Tips Menjual Mobil Dalam Masa Kredit Dengan Sistem Beli Putus

13/03/2019 Abdul Tips & trik mobil

Kebutuhan pribadi ataupun keluarga bisa saja dadakan tanpa direncana. Sehingga membuat pemilik mobil bisa saja menjual kendaraan kesayangannya. Dalam penjualan tidak hanya mobil bekas saja, namun mobil yang masih dalam masa kredit juga dapat dijual. Namun dalam menjual mobil dalam masa kredit terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Tujuannya agar pembeli yakin dan mau menerima kendaraan tersebut.

Menjual mobil dalam masa kredit tidak semudah yang dikira. Dalam pembahasan kali ini untuk menjualnya dalam sistem beli putus atau pemilik baru tidak perlu meneruskan setoran bulanan yang ditanggung penjual. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Menghitung Sisa Angsuran Dan Menebus BPKB

Gambar ini menunjukkan beberapa orang sedang berada di dalam bank

Tanyakan pada leasing atau bank mengenai total angsuran dan melakukan pelunasan lebih cepat

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menanyakan kepada pihak leasing mengenai utang pokok. Jangan lupa pula menanyakan BPKB apakah bisa diambil saat itu juga ketika dilakukan pelunasan. Hal tersebut terbilang penting karena dapat berpengaruh pada proses selanjutnya. Selain itu, perlu diketahui bahwa tidak semua bank atau leasing memberikan izin untuk mempercepat pelunasan. Bahkan ada denda yang harus dibayar ketika mengajukan mempercepat pelunasan.

Berbicara soal besaran denda atau penalty yang harus dibayar tergantung dari pihak bank atau leasing. Oleh sebab itulah sangat disarankan untuk membaca syarat dan ketentuan yang diberikan sebelum melakukan pembelian secara kredit. Dengan begitu akan didapat leasing atau bank yang benar-benar dapat meringankan beban saat dalam keadaan terdesak.

>>> Lihat Juga, Mau Beli Mobil Bekas Berkualitas Premium, Cari Yang Pilihan Expert

2. Memasarkan Di Sosmed & Situs Online

Gambar ini menunjukkan situs jual beli ternama Cintamobil.com

Ingin jual atau beli mobil bisa kunjungi situs jual beli ternama Cintamobil.com

Jaman sekaran menjual mobil serba lebih mudah. Sobat bisa menawarkannya di sosmed atau situs jual beli ternama seperti Cintamobil.com. Sobat bisa menawarkannya sesuai keinginan seperti harganya, namun harus jujur mengenai kondisinya agar pembeli juga tidak kecewa. Selain itu, dalam tulisan juga jangan menulis BPKB masih di leasing karena itu bisa membuat penjualan mobil jadi lama. Menjual mobil dalam masa kredit memang dapat dilakukan dengan beberapa tips tersebut.

>>> Klik di sini untuk mengetahui spesifikasi lengkap mobil semua merk

3. Memberikan Penjelasan Terhadap Calon Pembeli

Gambar ini menunjukkan 2 orang sedang melihat ponsel sambil tertawa

Berikan penjelasan mengenai kondisi sebenarnya mobil yang dijual

Bagian ini merupakan hal yang terbilang sangat penting yakni penjelasn. Apalagi untuk menjual mobil dalam kondisi ini biasanya BPKB masih berada di leasing atau pihak Bank. Jadi masalah ini kadang yang membuat calon pembeli ragu akan mobil yang dijual. Hal tersebut lumrah karena mobil tidak terlepas dari yang namanya surat kendaraan seperti STNK, BPKB, Faktur dan surat lainnya. Hal tersebut menjadi bukti akan kepemilikan mobil yang dijual. Jadi apabila masih dalam kredit maka BPKB tidak akan dibawa, sehingga bisa membuat calon pembeli yang tidak paham akan mengurungkan niatnya.

Oleh sebab itulah dari pihak penjual harus bisa meyakinkan calon pembeli. Sobat bisa mengatakan bahwa BPKB sedang disimpan oleh pihak bank atau leasing. Jika cocok dengan mobilnya dan terjadi deal harga maka BPKB siap ditebus pada hari itu juga. Dengan menggunakan jawaban tersebut biasanya calon pembeli akan mengerti dan tidak meragukannya.

>>> Baca Juga, Mengetahui Kekurangan Dan Keuntungan Membeli Mobil Secara Kredit

4. Melakukan Transaksi

Gambar ini menunjukkan 3 orang 1 wanita 2 orang pria sedang berdiri di di dekat mobil

Banyak pembeli yang ingin membayar dan langsung membawa pulang mobil lengkap dengan suratnya

Setelah langkah di atas berjalan dengan lancar, maka selanjutnya dalam menjual mobil dalam masa kredit adalah melakukan transaksi. Lakukan dengan aman, caranya bisa mengajak calon pembeli ke pihak bank atau leasing dan jangan lupa untuk menyuruh melakukan pemeriksaan seperti BPKB, STNK, no rangka dan hal lainnya. Tujuannya adalah sebagai bukti bahwa mobil benar-benar memiliki kelengkapan surat.

Itulah beberapa tips dalam menjual mobil dalam masa kredit. Selain itu, ada hal penting lain yang perlu diperhatikan. Dalam penjualannya jangan terlalu mengharap keuntungan yang besar. Hal tersebut boleh saja, namun bisa impas saja terbilang sudah bagus. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca