Review Toyota Great Corolla 1992: Mobil Sedan Murah Dengan Handling Bagus

31/03/2019 Abdul Review Toyota

Salah satu mobil sedan tahun 90-an besutan Toyota adalah Corolla. Yang mana untuk Indonesia disebut dengan nama Toyota Great Corolla. Penjualannya mulai tahun 1992 sampai 1996. Untuk lebih jelasnya mari kita simak review Toyota Great Corolla 1992.

1. PENGANTAR TOYOTA GREAT COROLLA 1992

Review Toyota Great Corolla 1992 - Mobil sedan Toyota tahun 90-an ini dihadirkan dalam 2 varian yaitu SE dan SEG yang menggunakan mesin berbeda. Kehadirannya merupakan pengganti dari mobil sebelumnya yakni Toyota Twin Cam. Sebagai mobil sedan, mobil ini cukup menarik dan digandrungi oleh masyarakat terutama anak muda di jamannya. Bahkan sampai sekarang sebagian orang ada yang masih menginginkan mobil  ini untuk dijadikan tunggangannya.

Ada beberapa alasan yang menjadikan mobil Toyota Great Corolla masih banyak diminati. Seperti misalnya kenyamanan yang ditawarkan, harga terjangkau dan mudah dimodifikasi dengan hasil yang baik. Seperti yang sudah diketahui, bahwa kebanyakan mobil modifikasi kerap dilakukan pada kendaraan jenis sedan. Hasilnya pun sangat menarik dan tidak bisa dianggap remeh.

2. EKSTERIOR TOYOTA GREAT COROLLA 1992

Desain eksterior Toyota Great Corolla 1992 tidak ketinggalan jaman. Sampai sekarang masih dapat bersaing dengan mobil baru dalam segmen sedan.

Review Toyota Great Corolla 1992: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Great Corolla 1992 tampak warna hitam bagian depan

Desain yang dimiliki masih terlihat menarik sampai sekarang

Pada bagian depan menggunakan desain membulat dan mengalir pada area fascia sampai ke bagian bumper hingga bawahya. Memang dari segi desain mirip dengan mobil Lexus untuk bagian depan ini. Untuk bagian grill didesain kecil layaknya mobil sedan tahun 90-an. Penggunaan lampu dibuat panjang menyambung dengan grill sampai melebihi sedikit di bagian sampingnya. Desain yang dimiliki Toyota Great Corolla 1992 hingga sekarang tidak ketinggalan jaman.

Review Toyota Great Corolla 1992: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping Toyota Great Corolla 1992 warna hitam

Bagian samping terlihat stylish dan lebih menarik dengan tambahan modifikasi

Pada bagian samping memiliki tampilan yang menarik dan terlihat sporty. Untuk penggunaan handle pintu masih sewarna dengan bodi, begitu juga pada spionnya. Sementara untuk pelek mengandalkan kaleng atau besi yang ditutup menggunakan dop pelek. Spionnya sendiri masih manual yang menjadi hal biasa di jaman tersebut, namun ada juga yang sudah menggunakan elektrikal pada tipe tertentu.

Review Toyota Great Corolla 1992: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Toyota Great Corolla 1992 warna putih

Bagian belakang terlihat unik dengan ciri khas tersendiri

Untuk desain bagian belakang dibuat lebih lebar apabila dibandingkan pendahulunya yakni Twin Cam. Perubahan yang terjadi menghasilkan tampilan yang elegan dan dibuat lebih membulat. Untuk posisi plat nomor berada di tangah bumper. Sedangkan untuk bagian atasnya terdapat  lampu belakang, uniknya adalah di bagian tengah lampu kanan dan kiri didesain senada dengan desain lampu.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR TOYOTA GREAT COROLLA 1992

Review Toyota Great Corolla 1992: Bagian Dashboard Dan Kemudi

Gambar ini menunjukkan bagian dashboard dan kemudi mobil Toyota Great Corolla 1992

Dashboard elegan dan tidak ketinggalan jaman

Pada bagian dashboard memang tampilannya tidak kalah dengan mobil jaman sekarang. Desain yang digunakan sangat elegan dan memikat banyak orang. Untuk tata letak tombol dan juga konsol panel menghadap ke driver sehingga lebih mudah dioperasikan. Pada bagian samping kanan dan kiri terdapat kisi-kisi AC dan di sebelah kiri bawah ada tempat penyimpanan yang bisa dibuka tutup.

Sedangkan pada kemudinya terlihat besar dengan 4 palang. Pada bagian  tengah kemudi dibuat besar dan belum ada airbags atau tombol pengatur audio.

Review Toyota Great Corolla 1992: Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan jok mobil Toyota Great Corolla 1992 baris kedua

Banyak yang berpendapat bagian jok belakang terasa sempit

Kursi Toyota Great Corolla 1992 dibuat 2 baris dan mampu menampung 5 orang penumpang. Untuk jumlah kursinya ada 5 yakni 2 di bagian depan dan 3 di belakang. Bagian interiornya terdapat beberapa pendapat, ada yang mengatakan sempit dan ada yang mengatakan cukup luas. Mungkin hal tersebut memiliki pengaruh dengan postur tubuh penggunanya. Karena jika seseorang yang tingginya melebihi 170 cm, mungkin akan terlalu sempit saat berada di dalamnya.

Review Toyota Great Corolla 1992: Bagian Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagian bagasi mobil Toyota Great Corolla 1992

Bagasi luas siap untuk memenuhi kebutuhan barang bawaan saat berkendara

Pada bagian bagasi cukup luas, di bawah lantai bagasi ini dibuat menjadi tempat ban serep. Bagasi Toyota Great Corolla 1992 dapat digunakan memenuhi kebutuhan berkendara sobat. Apalagi saat perlu membawa barang bawaan cukup banyak.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

4. FITUR TOYOTA GREAT COROLLA 1992

Toyota Great Corolla 1992 juga mempunyai sejumlah fitur yang menarik untuk menemani perjalanan. Salah satu diantaranya adalah AC mobil, jadi pada tahun 90-an fitur ini tidak diberikan pada semua tipe. Akan tetapi mobil besutan Toyota ini sudah diberikan fitur AC, meskipun sistemnya tidak maksimal seperti jaman sekarang.

Gambar ini menunjukkan head unit  pada mobil Toyota Great Corolla 1992

Fitur minim namun siap untuk menemani perjalanan

Selain fitur tersebut ada pula fitur hiburan berupa sistem audio. Fitur ini dapat digunakan untuk memutar musik dan juga radio AM/FM. Dengan adanya fitur ini tentunya dapat mengurangi rasa bosan saat berkendara dengan Toyota Great Corolla 1992. Untuk menambah keamanan telah diberikan seatbelt yang merupakan fitur standar kendaraan dari jaman dulu.

>>> Review Toyota Crown Estate 2001: Sedan Mewah Berbentuk Station Wagon

5. OPERASI TOYOTA GREAT COROLLA 1992

Berkaitan dengan performa, dari pihak Toyota memberikan mesin pada Great Corolla dengan 2 pilihan yakni 1.3 liter dan 1.6 liter. Untuk varian 1.3 liter mengandalkan mesin 2E karburator dengan transmisi manual 5 percepatan. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 72 Hp pada putaran 5.800 Rpm. Sedangkan torsi puncak yang didapat adalah 98 Nm pada putaran 3.600 Rpm.

Gambar ini menunjukkan mesin pada mobil Toyota Great Corolla 1992

Mesin lebih bertenaga siap untuk diajak kemana yang disuka

Untuk Toyota Great Corolla 1992 varian 1.6 liter mengandalkan mesin injeksi 4A-FE yang dipadukan dengan penggunaan transmisi otomatis 4 percepatan. Tenaga maksimal yang dihasilkan adalah 113 Hp pada putaran 6.000 Rpm dan torsi puncaknya mencapai 137 Nm pada putaran 4.800 Rpm.

6. SPESIFIKASI TOYOTA GREAT COROLLA 1992

Setelah membahas beberapa hal di atas, tentunya kurang lengkap jika tidak diberikan tabel spesifikasi Toyota Great Corolla 1992.

Dimensi

Panjang

4270 mm

Lebar

1685 mm

Tinggi

1380 mm

Wheel Base

2465 mm

Ground Clearance

150 mm

MESIN

VARIAN 1.3 LITER

VARIAN 1.6 LITER

Tipe Mesin

2E Karburator

4A-FE injeksi

Transmisi

5 Percepatan Manual

4 Percepatan Otomatis

Tenaga Maksimal

72 HP @5.800 RPM

113 HP @6.000 RPM

Torsi Maksimal

98 Nm @3.600 RPM

137 Nm @4.800rpm

Suspensi

MacPherson Struts

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA GREAT COROLLA 1992

Setiap kendaraan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, begitu juga pada Toyota Great Corolla 1992.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Tenaga mesin yang maksimal

Pengereman masih kurang maksimal, karena masih menggunakan rem tromol

Konsumsi bahan bakar sangat irit

Oli power steering mudah bocor

Handling yang sangat bagus

Interior termasuk sempit

Harga jual dan beli yang stabil

Sistem bahan bakar karburator yang mudah kotor

8. DAFTAR HARGA TOYOTA GREAT COROLLA 1992

Namanya mobil tahun 90-an tentunya sudah tidak ada kondisi barunya. Yang ada hanya Toyota Great Corolla bekas. Dari segi kondisi mesin dan kenyamanan tergantung pemiliknya apakah perawatannya dilakukan dengan baik atau tidak. Nah berikut ini merupakan harga Toyota Great Corolla 1992 dalam kondisi bekas.

TAHUN

HARGA

Toyota Great Corolla 1992 – 1994

Rp. 50 juta – Rp.  60 jutaan

Toyota Great Corolla Facelift (1994-1995)

Rp. 60 juta –  Rp. 70 jutaan

Toyota Great Corolla Tipe 1.3

Rp. 20 juta –  Rp. 40 jutaan

9. VIDEO TOYOTA GREAT COROLLA 1992

10. KESIMPULAN TOYOTA GREAT COROLLA 1992

Mobil Sedan Toyota Great Corolla 1992 bisa menjadi pilihan bagi sobat yang mempunyai budget terjangkau namun ingin segera memiliki sebuah kendaraan. Meskipun fitur di dalamnya cukup minim namun dapat digunakan untuk melakukan segala aktifitas keseharian. Bahkan dengan mobil besutan Toyota ini bisa menampung 5 orang, jadi ketika ingin mengajak istri dan anak pergi jalan-jalan masih dapat dilakukan.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Share This:

Cari harga mobil

Harga mobil per merek

Review mobil populer