Utamakan Keselamatan, Begini Berkendara Saat Banjir Dengan Aman Dari Auto2000

08/01/2020 Abdul Tips & trik mobil

Banjir merupakan salah satu bencana alam yang tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi. Mungkin sebagian orang hanya bisa memperkirakan saat sudah turun hujan. Dalam berkendara keselamatan menjadi yang utama. Kali ini kami akan memberikan informasi tentang berkendara saat banjir dengan aman dari Toyota.

Berkaitan dengan tips berkendara saat banjir dengan aman dilansir dari Ig Auto2000 bsd city. Jadi pada saat menemui banjir diharapkan untuk berusaha menghindarinya. Apabila kondisinya terburu-buru dan mau tidak mau harus menerjang banjir maka perhatikan beberapa tips berikut:

Gambar ini menunjukkan selebaran dari Toyota tentang tips seputar banjir

Melewati banjir tidak boleh sembarangan, ada yang perlu diperhatikan

>>> Baca Juga, Hati-Hati Saat Mobil Terkena Banjir, Segera Lakukan Hal Ini!

1. Sebelum melintasi banjir sebaiknya perkirakan terlebih dahulu ketinggian air yang terdapat di jalan yang akan dilewati. Pastikan tidak melebihi dari separuh roda kendaraan untuk  amannya. Sobat bisa melihat kendaraan lain yang sudah melintas untuk perkiraannya. Jadi kalau memang lebih dari setengah roda sebaiknya tidak melakukannya. Namun jika terpaksa bisa melihat kendaraan lain terlebih dahulu yang sejenis dengan mobil Sobat, jika dirasa aman bisa melakukannya tapi tetap berhati-hati.

2. Ketika melintasi banjir sebaiknya tidak terlalu kekanan ataupun kekiri. Hal ini tujuannya adalah untuk menghindari potensi adanya lubang atau parit yang ditutupi oleh air.  Seperti yang kita tahu, di jalanan paling pinggir biasanya ada selokan untuk jalur air agar tidak menggenangi jalanan. Namun saat banjir maka selokan tidak dapat menampung  air karena terlalu banyak dan jika sampai tercebur di parit atau lubang yang dalam akan sangat merepotkan.

3. Pada saat banjir dan kondisinya mengalir deras maka sebaiknya jangan melintasinya. Hal tersebut dikarenakan beresiko mobil akan terbawa arus dan timbul bahaya lain yang mengintai seperti mobil menabrak kendaraan lain atau objek lain yang dilewati oleh arus . Ketika mobil terbawa arus maka kontrol kemudinya akan susah digerakkan, bahkan saat mobil telah di rem mobil tetap melaju di atas arus air yang deras.

4. Tips berkendara saat banjir dengan aman selanjutnya adalah tidak menyalakan AC mobil terutama untuk mobil sedan. Hal tersebut dikarenakan saat AC menyala maka kondisi kipas radiator juga akan berputar dengan cepat. Apabila hal tersebut terjadi maka beresiko air terlempar ke bagian ruang mesin yang bisa berakibat mesin mobil mengalami overheat.

5. Ketika mengontrol kendaraan dalam melewati banjir sebaiknya dalam kecepatan yang konstan dan pelan-pelan saja. Dalam hal ini rekomendasinya adalah:

  • Untuk mobil dengan transmisi otomatis posisikan pada L (Low)
  • Pada mobil transmisi manual sebaiknya memakai gigi 1
  • Laju mobil tidak melebihi 1.500 rpm, apalagi saat air tingginya telah melebihi knalpot mobil karena resikonya mesin dapat kemasukan air

6. Ketika setelah selesai melintasi banjir diharapkan tidak langsung mematikan mesin mobil. Jadi biarkan mesin mobil menyala dalam beberapa menit. Tujuannya adalah supaya air yang masuk ke dalam knalpot dapat keluar dan tidak mengganggu kinerja mesin mobil.

7. Tips Berkendara saat banjir dengan aman yang terakhir adalah dengan menekan pedal kopling dan rem secara berulang-ulang. Hal ini dilakukan ketika dalam kondisi melintasi banjir, tujuannya adalah untuk menjaga sistem pengereman dan kopling mobil tetap dalam kondisi kering dan untuk mencegah terjadinya slip. Tentunya akan sangat merepotkan apabila saat melewati banjir dan di tengah-tengah berhenti karena rem mengunci atau kopling bermasalah.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil sedang melintasi jalanan yang tergenang air

Utamakan keselamatan, apabila banjir tidak bisa dilewati jangan dipaksakan

Dengan beberapa tips di atas diharapkan pengendara bisa selamat sampai tujuan. Apabila harus melewati banjir maka dapat aman dan dapat dilewati dengan mudah tanpa ada masalah. Itulah sedikit informasi mengenai berkendara saat banjir dengan aman. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca