Tips Menghindari Unjuk Rasa Saat Berkendara Dengan Mobil

17/10/2020 Abdul Tips & trik mobil

Berkendara dengan mobil bisa lebih nyaman selama perjalanan ke tempat yang dituju. Namun tidak selalu perjalanan yang ditempuh akan mulus, karena bisa saja bertemu dengan unjuk rasa yang menyebabkan kemacetan. Oleh sebab itu menghindari unjuk rasa perlu dilakukan.

Pada saat ada unjuk rasa atau demonstrasi biasanya akan menjadi penyebab terjadinya kemacetan karena ruas jalan ada yang ditutup dan dilakukan pengalihan. Saat berkendara dengan mobil kesayangan, menghindari unjuk rasa perlu dilakukan supaya bisa sampai tujuan dengan aman dan tidak terjebak kemacetan ataupun pengunjuk rasa.

Gambar ini menunjukkan banyak mobil terjebak dalam kemacetan

Kemacetan bisa terjadi dimana saja dan usahakan untuk menghindarinya

>>> Baca Juga, Ikuti Arahan Polisi Atau Patuh Rambu-Rambu? Ini Yang Harus Dilakukan

Berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Memantau Berita Secara Online Atau Melalui Media Sosial

Seperti yang sudah diketahui bersama, bahwa saat akan adanya demo biasanya sudah ada kabar melalui berita online ataupun media sosial. Jadi ketika sudah diketahui waktunya Sobat bisa menghindarinya dengan tetap di rumah dan menunda perjalanan. Namun bila ternyata memang harus ke tempat tujuan pada hari dimana ada demo, maka Sobat sebelum berangkat memantau berita dimana titik demo berlangsung dan perkirakan jalur yang dilewati oleh pendemo dengan melihat berita online atau media sosial.

Nah dengan begitu Sobat bisa memilih jalur lain yang sekiranya aman dari pendemo dan kemungkinan tidak terjadi kemacetan. Meskipun bila waktu yang ditempuh lebih jauh itu tidak masalah, dibandingkan harus terjebak kemacetan ataupun terjebak diantara para pengunjuk rasa.

2. Memanfaatkan Peta Digital

Selain memantau berita online dan media sosial, Sobat juga bisa memanfaatkan peta digital untuk mendapatkan rute perjalanan yang aman dan terhindar dari unjuk rasa. Meskipun begitu jangan lupa untuk mempelajari rute yang ditawarkan dan melakukan pertimbangan terhadap alternatif rute yang ditunjukkan. Hal tersebut untuk bersiap dengan segala kemungkinan di jalan, selama perjalanan pantau terus peta digital. Bila rute yang akan dilalui ternyata memiliki warna pekat merah maka menunjukkan sedang macet parah.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan peta digital pada ponsel

Gunakan peta digital untuk mengetahui titik kemacetan

>>> Baca Juga, Empat Hal Berikut Bantu Mengurangi Stres Saat Jalanan Macet

3. Melakukan Persiapan Pada Diri Dan Mobilnya

Dalam menghindari unjuk rasa sebaiknya mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Dari mulai makanan dan juga minuman untuk berjaga-jaga saat terjebak kemacetan parak meskipun sudah mencoba mencari rute alternatif paling aman. Dalam berpakaian sewajarnya saja dan jangan menggunakan barang berharga secara berlebihan.

Di masa pandemi saat ini jangan melupakan untuk membawa hand sanitizer dan juga memakai masker. Pada persiapan kendaraan bisa mengecek tekanan angin dan bahan bakarnya, pastikan BBM penuh dan tekanan angin sesuai rekomendasi pabrikan. Selain itu, cek cairan seperti air radiator, oli dan minyak rem untuk meminimalisir terjadi masalh di jalan.

4. Melakukan Pengendalian Emosi Pada Diri Sendiri

Dalam berkendara ada atau tidak ada pengunjuk rasa atau demo, emosi tetap harus dijaga. Usahakan berkendara dengan nyaman dan tenang karena emosi tidak akan menyelesaikan masalah. Apalagi saat ada pengunjuk rasa, para pengendara lain juga mencari rute alternatif lain. Jadi tetap fokus dan waspada serta menjaga emosi pada diri.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil dekat dengan para pengunjuk rasa

Jaga emosi saat dekat dengan para pengunjuk rasa

5. Saat Terjebak Unjuk Rasa Jaga Sikap Tetap Tenang

Ketika sudah berusaha mencari jalur yang aman tapi tetap masih terjebak di antara pendemo maka jangan panik. Sobat bisa menutup kaca dan kunci semua pintu serta menempatkan barang berharga di tempat yang tidak terlihat dari luar. Saat ada tindakan yang tidak baik jangan terpancing emosi.

Beritahukan ke keluarga atau teman dan melakukan share lokasi sehingga Sobat dapat terpantau dan segera memberikan bantuan jika terjadi bahaya. Jangan memasang wajah tegang ataupun terdistraksi oleh hal lain contohnya main ponsel karena bisa memancing kejahatan. Sobat juga bisa mencari info apakah ada teman atau saudara yang ikut demo tersebut, sehingga Sobat bisa keluar lebih cepat untuk menghindari unjuk rasa atau setidaknya aman dan terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International