhan tampilan eksterior Toyota Camry 2002 sangatlah cantik dan memang memberi kesan mewah pada siapapun yang memandangnya. Hal ini karena Toyota membuat desain mobil ini dengan gaya Eropa. Cocoklah digunakan bos-bos berduit.

Review Toyota Camry 2002 : Bagian Depan

Foto Toyota Camry 2002 berwarna putih dilihat dari sisi depan

Tampilan depan Toyota Camry 2002 tak ada sudut yang terlalu kaku

Tidak bisa dipungkiri bagian moncong Toyota Camry 2002 sangat elegan. Anda takkan menemui sudut yang terlalu kaku, dalam artian kotak, pada mobil ini. Semua melengkung. Bagian grill mobil ini berbentuk trapesium terbalik dengan sudut-sudut yang tidak kaku, dimana Anda akan melihat logo khas Toyota. Grill ini terbagi menjadi kotak 6 bagian dan 4 fred memanjang.

Sementara itu bentuk head lamp juga terlihat cantik. Pernah lihat manga atau animasi Jepang? Nah, head lamp yang dimiliki Toyota juga berbentuk seperti itu. Tampak besar di kedua sisi.

Sedang bemper tampak pas menyatu dengan grill dan head lamp. Bagian bemper juga terdapat grill di bawah plat nomor dan lampu kecil. Overall, bagian bodi depan Toyota Camry 2002 memang memiliki kesan mewah.

Review Toyota Camry 2002 : Bagian Samping

Gamabr menunjukkan desain mobil Toyota Camry 2002 dilihat dari sisi samping

Tampilan samping Toyota Camry 2002, aerodinamis

Pada desain sampingnya, Anda akan melihat jika Toyota Camry 2002 akan terlihat aerodinamis betul. Namun, tetap cantik, khususnya bagian lekukan garis di pintu (depan dan belakang) yang makin mempertegas sisi elegan mobil ini.

Review Toyota Camry 2002 : Bagian Belakang

Foto Toyota Camry 2002 dilihat dari tampak belakang

Tampilan belakang Toyota Camry 2002 nampak sangat sederhana

Dari sisi belakang Toyota Camry 2002, Anda akan menemukan pintu bagasi dan bemper tetap masih cocok dengan tampilan depan dan sampingnya. Pada bagian bempernya, Anda akan melihat seperti bagian depannya, sangat rapi sehingga tidak terlihat bagian sambungannya.

>>> Baca juga:

3. INTERIOR TOYOTA CAMRY 2002

Review Toyota Camry 2002 : Kabin

Gamabr menunjukkan desain ruang kabin Toyota Camry 2002

Kabin Toyota Camry 2002 terasa sangat lega untuk ukuran sedan

Ruang kabin mobil ini bisa dibilang terlega di kelasnya dengan tingkat kedap yang cukup baik. Pelapis yang digunakannya adalah softpad, hard plastik, dan kulit imitasi. Semua terpasang rapi, sehingga mampu menghadirkan kesan yang mewah. Ruang kabin juga memiliki kompartemen penyimpanan, baik di sisi pintu maupun di tengah bagian depan. Plafon atap mobil pun cukup tinggi, setidaknya tidak membuat kejedot kepala orang Indonesia yang punya tinggi 180-an ke atas.

Review Toyota Camry 2002 : Dashboard dan Setir

Foto bagian dashboard Toyota Camry 2002

Toyota Camry 2002 punya setir dengan desain aneh di bagian tengah

Sementara itu, bagian dashboard dilapisi softpad dengan kualitas empuk dan plastik keras di bagian bawahnya. Tampilan speedometer memang terkesan biasa (polos), tapi tetap fungsional dan enak dilihat. Pada zamannya desan seperti ini sudah masuk mewah.

Review Toyota Camry 2002 : Kursi/Jok

Gamabr menunjukkan bagian jok mobil Toyota Camry 2002

Kursi Toyota Camry 2002 terbuat dari material berkualitas

Ada empat kursi/jok yang disediakan Toyota Camry 2002 – dua di depan dan dua di belakang. Kursi diberi lapisan kulit asli, tapi bagian yang jarang tersentuh diberi kulit sintetis (samping dan belakang). Sementara itu busa terasa empuk dan berbau seperti kulit asli.

Review Toyota Camry 2002 : Bagasi

Gambar menujukkan desain ruang bagasi Toyota Camry 2002

Bagasi Toyota Camry 2002 cukup buang membawa barang bawaan sekeluarga

Toyota Camry 2002 memiliki ruang bagasi yang luas. Maklum saja, mobil sedang memang memiliki moncong ke belakang yang memang dimanfaatkan untuk ruang bagasi barang-barang. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi meletakkan barang bawaan di kabin mobil, karena ruang bagasi pun sudah sanggup melahap banyak barang.

>>> Baca juga:

4. FITUR TOYOTA CAMRY 2002

Review Toyota Camry 2002 : Fitur keselamatan

Foto kunci kontak Toyota Camry 2002

Sudah ada fitur Cruise Control pada Toyota Camry 2002

Mobil mewah ini telah dibekali fitur keamanan agar tidak jalan jika tidk terpasang kunci yang disebut "Theft  deterrent  system / engine immobilizer  system  indicator  light". Fitur keamanan ini ditambah dengan tilt  steering  lock  release  lever, Parking  brake  lever, Traction  control  system  off  switch, dan lain-lain.

Review Toyota Camry 2002 : Fitur kenyamanan dan hiburan

Foto fitur audio Toyota Camry 2002

Selain sistem audio mewah di zamannya, Toyota Camry 2002 juga dilengkapi fitur kenyamanan sunroof

Fitur kenyamanan dan hiburan yang ditawarkan Toyota Camry 2002 cukup lumayan. Dimana sudah tersedia, electric  moon  roof  switch, pengunci pintu dan penutup jendela elektrik yang terintegrasi di pintu pengemudi, AC, audio, penangkal panas, dan lain-lain.

>>> Review Toyota Camry Hybrid 2017 Indonesia, Harga Dan Spesifikasi Lengkap

5. OPERASI TOYOTA CAMRY 2002

Gamabr menunjukkan desain bagian mesin Toyota Camry 2002

Mesin Toyota Camry 2002 berkapasitas besar dengan konsumsi bahan bakar juga besar

Tahun 2002, Toyota merilis generasi kelima Camry untuk melanjutkan kedigdayaan brand sedan menengah ke atasnya di pasar internasional. Tipe mobil yang dirilis berbeda-beda di beberapa negara. Pasar otomotif Indonesia kebagian Camry versi 2.4 G (sistem transmisi manual) dan Camry versi 3.0 V (sistem transmisi otomatis).

Dua tipe tersebut menempati segmen mobil kelas menengah ke atas. Meskipun sama-sama ditujukan untuk segmen premium, kelas Camry 2.4 G berada di bawah kelas Camry 3.0 V. Perbedaan nyata yang terlihat dari mesin dan beberapa fitur.

Soal keiritan, dalam kondisi normal, mobil ini bisa menempuh jarak 7 kilometer dengan seliter bensin di jalanan biasa (1:7) dan sekitar 9 kilometer dengan seliter bensin (1:9) di jalanan bebas hambatan. Cukup irit. Meskipun tidak terlalu irit betul, mengingat mesin yang dimiliki cukup besar.

6. SPESIFIKASI TOYOTA CAMRY 2002

Spesifikasi Suzuki Sidekick 1996

Jenis

Sedan

Tipe

XV30

Mesin

2.4 L dan 3.0-liter V6

Bore X Stroke

75.0 X 90.0 mm

Transmisi

5-speed automatic

Wheelbase

2,720 mm

Panjang

4,805 mm

Lebar

1,795 mm

Tinggi

1,480 mm

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA CAMRY 2002

Kelebihan

Kekurangan

Mobil keeleganannya. Jika memang dilihat dari luar, tampaknya tawaran tersebut akan langsung berhasil memikat para otomotif mania. Semuanya bagus – dari bentuk, warna, dan desain.

Model setir yang aneh, dimana terdapat tombol pengatur suhu AC. Fitur itu tidak lazim di dunia otomotif.

Bagian dalam mobil ini juga menawarkan kesan lapang yang mewah. Anda akan merasa lega berada di mobil ini, sehingga perjalanan yang Anda lakukan terasa nyaman dan premium.

Pegangan setir yang terbuat dari kayu sangat kecil, sehingga tidak nyaman digenggam. Kesulitan membunyikan klakson yang biasa tersedia di bagian setir menjadi kendala tersendiri untuk pengemudi.

Bahan-bahan pelapis interior berkualitas.

Tidak cocok untuk dibuat kebut-kebutan. Artinya, ketika Anda diburu waktu, maka pilihan mengendarai mobil secara ngebut tidak bisa dilakukan. Pasalnya, baik pengemudi maupun penumpang akan terasa mual.

Memiliki peredam kabin yang bagus. Dengan begitu, pengemudi dan penumpang akan nyaman berada di dalam kendaraan.

Mobil akan terasa goyang dan melayang bila dipaksakan melaju dengan kecepatan tinggi. Kecepatan paling enak adalah 100-120 km/jam.

8. DAFTAR HARGA TOYOTA CAMRY 2002

Versi baru dari Toyota Camry 2002 sudah tidak lagi dijual. Namun versi bekasnya masih bisa Anda temukan di berbagai situs jual beli mobil dengan harga yang cukup bervariatif, diantaranya sebagai berikut.

TIPE

HARGA

2002 Toyota Camry 2.4 G

Rp 70.000.000

2002 Toyota Camry 3.0 V

Rp 60.000.000

Harga di atas hanya referensi yang tertera di salah satu situs jual beli mobil dan bukan harga paten. Harga riilnya bisa berbeda tergantung faktor yang mempengaruhi seperti kondisi mobil, jarak tempuh, riwayat perawatan dan sebagainya.

>>> Jangan lupa klik sini untuk cek harga mobil Toyota Camry semua tipe

9. VIDEO TOYOTA CAMRY 2002

10. KESIMPULAN TOYOTA CAMRY 2002

Dari uraian yang sudah disebutkan di atas mengenai mobil, apakah Anda tertarik untuk meminangnya? Tunggu dulu. Ada saran dari kami yang perlu Anda perhatikan, karena usia Toyota Camry periode 2002-2006 sudah tidak muda lagi.

Di dunia otomotif, mobil yang sudah berusia sepuluh tahunan lebih itu sudah disebut tua. Tapi yang tua belum tentu usang. Hal ini tergantung dari keapikan pemilik sebelumnya, apakah ia merawat mobilnya dengan baik atau tidak. Beberapa pemilik mobil merek ini, yang baik perawatannya, bagian interior maupun eksteriornya bakalan masih terlihat segar.

Foto Toyota Camry 2002 tampak dari samping

Dalam kondisi terawat, Toyota Camry 2002 masih layak untuk dimiliki

Selain soal desain interior dan eksterior, hal yang paling mendasar adalah soal mesin. Anda perlu memeriksa, jika memungkinkan bawa orang yang paham soal mesin, untuk mengecek apakah mesin masih bagus. Jika ternyata mesin masih bagus, maka Anda bisa lanjut memeriksa bagian lainnya.

Umum terjadi jika mesin mobil tua seperti ini akan mengalami kebocoran di sekitaran cover timing chain dan cover valve. Pasalnya seal-seal di bagian ini mulai mengerasnya. Di samping itu, sistem suspensi yang sudah jelek akan menimbulkan bunyi-bunyian. Dan kondisi setir yang mulai tidak beres dan tidak ada gaya puntirnya juga akan memunculkan bunyi yang tidak mengenakkan waktu dikendarai.

Nah, jika semua bagian sudah Anda cek, maka sudah menjadi keputusan Anda, apakah jadi membeli atau tidak. Bukan tidak mungkin Anda membeli harga murah tapi barang rongsokan, dan perlu diperbaiki dengan bujet yang lebih mahal lagi. Tidak mau kan seperti itu?

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer