Tips Mengatur Posisi Mengemudi Mobil Agar Lebih Nyaman

12/03/2019 Abdul Tips & trik mobil

Berkendara menggunakan mobil tentunya mengharapkan kenyamanan dapat dirasakan dengan maksimal. Oleh sebab itu posisi duduk harus benar-benar diperhatikan agar mendapatkannya. Namun banyak orang yang tidak memperhatikan hal ini, terutama bagi pengemudi pemula. Hal tersebut bisa menimbulkan beberapa resiko yang tidak diinginkan. Jadi posisi mengemudi mobil harus benar-benar diperhatikan.

Dengan mengatur posisi mengemudi mobil yang benar bisa meningkatkan kenyamanan dan keamanan. Selain itu tubuh juga menjadi lebih sehat dengan memperhatikan hal tersebut. Dalam hal ini berlaku saat menempuh perjalanan dekat ataupun jauh. Nah berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Posisi Duduk Saat Mengemudi

Gambar ini menunjukkan seorang pengemudi pria sedang berada di dalam mobil

Posisi duduk yang nyaman dapat mengurangi rasa lelah selama perjalanan

Saat mengemudi posisi duduk juga harus diperhatikan. Hal tersebut dikarenakan berhubungan dengan kenyamanan dan keamanan dalam mengemudi. Apabila posisi duduk sudah benar maka saat ingin melakukan manuver dapat dilakukan dengan mudah seperti saat dalam kondisi mendesak dan perlu refleks yang cepat juga.

Untuk posisi yang disarankan saat duduk di bangku pengemudi adalah badan tegak dengan posisi membentuk sudut antara 100 sampai 115 derajat. Selain itu posisi jok juga perlu diatur hingga bisa mendapatkan posisi tersebut.

>>> Mungkin Tertarik, Mana Lebih Berbahaya, Mengemudi Pakai High Heels, Sandal Jepit, Atau Tanpa Alas Kaki

2. Posisi Kaki Dan Lengan Saat Mengemudi

Gambar ini menunjukkan seorang pria sedang mengemudi mobil

Saat mengemudi mobil dengan posisi yang nyaman dapat meningkatkan konsentrasi berkendara

Dalam mengemudi posisi lengan sampai tangan benar-benar harus dalam keadaan santai. Jangan terlalu menjuntai ke bawah apalagi kaku. Kalau bisa siku diatur sampai membentuk sudut sekitar 110 sampai 120 derajat. Umumnya dengan sudut tersebut bisa mempunyai refleks yang lebih baik ketika dalam kondisi yang tidak terduga. Sedangkan untuk posisi kaki yang tertuju pada betis dan paha diusahakan membentuk sudut 110 sampai 120 derajat. Dengan posisi tersebut bisa membuat pergerakan lebih leluasa dan cepat.

Namun dalam hal ini kadang seiring berjalannya waktu pengemudi dapat mendapatkan posisi yang benar-benar nyaman buat dirinya sendiri. Dengan posisi mengemudi mobil yang tepat maka selama perjalanan tidak akan mudah merasa kelelahan. Mengingat kesehatan sangatlah penting agar dapat berkendara sampai tujuan dengan aman dan nyaman.

>>> Klik di sini untuk mengetahui spesifikasi lebih jelas tentang Mobil

3. Posisi Kepala Saat Mengemudi

Gambar ini menunjukkan jok mobil bagian depan dengan terdapat bantalan kepala

Posisikan kepala dan leher dengan nyaman tanpa mengurangi pandangan terhadap jalan

Perlu diketahui bahwa posisi kepala saat mengemudi adalah dengan tidak bersandar pada sandaran yang terdapat pada jok mobil. Jadi kepala harus tegak supaya pandangan dapat lebih fokus terhadap jalanan tanpa ada gangguan.

Apabila ingin bersandar bisa mengandalkan bantalan penyangga tengkuk atau leher. Fungsi dari penyangga ini adalah untuk kenyamanan kepala dan leher, selain itu juga bisa melindunginya saat terjadi benturan ataupun guncangan.

>>>  Lihat Juga, Perhatikan Hal Ini Saat Mengganti Jok Mobil Agar Tidak Kecewa

4. Posisi Tangan Saat Mengemudi

Gambar ini menunjukkan 2 buah tangan memegang kemudi mobil

Posisi tangan yang nyaman pada kemudi mobil membuat pengendalian lebih baik

Tangan juga mempunyai peranan penting supaya berkendara jadi lebih aman dan nyaman. Peganglah kemudi dalam kondisi santai dan jangan terlalu erat  dalam mencengkram. Kebiasaan yang tidak disarankan adalah dengan memposisikan ibu jari bertemu dengan keempat keempat jari. Jadi kalau bisa posisikan ibu jari sejajar dengan lingkar setir. Hal tersebut bertujuan untuk lebih memudahkan pengendara dalam melakukan manuver. Apalagi untuk kendaraan modern saat ini sudah terdapat teknologi power steering sehingga memungkinkan memutar kemudi mobil dengan lebih mudah.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

5. Gunakan Sabuk Pengaman Dan Mengatur Spion

Gambar ini menunjukkan spion mobil sebelah kiri dan terlihat sedikit bagian  mobil

Spion mobil berguna untuk melihat keadaan sekitar dan belakang kendaraan

Berhubungan dengan posisi mengemudi mobil, pengaturan spion juga diperlukan. Karena dengan posisi yang tepat maka untuk melihat kendaraan di sekitar mobil yang ditunggangi bisa lebih jelas. Sehingga dapat memperhitungkan sesuatunya dengan baik dan benar, seperti saat ingin mendahului ataupun berbelok.

Jangan lupakan masalah sabuk pengaman, fungsinya adalah untuk menahan  beban tubuh agar tetap dalam posisi. Selain itu juga melindungi badan terlempar saat melakukan pengereman mendadak ataupun terjadi benturan. Jadi pastikan posisi sabuk pengaman tidak terlalu longgar dan juga tidak terlalu menekan tubuh.

Demikianlah beberapa tips dalam mengatur posisi mengemudi mobil supaya tetap nyaman dan aman. Namun kadang beberapa orang mempunyai posisi sendiri dalam berkendara dan dirasa lebih nyaman. Hanya saja tips di atas yang kerap dilakukan oleh kebanyakan pengemudi. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca