Tips Memperbaiki Spion Mobil Rusak Karena Beberapa Sebab

15/03/2019 Abdul Tips & trik mobil

Spion mobil merupakan salah satu bagian yang letaknya berada pada bagian samping kanan dan kiri. Fungsinya adalah sebagai alat bantu untuk melihat bagian belakang dan samping kendaraan. Dengan adanya komponen ini membuat pengemudi dapat melihat sekitar dan berkendara jadi lebih aman.

Spion mobil dapat mengalami kerusakan, hal tersebut dikarenakan oleh beberapa penyebab. Seperti misalnya saat melakukan parkir yang terlalu dekat dengan kendaraan lain. Bisa juga dikarenakan oleh kecelakaan atau tabrakan dengan kendaraan lain. Dari segi harga memang terbilang lumayan mahal yang membuat komponen ini kadang hilang pada beberapa mobil karena dicuri.

Seperti yang kita tahu bahwa letak komponen tersebut di bagian samping paling menonjol diantara bagian lain. Jadi resiko tersenggol kendaraan lain menjadi lebih besar terutama saat lalu lintas sedang ramai. Untuk kerusakan yang bisa terjadi seperti kaca pecah, elektrik mirror rusak, spion parah dan pelipat otomatis tidak bekerja. Jika sudah begitu maka perlu segera dilakukan perbaikan ataupun penggantian.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan sedang memegang kaca spion pada mobil

Spion mobil membantu pengendara melihat belakang

Apabila mobil diasuransikan maka akan lebih ringan dalam penggantian. Namun jika tidak punya atau klaim ditolak karena beberapa sebab maka mau tidak mau pemilik harus keluar biaya untuk penggantian atau hanya perbaikan. Apalagi harga spion cukup mahal sehingga harus menguras kantong lebih dalam. Jika ingin lebih murah maka disarankan untuk perbaikan saja, karena relatif lebih terjangkau.

Selain itu sobat juga bisa memperbaiki spion mobil sendiri, tentunya hal ini menjadi lebih hemat dalam pengeluaran biaya. Dengan beberapa pengalaman untuk memperbaiki spion, maka saat terjadi masalah lagi tidak kebingungan. Yang pertama perlu diketahui bagian yang kerap mengalami kerusakan yakni pelipat otomatis, kaca spion dan electric mirror. Setiap bagian mempunyai cara perbaikannya masing-masing, berikut penjelasannya.

>>> Lihat Juga, Apa Sih, Fungsi Dan Kegunaan Spion Tanduk Pada SUV?

1. Kaca Spion Pecah

Kaca pada spion yang pecah bisa disebabkan karena banyak hal. Untuk perbaikannya bisa dilakukan dengan mengganti kacanya saja. Namun yang kadang jadi masalah adalah ukuran serta bentuknya yang berbeda pada tiap kendaraan. Namun sobat tidak perlu risau, karena beberapa penjual ada yang menyediakan custom kaca spion yang bisa dipasangkan sesuai jenis kendaraan.

Gambar ini menunjukkan kaca pecah pada spion mobil

Kaca spion pecah dapat dilakukan penggantian

Dalam proses penggantian bisa dilakukan dengan menggunakan alat yang simpel yakni obeng dan kaca pengganti. Selain itu sediakan juga pisau pemotong kaca dan juga gerinda apabila ingin membuat kaca spion sendiri yang sesuai. Langkah pertama adalah membersihkan kaca yang pecah pada rumah spion dengan menggunakan obeng. Lakukan sampai benar-benar bersih dan tidak ada kaca yang menempel.

>>> Baca juga, Cara Menyesuaikan Kaca Spion Mobil untuk Visibilitas Optimal

Jika membuatnya sendiri sesuaikan dengan bentuk rumah spion. Sobat bisa membuat mal dengan kertas dan ditempelkan pada kaca untuk dilakukan pemotongan. Gunakan gerinda untuk proses perapian, setelah itu tempelkan kaca pada cover plastik dan lakukan pemasangan.

2. Pelipat Otomatis Bermasalah

Jika kerusakan yang terjadi adalah kerusakan pada pelipat otomatis biasanya penyebabnya adalah dinamonya rusak. Hal tersebut bisa dikarenakan air yang masuk melalui sela-sela spion. Lama kelamaan hal tersebut menimbulkan karat dan membuat dinamo tidak bekerja dengan maksimal.

Untuk perbaikan bagian ini sebenarnya cukup ribet. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan membuka baut yang terdapat pada doortrim. Setelah itu bukalah rumah twitter dan juga wood panel yang terletak pada doortrim. Apabila sudah terbuka semua maka akan terlihat kabel yang menuju ke bagian spion kendaraan.

Setelah itu dilanjutkan dengan melepas soket dan juga mur yang menempel. Apabila sudah terlepas cobalah tarik spion ke arah luar dan lepaskan secara perlahan. Sobat bisa membuka bagian spion dan cari apa penyebabnya sehingga pelipat otomatis tidak bekerja. Lihat juga bagian dinamonya, apabila mengalami kerusakan maka perlu dilakukan penggantian.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan ilustrasi kaca spion mobil yang sedang melipat

Segera lakukan perbaikan dan penggantian saat spion bermasalah

3. Electric Mirror Aus

Untuk perbaikan pada bagian electric mirror yang aus adalah dengan mengganti gigi-gigi yang baru. Karena bagian ini mempunyai gigi-gigi yang mempunyai batas pemakaian. Dengan melakukan penggantian pada gigi-gigi di electric mirror maka spion mobil akan kembali bekerja dengan baik.

Untuk penggantian sobat perlu membuka baut console atas dan bawah. Setelah itu dilanjutkan dengan membuka cover steer. Lakukan pelepasan console speedometer dengan menarik ke atas baru ditarik keluar. Lakukan secara perlahan karena terdapat soket kabel yang terhubung ke bagian saklar. Lepaskan soket yang menuju ke bagian electric mirror dan juga saklar defogger. Setelah itu dilanjutkan dengan melepas console dan juga baut saklar electric mirror dan lakukan pelepasan pada PCB yang berada di bagian saklar. Lakukan pembersihan apabila terdapat korosi dan lakukan pemeriksaan pada drat serta gigi-giginya. Jika sudah tidak layak pakai segera lakukan penggantian dengan yang baru.

>>> Ingin membeli mobil bekas? Dapatkan berbagai listing dari Cintamobil.com

4. Spion Mobil Patah

Untuk masalah spion mobil yang patah karena suatu sebab dapat dilakukan perbaikan dengan cara ini. Pertama persiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu seperti isolasi hitam, gunting, palu, alat cungkil, alat pemanas atau hot gun, dan kunci busi. Selanjutnya adalah melakukan pencungkilan pada penutup cover pintu. Hal tersebut dapat membuat spion terlepas, dilanjutkan dengan proses pemanasan pada bagian yang patah memakai hot gun.  Setelah itu kaca spion dilepas dan panaskan kembali. Jangan lupa melepas baut yang berada di bagian tengah spion.

Gambar ini menunjukkan kaca spion warna putih dalam keadaan patah

Mengganti spion mobil dengan yang baru membutuhkan dana yang cukup besar

Bagian spion yang patah ditempelkan dengan mengandalkan isolasi hitam. Kemudian panasi kembali agar daya rekat yang didapat lebih baik. Sebelum melakukan pemasangan cover kembali sebaiknya lakukan pengecekan pada kondisi spion, apakah berfungsi dengan baik atau tidak.

Itulah beberapa tips memperbaiki spion mobil yang rusak. Mungkin sobat juga memiliki cara tersendiri atau bisa dengan membawanya ke ahlinya agar hasil yang didapat lebih maksimal. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Mudik Dengan Anak-Anak Memakai Mobil Pribadi
    Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Mudik Dengan Anak-Anak Memakai Mobil Pribadi Abdul Tips & trik mobil

    Saat merayakan lebaran di kampung halaman tentu mempunyai suasana yang berbeda dibandingkan dengan di perantauan. Kita akan bertemu dengan anggota keluarga besar dan juga teman serta sahabat yang telah lama tidak ketemu. Oleh sebab itu mudik menjadi salah satu langkah yang dapat diambil. Perjalanan mudik dengan anak-anak tidak bisa dihindari bagi sobat yang memilikinya, sehingga persiapan perlu dilakukan dengan benar-benar baik.

  • Ketahui Syaratnya Sebelum Menyewa Mobil Untuk Mudik Lebaran
    Ketahui Syaratnya Sebelum Menyewa Mobil Untuk Mudik Lebaran Abdul Tips & trik mobil

    Sekarang semuanya dipermudah dengan adanya jalan tol di mana-mana. Kemudahan ini mempunyai dampak positif dan negatif. Adapun hal positif yang didapatkan adalah dapat mencapai tujuan lebih cepat. Apalagi saat mudik lebaran, tentunya ingin segera sampai kampung halaman dan berkumpul dengan keluarga. Bagi yang tidak mempunyai mobil jangan berkecil hati, sobat bisa menyewa mobil untuk mudik.

  • Jangan Buru-Buru, Berikut Persiapan Mudik Ala Daihatsu Yang Dapat Dilakukan
    Jangan Buru-Buru, Berikut Persiapan Mudik Ala Daihatsu Yang Dapat Dilakukan Abdul Tips & trik mobil

    Bulan Ramadhan menandakan bahwa lebaran akan segera tiba, banyak orang yang tinggal di perkotaan atau sedang merantau mempersiapkan perjalanan untuk mudik. Perjalanan yang dilakukan menuju ke kampung halaman agar bisa berkumpul dengan keluarga tercinta. Beberapa hal perlu diperhatikan, namun tenang karena berikut ini terdapat informasi tentang persiapan mudik ala Daihatsu.