Tips Mudah Menghilangkan Jamur Pada Kaca Mobil Yang Bisa Dilakukan

10/10/2018 Abdul Tips & trik mobil

Terdapat jamur pada kaca mobil dapat mengganggu tampilan kendaraan. Selain itu, pandangan menuju ke arah luar juga kurang maksimal. Oleh sebab itu menghilangkan jamur pada kaca mobil perlu dilakukan agar kembali seperti sedia kala.

Kendaraan yang kerap diparkirkan di tempat yang lembab beresiko lebih besar terkena jamur pada kacanya. Tidak hanya itu saja, saat terdapat makanan atau minuman cair yang tumpah di dalam mobil dapat membuat kelembaban. Dengan begitu jamur juga bisa muncul pada kaca. Jika sudah begitu, menghilangkan jamur pada kaca mobil harus segera dilakukan.

Apalagi ketika musim hujan, di dalam kendaraan akan rentan menjadi lembab karena air bisa saja ikut masuk ke bagian lantai atau jok. Apabila kaca mobil terdapat jamur, maka pandangan terhadap jalan menjadi menurun. Apalagi tidak segera dibersihkan, maka lama-kelamaan akan berkembang menjadi lebih luas. Jika dibiarkan dapat beresiko membuat lapisan pelindung kaca menjadi rusak.

Gambar ini menunjukkan bintik jamur dalam jumlah banyak menempel pada kaca Mobil

Jamur masih sedikit dan dibiarkan dapat menyebar luas

Berikut ini merupakan cara menghilangkan jamur pada kaca mobil yang dapat dilakukan.

Sebelum ke poin cara menghilangkannya, terlebih dahulu mengetahui penyebabnya. Jadi jamur yang terdapat pada kaca mobil munculnya berasal dari dalam kendaraan. Sebagai misalnya adalah sisa makanan dan minuman yang tidak segera dibersihkan. Oleh sebab itu untuk menghindarinya dapat dilakukan pembersihan kabin mobil secara teratur atau sehabis bepergian.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil terbaru

Apabila terlanjur menjadi jamur, begini cara menghilangkannya.

Untuk hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menggosoknya secara langsung menggunakan lap khusus yang kering. Jangan gunakan benda yang tajam atau merusak sehingga dapat menghilangkan pelapis untuk melindungi kaca mobil.

Gambar ini menunjukkan kaca mobil dalam kondisi buram dan terlihat bintik jamur

Jamur dapat mengganggu pandangan pengemudi terhadap jalan menjadi kurang jelas

Hal selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan soda. Untuk langkahnya adalah menuangkan soda pada kain kering dan usapkan pada kaca yang terdapat jamur. Lakukan hal tersebut sampai jamur pada kaca memudar dan hilang.

Selain itu, bisa juga dengan menggunakan pasta gigi. Untuk caranya dioleskan pada bagian jamur kemudian dilap dengan lembut. Dalam tahapan ini sebaiknya membersihkan kaca terlebih dahulu dari kotoran dan debu. Untuk pengolesannya sedikit demi sedikit, jika telah selesai segera bilas menggunakan air bersih.

>>> Lihat juga, 6 Cara Membersihkan Kaca Mobil Sederhana

Bahan yang terakhir untuk digunakan menghilangkan jamur pada kaca mobil adalah dengan air tembakau. Caranya dengan merendam tembakau pada air dalam waktu 10 sampai 15 menit.  Kemudian dilanjutkan dengan mencuci kaca mobil, setelah itu usap menggunakan kain yang telah dicelupkan pada air rendaman tembakau tersebut.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang lap ditempelkan pada kaca Mobil

Segera bersihkan jamur jika ada pada kaca Mobil agar tampilan dan pandangan terhadap jalan kembali baik

>>> Baca juga, Inilah 5 Cara Agar Terhindar Dari Pencuri Lewat Pecah Kaca Mobil

Menjaga kebersihan di dalam mobil merupakan salah satu cara untuk menghindari munculnya jamur pada kaca. Jika dirasa sudah muncul jamur segeralah dihilangkan, jangan sampai meluas dan tebal karena akan lebih sulit dihilangkan.

Untuk menghindari masalah jamur pada kaca, berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Membersihkan bagian interior mobil dari sisa makanan dan minuman serta kotoran.

2. Melakukan pembersihan pada kaca mobil secara rutin dan lakukan pengelapan dengan segera sampai kering jika terdapat kaca mobil yang basah.

3. Manfaatkan kinerja AC mobil untuk menghindari bagian kabin terlalu lembab.

4. Segera bersihkan jamur jika terlihat walaupun sedikit, karena jika dibiarkan bisa meluas.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips menghilangkan jamur pada kaca mobil. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips & trik terbaru di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Jangan Salah, Ini Keuntungan Menyewa Mobil Dengan Sopir!
    Jangan Salah, Ini Keuntungan Menyewa Mobil Dengan Sopir! Abdul Tips & trik mobil

    Menyewa mobil merupakan salah satu pilihan tepat saat akan pergi liburan bagi keluarga yang tidak mempunyai kendaraan pribadi. Tentunya perjalanan menjadi lebih nyaman apabila dibandingkan dengan menggunakan transportasi umum. Saat menggunakan transportasi umum kerap sekali berebut tempat duduk dan juga kadang harus mengantri lama. Jika tidak bisa mengemudi tidak masalah, karena ada keuntungan menyewa mobil dengan sopir yang bisa dijadikan pertimbangan.

  • Ingin Menyewa Mobil Untuk Pergi Liburan, Baca Dulu Tipsnya Agar Tidak Salah Pilih!
    Ingin Menyewa Mobil Untuk Pergi Liburan, Baca Dulu Tipsnya Agar Tidak Salah Pilih! Abdul Tips & trik mobil

    Menyewa mobil Untuk Pergi liburan merupakan salah satu langkah yang banyak diambil oleh masyarakat. Hal ini umumnya dilakukan karena tidak memiliki mobil yang tepat atau bahkan tidak punya mobil. Dibandingkan dengan naik transportasi umum, menggunakan mobil sendiri memang lebih nyaman.

  • Jangan Salah, Ini Keuntungan Membeli Mobil Secara Online
    Jangan Salah, Ini Keuntungan Membeli Mobil Secara Online Abdul Tips & trik mobil

    Di zaman sekarang sudah modern, semuanya serba menggunakan teknologi internet. Banyak orang yang membeli mobil secara online dan tidak langsung menuju diler. Hal ini tentu memudahkan para penggunanya, lantas apa saja sebenarnya melakukan pembelian kendaraan yang dilakukan secara online.