Tips Jaga Emosi Saat Berkendara Pada Fase New Normal

09/07/2020 Abdul Tips & trik mobil

Pengemudi perlu memperhatikan tips jaga emosi saat berkendara di era new normal. Setelah pandemi corona masuk ke wilayah Indonesia banyak kebiasaan yang berubah di masyarakat, termasuk aktivitas berkendara. Ketika diberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pengendara wajib mengenakan masker dan jumlah penumpang dibatasi.

Masyarakat harus mematuhi protokol kesehatan dengan lengkap demi meminimalisir penyebaran Covid_19. Sedangkan bagi pengendara yang melanggar bisa diberi teguran atau sanksi sosial. Mengemudipun juga harus lebih berhati-hati  untuk hal-hal yang tidak diinginkan, kali ini kami memberikan info seputar tips jaga emosi saat berkendara pada fase new normal.

Di sisi lain, hal ini bisa memicu stres di jalanan. Apalagi setelah memasuki era tatanan kehidupan baru (new normal) pemerintah membuat keputusan mengenai protokol kesehatan berkendara yang semakin ketat.

Meski begitu, ada berbagai cara yang bisa kamu siapkan dalam menghadapi hal ini. Berikut tips jaga emosi saat berkendara di era new normal.

1. Mematuhi Protokol Kesehatan

Gambar ini menunjukkan pengecekan pengemudi memakai masker

Ikuti protokol kesehatan dalam fase new normal

>>> Baca Juga, Jangan Terpancing Saat Disalip Sopir Ugal-Ugalan, Tetap Berkendara Dengan Aman

Protokol kesehatan tujuannya mulia, yaitu demi menghindari penularan virus ke banyak orang termasuk kamu sendiri. Nah, meskipun menggunakan masker, rajin cuci tangan dan terkadang menyemprot hand sanitizer itu merepotkan, namun mau tidak mau harus dilakukan.

Kebiasaan mematuhi protokol sederhana sebenarnya memberi dampak terhadap ketenangan diri sehingga tidak mudah terpicu oleh emosi. Selain itu, tetaplah fokus mengemudi kendaraan, alhasil hal-hal lain yang mengganggu tidak akan terjadi.

2. Fokus Mengemudi

Keselamatan utama dalam mengemudi yaitu selalu fokus dan hati-hati. Selain itu hindari untuk terlalu sering membaca berita tentang Covid Corona, karena ini bisa memancing rasa cemas. Apalagi kalau menjadi korban berita hoax, hal ini malah menurunkan imun serta kurangnya fokus dalam berkendara.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan pengemudi mobil memakai masker

Tetap fokus saat berkendara jangan melakukan hal yang tidak perlu

>>> Baca Juga, Ikuti Arahan Polisi Atau Patuh Rambu-Rambu? Ini Yang Harus Dilakukan

3. Self Love Di Mobil

Selanjutnya dalam tips jaga emosi saat berkendara di era new normal adalah self love di mobil. Buatlah diri kamu senyaman mungkin ketika berkendara di dalam mobil. Menyibukkan diri dengan kebiasaan yang disukai dapat meningkatkan hormon kebahagiaan atau hormon endorphin, sehingga meningkatkan imun yang ada pada diri kamu.

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menjaga mobil keadaan bersih, serta menyalakan AC. Selain itu, tambahkan pengharum ruangan yang sesuai dengan selera agar kegiatan berkendara semakin rileks.

Biar suasana hati kamu semakin meningkat, cobalah bawa makanan dan minuman supaya merasa seperti di rumah sendiri. Meski begitu, kamu harus tetap menjaga fokus dan hati-hati ketika berkendara.

4. Putar Lagu Favorit

Agar kesan self love semakin terasa, coba putar beberapa playlist lagu kesukaanmu. Hal ini mampu menambah aura rileks sehingga emosi lebih terkontrol. Untuk itu saat dalam perjalanan, pikiran kamu dapat dialihkan oleh suara musik dan dapat mengurangi overthinking. Siapkan kumpulan lagu melalui flashdisk atau aplikasi pemutar musik di ponsel dan menghubungkannya lewat bluetooth.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan head unit pada mobil

Musik kesukaan bisa membantu konsentrasi ketika berkendara

Itulah tips jaga emosi saat berkendara pada fase new normal. Meski protokol kesehatan terkesan ribet dan merupakan kebiasaan baru, namun kamu bisa mengontrol emosi ketika berkendara melalui tips-tips yang sudah dijelaskan tadi.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Mengenal Gejala AC Mobil Rusak, Agar Bisa Segera Ditangani
    Mengenal Gejala AC Mobil Rusak, Agar Bisa Segera Ditangani Abdul Tips & trik mobil

    Kita semua tentu tak ingin melewati musim kemarau dengan bermacet-macet ria di dalam mobil yang panas tanpa AC. Tetapi ketika menyalakan AC mobil, kita mulai sadar ada yang tidak beres terhadap sistem AC mobil. Entah suaranya yang berisik, aneh, serta mengganggu. Oleh sebab itulah mengetahui gejala AC mobil rusak sangat diperlukan supaya dapat segera ditangani.

  • Beberapa Tanda Karet Pintu Mobil Perlu Diganti
    Beberapa Tanda Karet Pintu Mobil Perlu Diganti Abdul Tips & trik mobil

    Karet pintu mobil juga mempunyai batas pakai. Bila telah lama digunakan, tentunya akan aus juga dan perlu dilakukan penggantian. Beberapa tanda karet pintu mobil perlu diganti dapat diketahui dan perlu segera diatasi, dengan begitu mobil kembali dalam keadaan prima.

  • Waspada, Ini Beberapa Etika Menyalakan Lampu Sein Di Jalan
    Waspada, Ini Beberapa Etika Menyalakan Lampu Sein Di Jalan Abdul Tips & trik mobil

    Lampu sein (turn signal) merupakan alat yang mengatur komunikasi antar pengendara baik yang menggunakan roda dua maupun roda empat saat ingin berpindah jalur atau belok. Hal ini sudah disepakati secara internasional termasuk Undang-undang yang sudah diterbitkan di tanah air. Selain itu ada etika dalam menyalakan lampu sein saat berkendara di jalan.

International