Tips Membersihkan Layar Head Unit Yang Terdapat Banyak Sidik Jari

08/02/2019 Abdul Tips & trik mobil

Head unit pada mobil sudah menjadi fitur yang tergolong penting pada kendaraan jaman sekarang. Fungsinya sendiri adalah sebagai aksesoris yang dapat memberikan hiburan kepada pengendara ataupun penumpangnya. Apalagi di zaman sekarang head unit telah mendapatkan layar sentuh untuk memudahkan pengemudi dalam mengoperasikannya. Namun kadang bagian ini akan kotor karena pemakaian. Oleh sebab itu kami berikan informasi mengenai tips membersihkan layar head unit yang terdapat banyak sidik jari.

Pada saat mobil kerap digunakan untuk sehari-hari, maka fitur yang berada pada head unit akan sering digunakan. Sehingga sentuhan dari jari tangan akan menghasilkan jejak tangan. Jika begitu maka saat dipandang akan terasa kurang menarik dan bahkan terasa risih. Selain itu, sensitivitas layar sentuh dari head unit menjadi berkurang. Oleh sebab itu sangat diperlukan membersihkan layar head unit yang terdapat banyak sidik jari.

Gambar ini menunjukkan head unit pada mobil dengan layar serta banyak tombol

Dengan adanya head unit yang memiliki banyak format dapat membuat perjalanan jadi lebih nyaman

Terdapat cara untuk menghilangkan sidik jari yang ada pada layar tersebut agar kembali dapat dioperasikan dengan baik. Untuk lebih jelasnya simak penjelasannya di bawah ini:

>>> Baca Juga, Mengganti Head Unit Mobil Tidak Boleh Sembarangan, Sebelumnya Perhatikan Hal Ini!

1. Membersihkan Dengan Memakai Cairan Khusus

Ketika berniat melakukan pembersihan pada bagian layar head unit sebaiknya jangan memakai cairan sembarangan. Apalagi cairan yang mempunyai kandungan alkohol, resikonya adalah dapat menjadikan kerusakan pada layar head unit seiring berjalannya waktu.

Jadi sangat disarankan untuk prosesnya memakai cairan khusus. Adapun cairan yang dipakai memilih yang mengandung pH lembut supaya tidak menyebabkan kerusakan pada bagian layar dari head unit. Jika memakai cairan khusus tersebut bisa membuat layar kembali kinclong seperti sedia kala dan sensitivitasnya tetap baik.

Gambar ini menunjukkan seseorang memegang kain dan cairan pembersih di depan head unit mobil

Layar head unit yang kotor bisa berakibat sensitivitas jadi berkurang

Akan tetapi hal tersebut juga harus didukung dengan penggunaan kain yang lembut. Karena jika tidak dan menggunakan kain dengan bahan material kasar beresiko menggores layar. Untuk mendapatkan cairan ini bisa membelinya di toko tempat menjual perlengkapan otomotif atau aksesoris mobil.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil terbaru

2. Membersihkan Dengan Menggunakan Air Bersih

Selanjutnya untuk membersihkan layar head unit bisa menggunakan air bersih. Jadi apabila tidak menggunakan cairan khusus maka bisa mengandalkan air bersih. Bisa juga dengan memakai air mineral yang biasanya dikonsumsi. Akan tetapi hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah penggunaan kainnya. Jadi sama halnya dengan menggunakan cairan khusus, kain yang digunakan juga harus lembut dan juga bersih.

Terdapat hal lain yang perlu diperhatikan dalam prosesnya. Jadi sangat tidak disarankan menuangkan cairan atau air langsung ke bagian layar head unit. Akan tetapi tahapannya adalah dengan membasahi dahulu kain lembut yang tersedia barulah digosokkan pada layar head unit.

Dalam proses membersihkan layar head unit mobil dari sidik jari jangan menggunakan tenaga. Lakukan secara perlahan dalam proses penggosokan supaya kotoran dapat hilang maksimal dan layar kembali kinclong.

>>> Lihat Juga, Merawat Interior Mobil Untuk Dapat Kenyamanan Saat Mengemudi

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang kain mengusap layar pada head unit

Pada proses pembersihan lakukan secara perlahan dan menggunakan kain halus

Untuk menghindari bekas sidik jari terlalu banyak pada layar, sobat bisa menyentuhnya sesuai dengan kebutuhan saja. Disamping hal tersebut, sebelum menyentuhnya alangkah baiknya  untuk memastikan kondisi jari dalam keadaan bersih dan juga kering. Dengan begitu bekas sidik jari pada layar tidak akan bertambah banyak. Jadi hal yang kerap terjadi adalah, munculnya sidik jari pada layar tidak kita sadari. Pada saat tangan berkeringat dan menyentuhnya maka bekas sidik jari akan muncul pada layar head unit.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips membersihkan layar head unit pada mobil. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk membaca tips & trik lainnya!

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Menarik, Ini Dia Jenis Mobil Yang Cocok Untuk Pekerja Pemula
    Menarik, Ini Dia Jenis Mobil Yang Cocok Untuk Pekerja Pemula Abdul Tips & trik mobil

    Setiap orang tentunya mempunyai cita-cita yang ingin diwujudkan. Namun banyak anak muda yang baru bekerja ingin mempunyai kendaraan sendiri untuk mendukung segala aktivitas keseharian. Selain itu juga dapat digunakan untuk bergaya. Oleh sebab itulah kami akan memberikan informasi jenis mobil yang cocok untuk pekerja pemula.

  • Jangan Asal, Membuka Usaha Showroom Mobil Juga Ada Triknya
    Jangan Asal, Membuka Usaha Showroom Mobil Juga Ada Triknya Abdul Tips & trik mobil

    Semakin kesini persaingan dalam dunia kerja tambah ketat, seseorang harus berjuang keras untuk bisa ikut dalam persaingan terutama dalam hal bisnis. Kreatif dan bekerja keras menjadi salah satu hal yang diperlukan untuk melakukannya. Sekarang jaman sudah modern, kendaraan menjadi salah satu kebutuhan bagi kebanyakan orang. Oleh sebab itu membuka usaha showroom mobil menjadi salah satu peluang usaha yang menggiurkan.

  • Jangan Asal Pasang, Ada Resiko Memasang Alat Penghemat Bahan Bakar Pada Mobil
    Jangan Asal Pasang, Ada Resiko Memasang Alat Penghemat Bahan Bakar Pada Mobil Abdul Tips & trik mobil

    Menambah alat penghemat bahan bakar kadang dilakukan oleh pengemudi mobil. Tujuannya tidak lain adalah untuk membuat mobil hemat bahan bakar dan melakukan perjalanan jauh dengan bahan bakar yang lebih sedikit dibandingkan biasanya. Apakah ada efeknya jika memasangnya?