Tips Mendahului Mobil Di Jalan Tol Yang Aman

19/09/2019 Abdul Tips & trik mobil

Jalan tol menjadi salah satu rute favorit pengendara mobil karena dapat sampai tujuan dengan lebih cepat. Hal tersebut dikarenakan jalannya yang sangat luas dan khusus untuk kendaraan roda 4 lebih. Ditambah lagi untuk melewatinya perlu membayar dengan nominal yang telah ditentukan. Meskipun jalan nya lebih lebar dibanding jalan umum biasa, dalam mendahului mobil di jalan tol juga ada tata caranya.

Saat melaju di jalan tol, pengemudi bisa mengemudikan kendaraan dengan laju yang cukup tinggi sampai 100 km/jam. Sedangkan untuk kecepatan paling rendah adalah 40 km/jam. Jadi pada kecepatan tersebut, saat pengemudi kehilangan konsentrasi bisa berakibat kecelakaan. Namun hal yang lebih berbahaya adalah saat mendahului mobil di jalan tol, karena kondisi mobil yang semuanya melaju dengan cepat. Sehingga kecepatan saat mendahului harus tinggi, apabila salah dalam memperhitungkan akibatnya bisa fatal.

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa dijadikan perhatian saat mendahului mobil di jalan tol:

1. Menyalip Dengan Cepat Tapi Tidak Ugal – Ugalan

Gambar ini menunjukkan ilustrasi jalur saat akan menyalip kendaraan

Lakukan dengan cepat saat menyalp di jalan tol

Jadi saat ingin mendahului kendaraan lain tentunya diperlukan kecepatan yang lebih tinggi. Karena jika tidak, tentunya akan sulit untuk mendahului kendaraan lain, dalam hal ini setidaknya lebih cepat 16 km/jam dibandingkan dengan kendaraan yang akan didahului. Apabila kurang dari angka tersebut sebaiknya tidak mendahului untuk keselamatan. Selain itu, perhatikan juga area blind spot kendaraan yang akan didahului. Jangan terlalu lama pada area tersebut karena mobil yang Sobat kendarai tidak terlihat. Jadi apabila tanpa perhitungan yang matang saat ingin mendahului membuat seseorang menjadi pengemudi yang ugal-ugalan.

>>> Lihat Juga, Beberapa Alasan Mengapa Harus Mampir Rest Area Saat Lewat Jalan Tol

2. Menyalakan Lampu Sein Setelah Melihat Spion

Gambar ini menunjukkan spion mobil tampak ada beberapa kendaraan terlihat

Lihat kondisi belakang sebelum mendahului mobil

Kadang pengemudi langsung menyalakan lampu sein sebelum melihat kondisi belakang melalui spion. Hal ini tergolong wajib untuk keamanan, karena jika tidak bisa beresiko tertabrak dari belakang yang ingin mendahului mobil Sobat. Tujuan melakukan hal tersebut adalah memastikan kondisi belakang yang akan dibuat untuk mendahului dalam kondisi yang aman. Sehingga saat akan melakukan akselerasi bisa dilakukan dengan cepat.

>>> Baca Juga, Jangan Terlena Saat Melintasi Jalan Tol Lurus Dan Mulus

3. Perhatikan Tanda Kedipan Lampu Saat Ingin Menyalip

Gambar ini menunjukkan banyak mobil berbagai enis melaju di jalan tol

Beri jalan jika ada kendaraan di belakang memberi tanda akan menyalip

Pada saat ingin mendahului mobil di jalan tol jangan sampai mundur ke belakang ke posisi asal kecuali ada kendaraan lain di belakang yang mengedipkan lampu. Adapun tanda tersebut bertujuan untuk memberitahu bahwa Sobat tidak boleh menghalangi kendaraan lain yang sedang melaju. Biasanya dalam hal ini mobil di belakang sudah dalam kecepatan yang tinggi atau memang pengendara tersebut tidak dapat memberi jalan dengan alasan bisa menabrak.

>>> Klik Di Sini Untuk Mengupdate Harga Terbaru Mobil Semua Merek Di Hargamobil.com

4. Hati-Hati Dengan Mobil Lain Yang Akan Didahului Menambah Kecepatan

Karakter pengendara berbeda-beda saat berada di jalan raya. Kadang ditemui pengemudi yang saat didahului merasa kurang senang dan malah meningkatkan kecepatan laju mobilnya seakan sedang balapan. Jadi Sobat perlu berhati-hati dengan pengemudi seperti itu. Alangkah baiknya saat menemuinya lebih baik mundur dan menjauhinya, karena hal tersebut tidak ada gunanya.

gambar ini menunjukkan beberapa mobil melaju di jalan tol yang berbelok

Hindari adu balap di jalan tol bisa merugikan diri sendiri dan pengendara lain

>>> Ingin Membeli Mobil Baru & Bekas? Dapatkan Daftar Lengkapnya Di Sini

5. Memberi Tanda Pada Pengemudi Yang Akan Didahului

Jadi pada umumnya saat melaju di jalan tol yang paling lambat di lajur kiri dan paling cepat lajur kanan. Meskipun begitu ada saja kendaraan yang mengambil lajur kanan padahal mobilnya melaju tidak cepat. Tentunya hal tersebut menjadi sulit untuk mendahuluinya. Jika harus menunggu maka akan butuh waktu yang cukup lama. Solusinya biasanya adalah dengan membunyikan klakson dan mengedipkan lampu untuk tanda bahwa ada kendaraan yang ingin mendahului. Harapannya agar mobil di depan dapat berpindah lajur yang semestinya.

Demikianlah informasi mengenai tips mendahului mobil di jalan tol. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International