Waspada, Begini Tips Aman Melewati Jalur Contra Flow

17/01/2020 Abdul Tips & trik mobil

Jalur contra flow menjadi salah satu alternatif yang dilakukan oleh petugas untuk mengurai kemacetan. Nah kali ini kami akan memberikan tips aman melewati jalur tersebut. Apa langkah yang harus kita ambil jika melewati jalur contra flow?

Ketika melewati  jalur contra flow terdapat beberapa hal yang perlu menjadi perhatian.  Seperti misalnya di jalan tol antar kota yang kadangkala melakukan teknik tersebut. Memang tidak dipungkiri kadang saat akan berkendara menemui hal tersebut. Yang mana sebuah rekayasa lalu lintas yang membuat pengendara dapat memakai jalur dari arah berlawanan.

Adapun tujuan adanya jalur tersebut adalah untuk mengurai kemacetan lalu lintas yang sedang terjadi dan kondisinya parah. Oleh sebab itu, kadang kala penerapan dilakukan seperti beberapa waktu lalu diterapkan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil melewati jalur contra flow

Jaga stamina tubuh dan jangan lupa istirahat saat mengemudi mobil perjalanan jauh

Nah kali ini terdapat saran dari JDDC (Jakarta Defensive Driving Consulting) berkaitan dengan mengemudi mobil melewati jalur contra flow yang aman.

>>> Baca Juga, Empat Hal Berikut Bantu Mengurangi Stres Saat Jalanan Macet

1. Memahami Kondisi Dari Pengemudi

Jadi berkaitan dengan masalah ini, dari pihak Jusri Pulubuhu selaku Training Director JDDC memberikan penilaian. Yang mana ketika berkendara dengan mobil alangkah baiknya mengetahui kondisi tubuh pada diri sendiri.  Apalagi saat akan melintasi contra flow, pengemudi perlu mengetahui apakah tubuh masih segar atau sudah merasakan kelelahan. Jika ternyata kelelahan maka disarankan untuk beristirahat terlebih dahulu.

"Karena berkendara di jalur contra flow energi dan stamina mudah terkuras dibanding jalur normal," kata dia.

2. Lebih Baik Memakai Jalur Normal

Meskipun jalur contra flow tampak lenggang, tapi dari pihak Jusri mempunyai anggapan bahwa jalur normal tetap menjadi pilihan yang tepat. Namun bisa juga dengan masuk ke contra flow apabila dalam kondisi terpaksa. Hal ini disebabkan saat mengemudi mobil dengan melewati jalur contra flow memerlukan tubuh dengan fisik yang prima.

Apabila sudah berada di contra flow dan mempunyai kesempatan untuk kembali ke jalur normal maka sebaiknya ambil kesempatan tersebut. Setelah itu Sobat bisa mencari tempat peristirahatan untuk membuat stamina tubuh kembali pulih.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil akan masuk jalur Contra Flow

Jika memungkinkan gunakan jalur normal saat ada rekayasa jalan

3. Menjaga Jarak

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat mengemudi mobil di contra flow adalah dengan menjaga jarak terhadap kendaraan lain. Memang pada umumnya jalur tersebut terlihat lebih lancar apabila dibandingkan dengan jalur yang normal.

"Tapi disinilah pengendara sering lupa akan aturan menjaga jarak aman," kata dia. Pihak Jusri menyebutkan, bahwa dengan mengambil jarak 3 detik terhadap kendaraan di depan maka saat ada masalah bisa mengambil langkah menghindar.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan jalan tol KM 428 sedang ada rekayasa jalan

Meskipun lewat jalur contra flow tetap perlu waspada

4. Ketika Ada Kecelakaan Di Depan

Pada saat melewati jalur contra flow dan tidak diduga ternyata ada kecelakaan di depan karena melakukan pengereman mendadak atau hal lainnya, maka pengemudi perlu menghindar dengan sigap. Dalam hal ini sebaiknya membelokkan kendaraan ke arah kiri.

 "Jangan buang setir ke kanan, sebaiknya ke kiri," kata Jusri.

Adapun alasan mengapa buang setir kekiri adalah karena di bagian kanan merupakan jalur lain dan terdapat kendaraan yang melaju secara dinamis menuju ke arah berlawanan. Jika membuang kemudi ke kanan maka potensi terjadi kecelakaan yang lebih parah bisa tambah besar.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca