Tips Memilih Ford Fiesta Bekas Agar Mendapatkan Dalam Kondisi Baik

24/03/2020 Abdul Tips & trik mobil

Ford Fiesta merupakan salah satu mobil yang masuk dalam segmen hatchback yang berasal dari Amerika. Untuk harganya berada di bawah Rp. 150 jutaan dan bisa menjadi alternatif bagi seseorang yang menginginkan sebuah kendaraan entry level. Bagi Sobat yang ingin membelinya, sebaiknya baca tips memilih Ford Fiesta bekas agar mendapatkan yang kondisinya baik dan minim masalah.

Apabila mempunyai dana di bawah Rp. 150 juta maka akan sulit untuk bisa mendapatkan sebuah mobil dalam kondisi baru. Namun bila mencari sebuah mobil bekas, maka akan ada banyak opsi yang dapat dipilih, salah satunya adalah Ford Fiesta. Meskipun begitu, memilih Ford Fiesta bekas tidak boleh sembarangan, agar mendapatkan mobil dengan kondisi yang baik.

DI Indonesia, penjualan mobil Ford tersebut diawali pada tahun 2011 sampai 2016. Untuk mesin yang dipakai terdapat 4 pilihan yakni mesin 3 silinder yakni 1.000 cc dan yang memakai 3 sampai 4 silinder adalah 1.400 cc kemudian 1.500 cc dan 1.600 cc. Untuk yang 3 silinder mobilnya dikenal dengan nama Ecoboost.

Berikut ini merupakan beberapa tips memilih Ford Fiesta bekas agar mendapatkannya dalam kondisi yang baik.

1. Memperhatikan Kondisi Transmisi

Gambar ini menunjukkan transmisi mobil Ford Fiesta

Meskipun lebih responsif dalam perpindahan gigi

Mobil yang kita bahas kali ini mengandalkan transmisi Dual Clutch Technology (DCT). Dengan mengandalkan transmisi tersebut menghasilkan sebuah karakteristik dalam perpindahan gigi yakni lebih responsif dan juga empuk apabila dibandingkan dengan transmisi matic konvensional. Hanya saja ketika mempunyai mobil tersebut transmisinya justru perlu perhatian yang ekstra.

Bahkan berdasarkan informasi dari pengguna Ford Fiesta menyebutkan, bahwasanya gearbox transmisi DCT rentan mengalami masalah terutama di bagian TCM nya (Transmission Control Module). Dalam hal ini Sobat bisa melakukan pemeriksaan pada transmisinya saat melaju, jadi saat perpindahan gigi apakah menghentak atau masih halus. Selain itu pengecekan juga perlu dilakukan guna memastikan bahwa TCM tidak mengalami masalah.

>>> Lihat Juga, Ingin Cicilan Mobil Bekas Murah, Cobalah Beberapa Tips Ini

2. Mengecek Fitur

Gambar ini menunjukkan Dashboard mobil Ford Fiesta

Fitur yang diberikan cukup lengkap

Selain soal transmisi, fitur yang disematkan di dalamnya juga bisa menjadi pertimbangan. Jadi di zamannya mobil ini mempunyai kelengkapan fitur mulai head unit yang sudah voice command serta audio hingga hill launch assist juga turut disematkan. Pastikan fitur yang ada berfungsi dengan baik dan jangan lupa cek kelistrikan kendaraan.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

3. Cek Buku Servis Dan Jarak Tempuh

Gambar ini menunjukkan buku servis mobil Ford Fiesta

Buku servis bisa mengetahui perawatan dan penggantian spare part yang pernah dilakukan

Dalam memilih Ford Fiesta bekas, sejarah mobil juga perlu diperhatikan. Sobat bisa mengecek buku servis jika ada supaya kamu mengetahui beberapa perawatan yang pernah dilakukan. Selain itu, cek juga jarak tempuhnya seperti pengecekan mobil bekas pada umumnya. Perhatikan juga pada beberapa bagian di kaki-kaki dan juga mesin kendaraan. Pengecekan bisa dengan memastikan kaki-kaki tidak berisik dan mesin tidak mengalami kebocoran.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

4. Tidak Berharap Resale Value

Gambar ini menunjukkan mobil Ford Fiesta tampak bagian depan

Ketenaran brand Ford masih kalah dengan Toyota ataupun Honda

Yang perlu diperhatikan saat memilih Ford Fiesta bekas adalah brand nya yang tidak sekuat produsen lain seperti Honda ataupun Toyota di Indonesia. Bahkan pada tahun 2016 lalu APM Ford telah hengkang dari Tanah Air. Selain itu, hal tersebut juga dapat berpengaruh terhadap resale value, oleh sebab itu jangan berharap untuk harga mobil  bekasnya akan stabil ketika berniat menjual kembali di kemudian hari.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca