Tips Memilih Roof Box pada Mobil Yang Tepat

01/05/2018 Abdul Kosim Tips & trik mobil

Pada saat musim lebaran segala sesuatu dipersiapkan dengan semaksimal mungkin. Salah satu aksesoris yang dipasangkan pada mobil saat akan melakukan perjalanan mudik adalah roof box. Hal ini tentu mempunyai kegunaan tersendiri, yang dimana ketika barang bawaan yang akan dibawa sudah tidak dapat masuk dalam bagasi Mobil, maka roof box pada Mobil akan menjalankan fungsinya.

Menurut Riecky Patrayudha yang merupakan assistan to Department Head of Service PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), bahwasanya peran roof box pada Mobil adalah untuk menyimpan barang dengan tujuan agar kabin Mobil tetap lega dan nyaman. Bukan untuk bagasi tambahan yang dimana di dalam kabin masih dipenuhi dengan banyak barang.

"Pemasangan roof box itu digunakan untuk menampung barang agar tidak sesak di dalam kabin, bukan sebagai kompartemen tambahan ketika barang di kabin sudah tidak bisa lagi masuk. Fungsi ini harus di pahami betul, jangan asal pasang tanpa mengerti kegunaan utamanya," ucap Riecky.

Gambar ini menunjukkan beberapa buah roof box mobil warna hitam dan putih

Roof box pada Mobil memiliki banyak pilihan

Apabila di dalam bagasi Mobil sudah penuh dan kabin juga terdapat barang bawaan ditambah dengan penumpang, maka bisa berbahaya. Menurut riecky hal tersebut bisa mengurangi stabilitas Mobil ketika diajak melakukan perjalanan jauh ataupun mudik.

Tidak hanya itu saja, pemilihan roof box pada Mobil juga sangat diperlukan. Carilah model yang menggunakan desain tipis serta tidak menghalangi angin ketika Mobil sedang melaju. Karena jika modelnya bertabrakan dengan angin serta tak mampu menahannya kemudian terlepas bisa berbahaya bagi pengendara lain.

"Memilih bentuk roof box sangat penting agar tidak menghadang laju angin dari depan. Mudahnya begini, pasang roof box itu sudah mengurangi sisi aerodinamis dari mobil, bila ditambah dengan bentuk yang besar atau hanya peti dan di tutup terpal otomatis makin berkurang, belum lagi dampak bila roof box itu tidak bisa menahan terpaan angin yang kemudian terlepas dan membahayakan pengemudi lain, " papar Riecky.

Perlu diketahui, roof box yang baik dan aman dipasangkan pada Mobil adalah yang dapat menghilangkan hambatan udara.

gambar ini menunjukkan roof box dengan warna hitam pada mobil

Ukuran Roof box bisa disesuaikan dengan kapasitas penumpang Mobil

>>> Baca juga, Beberapa Komponen Penting Yang Perlu Diperiksa Usai Mudik Dengan Mobil Pribadi

“Ukuran lebar ideal roof box itu 90-95 cm dengan tinggi 35-45 cm. Angka ini untuk menjaga aerodinamitas" ujar Arief punggawa Banteng Mas di lantai 8 MGK Kemayoran, Jakarta Utara yang juga distributor roof box Thule asal Swedia dan Hapro dari Belanda.

Jadi tidak heran jika model yang ada pada roof box sangat beragam. Tujuannya adalah memberikan kesempatan kepada pemilik kendaraan untuk memilih model yang disukai namun tetap mengedepankan keamanan dan kenyamanan.

"Kalau kapasitas kargonya semakin besar, roof box itu akan semakin rendah dan ramping, tapi ukurannya memanjang” tambah Arief lagi.

Dalam memilih roof box pada Mobil tidak boleh sembarangan, berikut ini adalah tips yang bisa Anda baca.

Gambar ini menunjukkan cross bar universal berada di atas mobil warna silver

Cross bar universal merupakan solusi untuk Mobil LCGC

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

1. Memilih roof box dengan bahan material plastik ABS sangat direkomendasikan. Alasannya adalah material ini sangat kuat dan yang terpenting adalah anti air. Mengingat kondisi saat berkendara tidak diprediksi, kadang panas dan juga hujan. Untuk berat yang dimiliki sekitar 10 sampai 15 kg.

2. Seperti yang disebutkan di atas bahwa cuaca bisa berubah kapan saja, oleh sebab itu roof box pada Mobil harus dipastikan bahwa sudah mempunyai lapisan anti UV. Tujuannya adalah jika terkena sinar matahari tidak mengering atau pecah-pecah.

3. Pada Mobil non roof rail terdapat faktor lain yang juga penting yakni cross bar. Memastikan bagian tersebut terpasang sempurna adalah hal yang cukup penting, jangan sampai terdapat celah yang kurang rapat karena dapat menyebabkan air masuk ketika turun hujan.

4. Dalam melakukan roof box pada Mobil bisa dilakukan dengan melihat kapasitas penumpang. Seperti misalnya untuk Nissan X-Trail yang memiliki kapasitas 5 sampai 6 penumpang. Anda bisa memilih roof box dengan ukuran 300 Liter. Dengan ukuran tersebut sudah bisa menampung tas fitness dengan jumlah 6 dan masih ada sisa yang bisa dimasukkan tas kargo ukuran 7 inci. Sedangkan untuk Mobil dengan kapasitas 7 penumpang, kami sarankan memilih roof box dengan ukuran 400 Liter.

5. Pada Mobil LCGC seperti Toyota Agya dan lainnya yang memiliki bobot sekitar 1.000 kg, sangat riskan dengan pemasangan roof box. Solusinya jika akan menempatkan barang di atap kendaraan bisa menggunakan cross bar universal.

Demikianlah informasi mengenai cara memilih roof box pada Mobil yang tepat. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International