Tidak Hanya Yang Baru, Mobil Bekas Avanza - Xenia Paling Banyak Dicari Pembeli

21/02/2018 Fat Tips & trik mobil

Solusi paling mudah saat ingin memiliki mobil namun keuangan terbatas adalah membeli mobil bekas atau mobkas. Memang ini bukan selera banyak orang, tapi kondisi yang mendesak terkadang memaksa orang untuk memilihnya. Dengan memilih mobkas, pembeli bisa menghemat keuangan sebab biaya yang dikeluarkan tidak sebesar membeli mobil baru.

Berbicara mengenai mobil bekas tentu tak bisa lepas dari pasar mobkas itu sendiri. Meski berbagai merek bisa ditemukan, pastinya ada merek-merek tertentu yang jadi model terlaris. Penelusuran coba dilakukan oleh salah satu awak media otomotif nasional di beberapa dealer bekas di kawasan Jakarta Selatan dan Depok Selasa (13/2/2017). Dari informasi yang didapat jenis mobil bekas yang paling banyak dicari dan paling cepat terjual adalah kendaraan keluarga low multi purpose vehicle (MPV).

gambar menunjukkan banyak orang sedang memilih mobil bekas dalam sebuah dealer mobil

Mobil MPV memang mendominasi pasar otomotif dalam negeri

Model mobil di segmen ini memang mendominasi pasar otomotif dalam negeri. Kapasitas yang besar sehingga mampu mengangkut banyak anggota keluarga dan barang bawaan jadi satu alasan mengapa mobil ini banyak dipilih. Saking banyaknya unit yang beredar sampai-sampai mobil jenis ini dijuluki mobil sejuta umat.

Dari berbagai merek mobil low MPV, duet Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia menjadi model paling laris dan banyak dibeli masyarakat. Tidak hanya versi barunya, versi bekasnya pun banya diburu pembeli dan paling mudah dijual. Itulah yang rata-rata disampaikan oleh para pemilik dealer mobil bekas di Jakarta Selatan dan Depok.

gambar menunjukkan sebuah mobil Toyota Avanza berwarna silver sedang diparkir dalam sebuah kamar

Toyota Avanza bekas jadi model paling banyak diburu dan paling laris terjual

"Pasarannya kita minibus, Orang datang ke sini paling nanya ada Avanza tahun sekian, ada Xenia tahun sekian enggak. Itu aja," tutur penanggung jawab di dealer mobil bekas Kara Mobil, Jalan Margonda, Depok.

>>> Mungkin Anda tertarik, DAFTAR HARGA DAIHATSU TERBARU

Ungkapan senada di sampaikan oleh dealer mobil bekas Ciliwung Motor di Kelapa Dua Depok. Menurut petugas pemasarnya, Avanza - Xenia bekas paling laris terjual sebab harganya yang cukup terjangkau. Misal, Avanza keluaran 2006 atau 2007, harganya hanya Rp 80 juta. Dengan kondisi yang masih bagus, terawat serta daya angkut yang besar harga tersebut tergolong murah. Selama ini konsumen terbanyak dealer Ciliwung Motor adalah para pencari mobil dengan harga kurang dari 120 jutaan.

gambar menunjukkan dua mobil Daihatsu Xenia berwarna silver dan putih sedang diparkir di jalan

Salah satu Daihatsu Xenia bekas yang dijual di dealer mobkas Kara Mobil, Jalan Margonda Depok

"Kita cari mobil sesuai budget konsumen," tutur Ronny Subagja, selaku pemasar di Ciliwung Motor.

Dealer mobil bekas ketiga yang didatangi adalah Sigit Mobilindo Lenteng Agung Jakarta Selatan. Safiul Anam, petugas di dealer tersebut menuturkan kebanyakan pembeli Avanza dan Xenia bekas adalah pengemudi taksi online, dan kebanyakan dari mereka membeli secara kredit melalui leasing.

gambar menunjukkan pemandangan di depan sebuah Dealer mobil bekas Ciliwung Motor

Avanza 2011 yang harganya Rp 130 juta

"Untuk Avanza 2011 yang harganya Rp 130 juta, kalau mau kredit bisa cukup bayar Rp 15 juta sampai Rp juta. Baru nanti dicicil empat tahun," ujar Safiul.

Tak satupun dealer yang ditemui memberikan informasi jumlah unit Avanza - Xenia yang bisa terjual tiap bulan, yang pasti model paling banyak laku adalah dua merek tersebut.

>>> Klik di sini untuk mengupdate berita mobil terbaru!

Share This:

Mungkin Anda mau membaca