Tips Modifikasi Kelistrikan Mobil Supaya Aman Dan Tidak Ditolak Asuransi Saat Klaim

14/05/2020 Abdul Tips & trik mobil

Mobil mempunyai sistem kelistrikan yang bersumber dari aki mobil. Melakukan modifikasi kelistrikan mobil perlu dilakukan dengan baik dan benar supaya resiko korsleting dapat dihindari dan tidak terjadi kebakaran.

Modifikasi sudah menjadi tren masa kini, terutama para anak muda. Adapun modifikasi standar yang sering dilakukan adalah pemasangan stiker dan mengganti pelek. Namun tidak jarang modifikasi kelistrikan mobil dilakukan. Hal tersebut tidak masalah asalkan dilakukan dengan benar.

Gambar ini menunjukkan modifikasi audio mobil dengan menggunakan warna biru

Modifikasi bisa membuat mobil lebih menarik dan beda dengan yang lain

>>>  Lihat Juga, Makin Keren, Beberapa Aksesoris Mobil Untuk Kendaraan Kesayangan Sobat

Salah satu contoh modifikasi bagian kelistrikan adalah di sektor lampu dan perangkat audio, baik itu mengganti ataupun menambahnya. Beberapa ubahan yang kadang dilakukan adalah memasang alat tambahan meliputi power, audio, lampu HID, lampu DRL ataupun alat penstabil listrik aki. Modifikasi yang dilakukan umumnya untuk menambah estetika dan juga visibilitas.

Hanya saja banyak pemilik yang tidak paham akan modifikasi yang dilakukan sehingga menghasilkan listrik yang berlebih. Dengan begitu performa dari komponen kelistrikan mengalami penurunan dan bisa berpotensi menjadi penyebab terjadinya kebakaran.

Ketika melakukan penambahan aksesori yang berhubungan dengan kelistrikan, umumnya akan ada sambungan kabel yang kurang baik pemasangannya. Apabila sudah begitu maka sambungan yang tidak baik akan menghasilkan hubungan pendek atau terjadi korslet yang membuat sekring putus. Jika sampai parah maka bisa terjadi kebakaran.

Faktor lainnya dalam modifikasi kelistrikan mobil yang kadang lepas dari pantauan adalah bohlam  lampu utama. Penggantian menggunakan bohlam dengan daya yang lebih besar bisa membuat headlamp meleleh atau terbakar.

Untuk menghindari hal tersebut, maka disarankan komponen yang digunakan berkualitas dari mulai kabel, soket listrik, relay sampai lampu yang digunakan. Pemasangan juga harus rapi, terbungkus dengan pengaman dan kencang. Pengecekan setiap 3 bulan sekali juga diperlukan  guna langkah antisipasi bila ada kabel yang lepas, terkelupas ataupun sambungan kendor.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan mobil hitam yang terbakar

Jika modifikasi kelistrikan tidak baik dan benar maka bisa menyebabkan korslet dan kebakaran

>>> Lihat Juga, Rekomendasi Modifikasi Mitsubishi Xpander Agar Tampilan Lebih Menarik

Selain itu, jika terdapat rangkaian yang tidak kuat untuk dialiri arus yang besar maka bisa membuat suhu rangkaian terlalu panas. Jika begitu maka penggantian kabel dengan yang lebih baik perlu dilakukan.

Modif Kelistrikan Mobil Tapi Asuransi Tidak Gugur

Bagi pemilik yang mengasuransikan mobil yang dimiliki, terdapat hal yang perlu diperhatikan saat modifikasi kelistrikan supaya klaim tidak ditolak. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Dioma Asatsuku Pratama selaku advertising and promotion PT Asuransi Astra Buana. Jadi terdapat aspek yang perlu diperhatikan oleh pemilik yaitu melaporkannya saat akan melakukan modifikasi.

"Prinsipnya apapun yang di-upgrade dari hal kecil maupun besar yang terjadi pada mobil sebaiknya dilaporkan. Dalam prinsip asuransi itu namanya utmost good faith, dimana customer harus memberikan informasi sejujurnya dan sejelas-jelasnya mengenai kondisi (mobil) yang ia miliki," terang Dio dilansir dari laman Beritagar.

Pihak Dio melanjutkan, bahwa modifikasi sistem kelistrikan mempunyai resiko terjadi korslet dan bisa menular ke bagian kinerja kendaraan. Jadi akan ada endorsement yakni perubahan data polis asuransi karena terdapat ubahan pada data yang ditanggung atau objek pertanggungan. Dengan begitu akan ada premi tambahan dan juga biaya admin atau bisa saja hanya biaya admin saja.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

gambar ini menunjukkan kabel dan beberapa komponen pada mesin mobil

Keamanan perlu diperhatikan saat menambah rangkaian pada mobil

"...jika (mobil) mau di-cover, harus jujur sama situasi dan kondisi mobil yang dia punya. Itu sebabnya kalau ada perubahan sebaiknya dilakukan endorsement untuk menghindari penolakan klaim karena kondisi yang akan di-cover adalah kondisi yang sudah di survey oleh surveyor pada saat penutupan polis", tambah Dio.

Jadi sebelum melakukan modifikasi kelistrikan mobil sebaiknya melaporkannya terhadap agen asuransi mobil Sobat. Dengan begitu nantinya saat mobil mengalami hal yang tidak diinginkan klaim tidak ditolak.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Mengenal Fungsi Dan Tanda Oli Gardan Pada Mobil Perlu Diganti
    Mengenal Fungsi Dan Tanda Oli Gardan Pada Mobil Perlu Diganti Abdul Tips & trik mobil

    Oli menjadi salah satu bagian penting pada kendaraan, dimana fungsinya menjadi pelumas. Namun oli sendiri terdapat beberapa di dalam mobil, dari mulai oli mesin, oli rem, oli transmisi, oli gardan dan lainnya. Banyak orang yang mengetahui tentang oli mesin atau hanya mengganti oli pada mobil saja. Hal tersebut tidak masalah, asalkan dibawa ke bengkel resmi secara berkala maka pihak mekanik akan mengurusnya. Nah kali ini kami akan membahas mengenai oli gardan pada mobil.

  • Jangan Menghalangi Mobil Ambulans Saat Berkendara Di Jalan, Ada Sanksinya Lho!
    Jangan Menghalangi Mobil Ambulans Saat Berkendara Di Jalan, Ada Sanksinya Lho! Abdul Tips & trik mobil

    Di jalan terdapat beragam jenis kendaraan dan pengguna jalan. Ada yang menjadi prioritas dan ada yang biasa saja, semuanya harus saling mengerti dan jangan menang sendiri. Salah satu yang perlu diprioritaskan saat berada di jalan adalah mobil ambulans. Bahkan terdapat sanksi menghalangi mobil ambulans di jalan ketika sedang membawa orang sakit atau jenazah.

  • Merawat Panoramic Sunroof Juga Perlu, Agar Lebih Awet Dan Tetap Fungsional
    Merawat Panoramic Sunroof Juga Perlu, Agar Lebih Awet Dan Tetap Fungsional Abdul Tips & trik mobil

    Panoramic sunroof merupakan salah satu fitur pada mobil yang tidak semua mobil memilikinya. Meskipun begitu, pada mobil yang ada fitur tersebut diharapkan untuk merawat panoramic sunroof. Dengan melakukan perawatan diharapkan fungsinya tetap terjaga dengan baik.

International