Tips Mengatur Bawaan Di Mobil Saat Pulang Dari Rumah Saudara Atau Orang Tua

05/06/2021 Abdul Tips & trik mobil

Ketika bepergian bersama keluarga tercinta ke tempat orang tua atau saudara maka persiapan akan dilakukan. Apalagi jika menginap, tentunya beberapa barang dibaa sampai bagasi mobil penuh, begitupun dengan jok mobil. Lantas bagaimana mengatur bawaan di mobil saat ingin kembali dan terdapat tambahan barang bawaan berupa pakaian kotor dan juga oleh-oleh?

Dalam mengatur barang bawaan di mobil saat ingin bepergian bisa dilakukan persiapan. Jika sudah tidak muat maka tidak akan ditambah lagi. Namun hal yang kadang cukup merepotkan adalah saat puang dari rumah saudara atau orang tua. Kadangkala dibekali oleh-oleh atau cinderamata bahkan pakaian yang kotor.

Gambar ini menunjukkan seseorang memasukkan barang di bagasi mobil

Saat pulang dari rumah saudara atau orang tua biasanya ada oleh-oleh dan pakaian kotor

>>> Baca Juga, Hindari Mengatur Barang Di Bagasi Mobil Terlalu Tinggi, Ada Aturan Mainnya Lo

Nah untuk kondisi tersebut, hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menghitung daya angkut kendaraan maksimal dengan melihat buku manual. Bisa juga menghitung load index dari ban mobil. Pengisian tekanan angin ban mobil juga penting dan perlu disesuaikan dengan rekomendasi pihak pabrikan. Dalam pengukuran dilakukan saat mobil kosong, bukan saat sudah terisi penuh dengan barang dan penumpang.

Mobil Sedan

Jika mobil yang dibawa adalah sedan maka akan lebiih mudah pengaturannya karena mempunyai bagasi terpisah. Dimana untuk barang yang paling berat seperti koper bisa ditempatkan pada bagian dalam tengah. Setelah itu dilanjutkan dengan barang yang lebih ringan pada sisi kanan dan kiri yang diposisikan supaya tidak mudah bergerak yaitu saling mengunci. Sedangkan barang yang mempunyai potensi akan dibuka lebih sering ketika melakukan pemberhentian dapat ditempatkan pada posisi paling belakang. Tujuannya adalah saat diperlukan mudah untuk dijangkau.

Untuk mainan anak dan juga makanan ringan, Sobat bisa menempatkannya pada tempat khusus supaya dapat ditempatkan di kabin mobil. Jangan lupakan ruang penyimpanan bawaan di dalam kabin mobil seperti sandaran bangku depan, dashboard, konsol tengah dan juga di door trim. Manfaatkan sebaik-baiknya dengan meletakkan barang yang tepat pada bagian tersebut. Meskipun begitu, hindari menaruh barang bawaan yang mempunyai resiko menciderai penumpang atau pengemudi saat tiba-tiba melakukan pengereman mendadak.

>>> Lihat Juga, Membersihkan Bagasi Mobil Sedan Itu Mudah, Begini Caranya!

Gambar ini menunjukkan barang bawaan di bagasi mobil sedan

Bagasi mobil sedan terpisah dengan kabin mobil

>>> Baca Juga, Merawat Bagasi Mobil Itu Perlu Agar Awet, Begini Caranya

Sementara itu, apabila bagian belakang hanya diisi 2 orang maka pada sisi tengahnya dapat dimanfaatkan untuk menaruh oleh-oleh. Apabila penuh maka bisa menempatkannya di bagian bawah jok mobil. Yang perlu diperhatikan adalah kenyamanan selama perjalanan jangan sampai terganggu.

Mobil MPV Dan Mobil SUV

Berbeda dengan mobil MPV, dalam mengatur barang bawaan di mobil bisa lebih mudah. Hal tersebut karena kabin yang dimiliki lebih luas. Apalagi saat tidak diisi oleh penumpang penuh hanya 4 sampai 5 orang saja, maka jok ketiga dapat dilakukan pelipatan dan barang bawaan dapat dimasukkan lebih banya. Dalam pengaturan sama metodenya dengan memasukkan barang di mobil sedan. Yang pasti untuk barang berpotensi dibutuhkan selama perjalanan ditempatkan di paling atas supaya saat dibutuhkan mudah diambil.

Menjaga barang bawaan supaya tidak berantakan bisa memanfaatkan cargo net dan yang pelu diperhatikan selanjutnya adalah tidak menumpuk lebih tinggi dari sandaran jok mobil. Hal tersebut ditujukan supaya visibilitas sopir tidak terganggu. Jadi dalam menumpuk barang di bagasi diusahakan seefisien mungkin. Selain itu, rongga penyimpanan kabin perlu dioptimalkan penggunaannya. Bagian kolong jok juga bisa menjadi tempat untuk barang-barang kecil. Untuk pengaturan mobil SUV tergolong sama saja dengan mobil MPV. Hal yang perlu diutamakan adalah kenyamanan penumpang di dalam mobil, apalagi saat menempuh perjalanan jauh.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan barang di bagasi mobil

Kabin mobil MPV umumnya terbilang lega

Selain hal tersebut, dalam mengatur barang bawaan di mobil bisa juga dengan memanfaatkan bagian atap kendaraan jika mempunyai roof rail. Sobat bisa menempatkan roof rack atau roof box sehingga dapat dijadikan bagasi tambahan pada mobil. Hanya saja tetap utamakan keselamatan dan beban tidak melebihi maksimal yang sesuai rekomendasi pabrikan. Hindari mengikat di atap sembarangan karena bisa beresiko merusak bodi mobil. Dalam penempatannya juga perlu diposisikan di tengah supaya distribusi bobit mobil tetap terjaga. Tutupi dengan plastik atau terpal sebagai langkah berjaga-jaga saat tiba-tiba turub hujan.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Beberapa Penyebab Mobil Terbakar Karena Pemilik Kurang Teliti
    Beberapa Penyebab Mobil Terbakar Karena Pemilik Kurang Teliti Abdul Tips & trik mobil

    Mobil terbakar menjadi salah satu hal yang tidak diinginkan oleh pengendara. Dimana saat mengalaminya tentu bisa berbahaya karena nyawa taruhannya, tidak hanya bagi pengendara sendiri tapi penumpang dan orang0orang disekitar juga beresiko terkena dampaknya. Dalam hal ini mengetahui penyebab mobil terbakar itu diperlukan supaya dapat menghindarinya.

  • Ini Dia Beberapa Kondisi Tak Disukai Pengemudi Wanita Ketika DI Jalan
    Ini Dia Beberapa Kondisi Tak Disukai Pengemudi Wanita Ketika DI Jalan Abdul Tips & trik mobil

    Seperti yang telah diketahui bersama, bahwasanya saat ini tidak hanya pria saja yang mengendarai mobil. Para wanita juga banyak yang mengemudikan kendaraan dijalan. Meskipun terdapat anggapan terkait wanita yang kadang membuat kekacauan saat di jalan, akan tetapi tidak sedikit wanita yang mempunyai kemampuan mengendalikan mobil lebih mahir dari pria. Walaupun begitu, terdapat kondisi tak disukai wanita saat di jalan.

  • Beberapa Barang Tidak Boleh Ditinggal Di Mobil Dalam Waktu Lama
    Beberapa Barang Tidak Boleh Ditinggal Di Mobil Dalam Waktu Lama Abdul Tips & trik mobil

    Mempunyai sebuah mobil tentunya akan ada waktunya diparkirkan. Tidak mungkin seseorang akan mengemudi terus menerus tanpa istirahat. Nah terdapat beberapa barang tidak boleh ditinggal di mobil dalam waktu yang lama. Hal tersebut berhubungan dengan keamanan dan juga kesehatan.

International