Review All New Toyota Corolla 1.6 S-Cruise 1996: Termewah Di Masanya Dengan Logo Warna Emas

15/03/2019 Fatchur Sag Review Toyota

Dari dulu mobil-mobil besutan Toyota memang diminati masyarakat di tanah air, termasuk All New Toyota Corolla 1.6 S-Cruise 1996. Mobil ini tak bisa dilupakan begitu saja. Dalam keadaan “normal”, mobil gaek ini bisa melebihi kemampuan mobil generasi terbarunya. Jika Anda berpikir untuk memasukkan All New Toyota Corolla 1.6 S-Cruise 1996 sebagai calon mobil bekas impian, sebaiknya Anda kenalan dulu lebih dekat dengannya!

1. PENGANTAR ALL NEW TOYOTA COROLLA 1.6 S-CRUISE 1996

Review All New Toyota Corolla 1.6 S-Cruise 1996 - Toyota Corolla merupakan satu dari sekian banyak produk Toyota di segmen sedan. Produk ini telah diperkenalkan pada 1966. Sejak 1974-1997, mobil ini menjadi salah satu mobil sedan compact terlaris di dunia. Bagaimana kemunculannya?

Mobil Corolla sudah dirilis tahun 1966. Dua tahun kemudian, mobil ini baru dipasarkan di kancah internasional. Tipe yang dirilis adalah Corolla 2K 1100 CC (KE 10) untuk tipe sedannya. Sejak itu, hampir tiap empat tahun sekali, Toyota merilis Corolla generasi baru.

Foto Toyota Corolla 1966 - Generasi pertama Toyota Corolla yang dipasarkan di Jepang

Toyota Corolla 1966, generasi pertama yang jadi cikal bakal dari seluruh seri Toyota Corolla hingga saat ini

Mobil Toyota Corolla yang mau kita bahas kali ini berasal dari generasi kedelapan yang dirilis tahun 1996. Indonesia kebagian produk Corolla 1996 bermesin 4A-FE (AE111/AEB109 dan dikenal sebagai All New Corolla). Produk ini memiliki tiga variasi 1.6 XLi, 1.6 SE-G, dan 1.6 S-Cruise.

Corolla masuk ke dalam strata kelas mobil mewah di masanya. Seperti kami sebutkan di awal, meskipun Corolla 1996 sudah tergolong tua, tapi masih banyak orang yang mencarinya. Terlebih untuk All New Toyota Corolla 1.6 S-Cruise 1996 yang merupakan tipe tertinggi dari Toyota Corolla 1996

Sebelum memutuskan membeli All New Toyota Corolla 1.6 S-Cruise 1996, ada baiknya Anda membaca informasi berikut ini. Dengan begitu, Anda akan mengetahui spesifikasinya, fiturnya, penampilan, dan kelebihan-kekurangannya.

2. EKSTERIOR ALL NEW TOYOTA COROLLA 1.6 S-CRUISE 1996

Review All New Toyota Corolla 1.6 S-Cruise 1996 : Bagian Depan

Foto All New Toyota Corolla 1.6 S-Cruise 1996 yang masih sangat terawat

Dilihat dari depan bentuk All New Toyota Corolla 1.6 S-Cruise 1996 masih sederhana

Eksterior yang dimiliki mobil ini terkesan tua, khususnya bagian cat dan desainnya, yang tampak kurang istimewa. Grill-nya berbentuk trapesium terbalik yang memiliki garis tegas memanjang, dimana logo Toyota terpasang di bagian tengahnya. Logonya berwarna gold cukup istimewa sebagai penanda kalau All New Toyota Corolla 1.6 S-Cruise 1996 adalah tipe tertinggi dari All New Toyota Corolla 1996. Head lamp terlihat kotak berdampingan dengan lampu sein di sisi luar, benar-benar terasa kesan oldies-nya. Kesan tua ini makin tambah terlihat ketika kita memperhatikan bagian bempernya yang memiliki warna berbeda dengan cat keseluruhan mobil ini.

Review All New Toyota Corolla 1.6 S-Cruise 1996 : Bagian Samping

Foto sticker Twin Cam pada All New Toyota Corolla 1.6 S-Cruise 1996 yang menunjukkan identitas kendaraan

Ada sticker Twin Cam 1.6 EFI yang menunjukkan identitas kendaraan

Sisi samping mobil ini tidaklah istimewa. Mobil justru terkesan biasa saja. Padahal, masuk ke dalam kasta mobil kelas menengah ke atas, tapi begitulah. Satu-satunya penolong yang membuat kesan sisi samping tidak datar hanya garis besar yang menonjol dari pintu depan hingga pintu belakang.

Review All New Toyota Corolla 1.6 S-Cruise 1996 : Bagian Belakang

Foto All New Toyota Corolla 1.6 S-Cruise 1996 dari arah belakang

Bagian belakang sama sederhananya dengan bagian depan, dan cukup serasi

Bagian belakang eksterior mobil tidak terlalu banyak perbedaan dengan mobil sedan pada umumnya. Yang mungkin tampak mencolok adalah bagian lampu belakang yang bentuknya kotak besar berwarna merah. Pada mobil sedan ini, kita akan melihat secara jelas lis bemper belakangnya serta emblem S-Cruise di bagian kiri dan Corolla di bagian kanan.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

3. INTERIOR ALL NEW TOYOTA COROLLA 1.6 S-CRUISE 1996

Review All New Toyota Corolla 1.6 S-Cruise 1996 : Kabin

Ruang kabin untuk mobil ini tidak bisa dibilang terlalu lega. Meskipun mobil ini sanggup dimasuki lima orang sekaligus. Lapisan door trim dan dinding-dinding bagian dalam kombinasi fabric dan soft leather. Di zamannya ruang kabin All New Toyota Corolla 1.6 S-Cruise 1996 ini cukup istimewa.

Review All New Toyota Corolla 1.6 S-Cruise 1996 : Dashboard dan Setir

Foto dasboard dan setir All New Toyota Corolla 1.6 S-Cruise 1996 masih dalam kondisi original

Ciri khas mobil Toyota keluaran lama. setir menggunakan desain empat palang

Di bagian dashboard, mobil ini terdapat beragam fitur yang bermanfaat untuk ruang kabin atau bagian dalam. Anda akan menemukan panel pengatur suhu AC dan vent manualnya yang bisa diarahkan sesuai keinginan, radio AM/FM, termasuk panel speedometer dan tachometer. Bahan-bahan untuk bagian dashboard terkesan biasa, bukan bahan berkualitas seperti mobil modern.

Untuk setirnya menggunakan desain empat palang dengan tombol klakson di bagian kiri dan kanan, karena tidak memakai pelapis apapun. Hanya standar polos tanpa desain penghias untuk mempercantiknya. Pada bagian dashboard juga terdapat, kenop pembuka tutup bensin, sehingga tidak perlu keluar dari mobil jika ingin membeli bensin.

Review All New Toyota Corolla 1.6 S-Cruise 1996 : Jok

Foto Kursi pengemudi All New Toyota Corolla 1.6 S-Cruise 1996 yang sudah dilengkapi pengatur ketinggian

Kursi All New Toyota Corolla 1.6 S-Cruise 1996 dilapisi material fabric berkualitas dan mewah

All New Toyota Corolla 1.6 S-Cruise 1996 didesain untuk diisi 5 orang. Jok yang disediakan terdiri dari dua jok di bagian depan dan jok menyambung di bagian belakang yang bisa diduduki tiga orang. Jika tidak digunakan, sandaran jok belakang bagian tengah bisa dikeluarkan menjadi arm rest untuk memberikan kenyamanan lebih kepada penumpang di belakang.

Jok bagian belakang juga bisa dilipat jika tidak difungsikan sebagai tempat duduk penumpang. Alhasil, bisa dimanfaatkan untuk meletakkan barang-barang tambahan. Untuk memberikan kenyamanan, headrest jok depan bisa diatur ketinggiannya sesuai kebutuhan. Namun untuk jok belakang, headrest paten tidak bisa dinaikturunkan. Jok dilapisi dengan material fabric yang cukup mewah pada masanya.

Review All New Toyota Corolla 1.6 S-Cruise 1996 : Bagasi

Foto ban cadangan All New Toyota Corolla 1.6 S-Cruise 1996 dengan pelek yang masih original

Ban cadangan All New Toyota Corolla 1.6 S-Cruise 1996 tersimpan rapi di dalam bagasi

Ruang bagasi yang dimiliki mobil ini tergolong luas, khas mobil sedan Toyota lainnya. Di ruang inilah Anda bisa menyimpan ban cadangan dan pompa hidrolik. Ban cadangan yang disimpan di dalam ruang bagasi akan tampak rapi. Hal ini berkat ruangan yang memang dikhususkan untuk ban cadangan, yang bisa dibuka ditutup dengan memakai kunci.

>>> Baca juga:

4. FITUR ALL NEW TOYOTA COROLLA 1.6 S-CRUISE 1996

Review All New Toyota Corolla 1.6 S-Cruise 1996 : Fitur keselamatan

Foto Jok belakang All New Toyota Corolla 1.6 S-Cruise 1996 sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman dan sandaran tengah bisa difungsikan sebagai arm rest

Sebagai sebuah mobil lama, fitur keselamatan All New Toyota Corolla 1.6 S-Cruise 1996 termasuk salah satu yang terbaik

All New Toyota Corolla 1.6 S-Cruise 1996 telah dipersenjatai dengan fitur keamanan berupa seat belt yang terpasang rapi di empat titik dan airbag untuk pengemudi. Selain itu terdapat simbol indikator yang akan menunjukkan jika ada yang tidak beres dengan mobil. Misalnya, pengingat anti-lock brake system, pengingat brake system, pengingat penggunaan sabuk pengaman, pengingat oli habis, dan lain-lain.

Bagaimana dengan bagian luarnya? Mobil ini sudah dilengkapi rem cakram di bagian depan dan tromol di bagian belakang. Sudah ada fitur anti-lock brake system, sehingga ketika melakukan pengereman mendadak dan pengemudi menginjak pedal rem terlalu keras ban mobil takkan "terkunci" lajunya..

Review All New Toyota Corolla 1.6 S-Cruise 1996 : Fitur kenyamanan dan hiburan

Foto fitur hiburan All New Toyota Corolla 1.6 S-Cruise 1996 masih menggunakan kaset pita, belum ada CD dan USB

Fitur hiburan All New Toyota Corolla 1.6 S-Cruise 1996 belum divisualkan menggunakan touch screen monitor, namun sudah mewah pada zamannya

Untuk fitur kenyamanan dan hiburan, All New Toyota Corolla 1.6 S-Cruise 1996 menggunakan fitur-fitur yang lengkap tapi standar tahun 90-an. Contohnya di lini audio, Toyota hanya membenamkan fitur perangkat audio dan tape kaset. Belum LCD seperti kebanyakan sekarang. Namun fitur itu di zamannya sudah bagus. Jika Anda ingin memodifikasi lini ini, Anda bisa menambahkan sendiri. Sehingga makin memberikan kualitas hiburan yang diinginkan.

>>> Daftar Harga Toyota Corolla Altis: Mobil Sedan Dengan Desain Modern

5. OPERASI ALL NEW TOYOTA COROLLA 1.6 S-CRUISE 1996

Foto Mesin All New Toyota Corolla 1.6 S-Cruise 1996 yang menjadi pusat dapur pacu

Performa All New Toyota Corolla 1.6 S-Cruise 1996 berasal dari mesin bensin 4A-FE berkapasitas 1.6L

Mobil All New Toyota Corolla 1.6 S-Cruise 1996 ditunjang dengan mesin 1.6 L - 4A-FE untuk memproduksi tenaga kuda sebesar 115 HP per 6000 rpm dan torsi 15 kgm (147 Nm) per 4800 rpm. Sistem bahan bakar mobil ini masih menerapkan karburator, maklum mobil lawas. Semua mesin ini berguna untuk melibas beragam karakter jalanan. Kekuatan mesin 4A-FE ini disalurkan dari sistem transmisi manual 5 percepatan.

Dengan kekuatan yang dimilikinya, mobil sedan pabrikan Toyota sangat cocok digunakan di jalan kota yang memiliki beragam karakter. Bodi yang ramping membuat mobil ini bisa merayap di tempat sempit sekalipun.

6. SPESIFIKASI ALL NEW TOYOTA COROLLA 1.6 S-CRUISE 1996

DIMENSI

Kode Bodi AE111

Panjang

4.315 mm

Lebar

1.690 mm

Tinggi

1.380 mm

Wheelbase

2.465 mm

Kapasitas tangki bahan bakar -

MESIN

Jenis

4A-FE DOHC Twincam 16 valve EFI

Isi silinder

1.587 cc

Daya maksimum

115 hp @ 6000 rpm

Torsi maksimum

15 kgm (147 Nm) @ 4800 rpm

Bahan bakar Bensin
Sistem suplai bahan bakar Karburator

Transmisi

Manual 5-Percepatan

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN ALL NEW TOYOTA COROLLA 1.6 S-CRUISE 1996

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Termewah diantara semua tipe All New Toyota Corolla 1996 Bila diisi penuh penumpang, ruang kabin terasa sempit karena desainnya yang kompak
Penampilan eksterior sederhana, namun bersahaja Power steering belum elektrik dan sering bermasalah
Interiornya nyaman untuk ukuran mobil tua Unit terbatas dan sulit untuk menemukan dalam kondisi istimewa
Versi bekas harga terjangkau Belum ada layar monitor sebagai head unit
Suku cadang masih mudah dicari dan ditemukan  
Mudah dimodifikasi sesuai selera  

8. DAFTAR HARGA ALL NEW TOYOTA COROLLA 1.6 S-CRUISE 1996

All New Toyota Corolla 1.6 S-Cruise 1996 saat ini sudah tak ada lagi versi barunya, berganti generasi terbaru dengan label New Corolla Altis. Namun bagi Anda yang benar-benar menginginkan mobil ini, Anda bisa mendapatkannya di berbagai situs jual beli mobil dengan kisaran harga Rp 50 jutaan hingga Rp 60 jutaan.

Harga All New Toyota Corolla 1.6 S-Cruise 1996 ini bukan harga paten, berbeda antar satu penjual dengan penjual yang lain tergantung dari faktor yang mempengaruhi seperti kondisi mobil, jarak tempuh, riwayat perawatan dan sebagainya.

9. VIDEO ALL NEW TOYOTA COROLLA 1.6 S-CRUISE 1996

10. KESIMPULAN ALL NEW TOYOTA COROLLA 1.6 S-CRUISE 1996

Penampilan All New Toyota Corolla 1.6 S-Cruise 1996 dilihat dari arah depan dan samping, proporsional

Dalam kondisi terawat, All New Toyota Corolla 1.6 S-Cruise 1996 masih layak untuk dimiliki

Sebelum memutuskan membelinya, kami mengingatkan Anda agar memperhatikan beberapa hal. Maklum umur All New Toyota Corolla 1.6 S-Cruise 1996 sampai 2019 ini sudah 23 tahun. Walaupun cantik, mobil ini sudah udzur alias tua.

Meski begitu, hal ini tergantung dari perawatan yang dilakukan pemilik sebelum Anda. Bagus atau tidak dalam melakukan perawatan? Apapun mobil yang menjadi pilihan Anda, harap perhatikan mesinnya masih bagus atau tidak. Jika tampilan bagus, tapi mesin jelek sebaiknya mundur teratur dan mencari mobil lain saja.

Taruhlah tampilan All New Toyota Corolla 1.6 S-Cruise 1996 bagus. Anda masih perlu memeriksa bagian interior dan eksteriornya. Apakah bagian ini masih bagus? Dengan begitu, Anda tidak memerlukan banyak tambahan untuk biaya perawatan. Sedangkan jika tidak, tinggal tergantung bagian akhir yaitu kondisi secara keseluruhan – mulai dari kenyamanan saat dikendarai, oleh bercecer di mesin. Pasalnya, pada usia kepala dua, mobil akan mulai digerogoti oleh waktu.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer

International