Waspada, Ini Beberapa Etika Menyalakan Lampu Sein Di Jalan

26/07/2020 Abdul Tips & trik mobil

Lampu sein (turn signal) merupakan alat yang mengatur komunikasi antar pengendara baik yang menggunakan roda dua maupun roda empat saat ingin berpindah jalur atau belok. Hal ini sudah disepakati secara internasional termasuk Undang-undang yang sudah diterbitkan di tanah air. Selain itu ada etika dalam menyalakan lampu sein saat berkendara di jalan.

Bunyi pasal tersebut diatur dalam UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Namun begitu, masih banyak pengguna jalan yang belum sepenuhnya mengetahui etika dalam menyalakan lampu sein dan tata cara penggunaannya. Ringkasnya, lampu sein mesti dinyalakkan pada momentum yang tepat agar mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas. Pengendara setidaknya sudah mengaktifkan lampu sein tiga detik sebelum belok atau melakukan perpindahan jalur.

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil akan menyalip

Gunakan dengan bijak dalam menggunakan lampu sein

>>> Baca Juga, Alasan Lampu Sein Berbunyi “Tik” Pada Kendaraan Saat Dinyalakan

Etika Menyalakan Lampu Sein

Lampu sein berfungsi sebagai alat komunikasi dengan pengendara lain selama berada berkendara di jalan. Lampu sein harus digunakan pada waktu yang tepat agar dapat mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas dan mengganggu pengendara lain. Untuk itu, sangat penting mempelajari etika dalam menyalakan lampu sein selama berada di jalanan.

Lampu Sein Kanan

Sein kanan umumnya digunakan ketika kendaraan akan melakukan perubahan jalur atau akan membelok ke arah kanan. Saat menyalip mobil yang berasal dari jalur berlawanan, pastikan terdapat ruang yang cukup ketika menyalip di belakang. Setelah mendahului jangan lupa untuk langsung mematikan lampu sein yang menyala dan menyisakan jarak yang lumayan agar kendaraan di belakang dapat ikut masuk ke jalur awal.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan lampu sein kanan sedang dinyalakan

Penggunaan lampu sein harus dilakukan sebelum berbelok

>>>  Lihat Juga, Mengulas Fungsi Fog Lamp Pada Mobil Yang Perlu Diketahui

Begitu juga, jika kamu berada di posisi akan disalip dari jalur yang berlawanan namun tidak cukup untuk menyisakan ruang, berilah isyarat dengan menyalakan sein kanan.

Ketika berkendara di jalan dengan dua jalur berlawanan, sein kanan tersebut dapat menjadi komunikasi dengan kendaraan yang berada di belakang. Saat bakal mendahului, nyalakkan sein kanan kalau keadaannya aman untuk ikut mendahului. Setelah mendahului kendaraan di depan, matikan kembali lampu sein jika kondisi telah kembali ke jalur yang sesuai.

Lampu Sein Kiri

Selanjutnya dalam etika dalam menyalakan lampu sein berhubungan dengan sein kiri. Sein kiri umumnya digunakan ketika kendaraan akan melakukan perubahan jalur atau akan membelok ke arah kiri. Ketika berada di jalanan yang lumayan besar, dan ingin menyalip kendaraan yang berada di kanan jalan, kamu bisa menyalakan lampu sein kiri dalam proses menyalip kendaraan tersebut.

Selain itu, kendaraan besar biasanya bergerak dengan kecepatan lambat di lajur kanan jalan, cara menghadapinya dengan menyalakan lampu sein tiga detik sebelum melakukan proses penyaliban.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan mobil sedang menyalakan lampu kiri

Gunakan klakson untuk mengucapkan terima kasih setelah menyalip

Atur ritme laju kendaraan disesuaikan dengan kendaraan yang berlawanan arah. Pastikan kendaraan tersebut masih jauh dari jangkauan sehingga memudahkan kamu menyalip mobil. Jangan lupa beri tanda klakson saat kembali ke lajur baru sebagai kesan terima kasih karena telah memberi ruang dan jalan.

Demikianlah informasi mengenai etika menyalakan lampu sein di jalan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Mengenal Gejala AC Mobil Rusak, Agar Bisa Segera Ditangani
    Mengenal Gejala AC Mobil Rusak, Agar Bisa Segera Ditangani Abdul Tips & trik mobil

    Kita semua tentu tak ingin melewati musim kemarau dengan bermacet-macet ria di dalam mobil yang panas tanpa AC. Tetapi ketika menyalakan AC mobil, kita mulai sadar ada yang tidak beres terhadap sistem AC mobil. Entah suaranya yang berisik, aneh, serta mengganggu. Oleh sebab itulah mengetahui gejala AC mobil rusak sangat diperlukan supaya dapat segera ditangani.

  • Beberapa Tanda Karet Pintu Mobil Perlu Diganti
    Beberapa Tanda Karet Pintu Mobil Perlu Diganti Abdul Tips & trik mobil

    Karet pintu mobil juga mempunyai batas pakai. Bila telah lama digunakan, tentunya akan aus juga dan perlu dilakukan penggantian. Beberapa tanda karet pintu mobil perlu diganti dapat diketahui dan perlu segera diatasi, dengan begitu mobil kembali dalam keadaan prima.

  • Ada Bau Rokok Di Dalam Kabin, Begini Cara Menghilangkannya
    Ada Bau Rokok Di Dalam Kabin, Begini Cara Menghilangkannya Abdul Tips & trik mobil

    Merokok di dalam mobil sangat tidak dianjurkan karena dapat membahayakan penumpang dan pengemudi. Selain itu biasanya asap rokok akan tertinggal di dalam mobil lebih lama. Alhasil semuanya menjadi tidak nyaman. Jika begitu menghilangkan bau rokok di dalam kabin mobil sangat diperlukan.

International