Ternyata Jalur Hijau Di Tengah Jalan Tol Bukan Hanya Pajangan, Tapi Ada Fungsinya

07/10/2019 Abdul Tips & trik mobil

Jalan tol sekarang menjadi salah satu jalan yang banyak digemari saat ingin pergi ke suatu tempat. Alasannya adalah bisa mencapai tujuan menjadi lebih cepat. Namun saat ingin akan masuk jalan tol pengemudi harus membayarnya dengan biaya yang bervariasi tiap jalan tol. Pada jalan tersebut biasanya akan menemukan jalur hijau di tengah jalan tol.

Pada saat melintasi jalan tol umumnya akan ditemui jalur hijau di tengah jalan tol yang memiliki fungsi khusus. Jalur hijau tersebut memang sengaja ditanami rumput dan menjadi pemisah antara jalur A di jalan tol dengan jalur B. Mungkin ada sebagian orang yang penasaran akan hal tersebut, lantas apa sebenarnya fungsinya?

Gambar ini menunjukkan jalan tol di tengah ada jalur hijau dalam kondisi sepi

Jalan tol menjadi jalur andalan saat ingin sampai tujuan lebih cepat

>>> Baca Juga, Jangan Terlena Saat Melintasi Jalan Tol Lurus Dan Mulus

Salah satu yang difikirkan orang adalah sebagai pemandangan selama melewati jalan tol. Presepsi tersebut tidak sepenuhnya salah, hanya saja masih ada fungsi lain yang tergolong lebih penting. Berikut ini adalah fungsi jalur hijau yang berada di tengah jalan tol dan ditanami rumput:

1. Menjadi Pembatas Jalan

Berkaitan dengan hal tersebut, dari pihak Jusri Pulubuhu selaku Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) ikut memberikan penjelasan. Jadi jalur hijau tersebut yang berada di tengah jalan tol sebenarnya adalah pembatas jalan.

"Pembatas jalan di tol ada yang menggunakan model barrier, ada yang pakai jalur hijau," kata Jusri.

Adanya jalur hijau tersebut menjadi pembatas antara jalur satu dengan lainnya dan sama halnya seperti barrier. Hanya saja untuk bentuknya berupa hamparan rumput dengan desain yang lunak. Tujuannya adalah saat ada pengguna jalan yang menabraknya tidak sampai menyebabkan kematian.

>>> Klik Di Sini Untuk Mengupdate Harga Terbaru Mobil Semua Merek Di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan banyak mobil sedang melewati jalan tol

Terdapat jalur hijau di tengah jalan tol dengan fungsi khusus

2. Untuk Meminimalisir Kecelakaan

Selain poin nomor satu, dari pihak Jusri juga menyebutkan fungsi utama dari jalur hijau di tengah jalan tol. Yang mana selain sebagai pembatas jalan, fungsinya juga sebagai keselamatan para pengguna jalan tol. Pada umumnya jalur tersebut dibuat dengan perpaduan hamparan rumput dan parit kecil yang tidak terlalu dalam. Adapun fungsinya adalah saat turun hujan maka air akan diserap dan jalan tidak tergenang.

Akan tetapi fungsi utamanya adalah untuk menghentikan kendaraan saat ada yang hilang kendali dan menerobosnya agar tidak terjadi kecelakaan parah. Dengan adanya medan jalan yang lunak maka kendaraan yang menyeberang karena hilang kendali atau alasan lain tidak sampai ke jalur yang berlawanan. Sehingga diharapkan dapat berhenti di jalur tersebut dan tidak mengganggu pengendara lain.

>>> Ingin Membeli Mobil Baru & Bekas? Dapatkan Daftar Lengkapnya Di Sini

Gambar ini menunjukkan jalan tol dengan banyak kendaraan yang barvariasi

Keamanan lebih ditingkatkan saat di jalan tol 

>>> Baca Juga, Tips Mendahului Mobil Di Jalan Tol Yang Aman

"Tapi banyak kasus kecelakaan dengan mobil menyebrang hingga ke jalur berlawanan tetap terjadi," kata Jusri.

Jika melihat hal tersebut, maka bisa dibilang nasibnya sama seperti barrier yang kadang ditabrak pengemudi sampai keluar jalur. Hal tersebut bisa saja terjadi ketika kecepatan mobil cukup tinggi dan berada di atas batas maksimal yang ditentukan di jalan tersebut. Namun harapannya adalah cedera yang dihasilkan pengendara saat kecelakaan bisa lebih ringan dan tidak parah karena menggunakan jalur hijau di tengah jalan tol yang lebih empuk.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Lakukan Kebiasaan Kecil Ini Untuk Merawat Rem Mobil
    Lakukan Kebiasaan Kecil Ini Untuk Merawat Rem Mobil Abdul Tips & trik mobil

    Mobil menjadi alat transportasi untuk pergi ke suatu tempat yang diinginkan, baik dalam jarak dekat ataupun jauh. Oleh sebab itulah menjaga agar kondisinya maksimal perlu dilakukan salah satunya adalah sistem pengereman. Dengan merawat rem mobil maka selama perjalanan bisa lebih tenang.

  • Hati-Hati, Ini Dia Musuh Jok Kulit Sintetis Perlu Diwaspadai
    Hati-Hati, Ini Dia Musuh Jok Kulit Sintetis Perlu Diwaspadai Abdul Tips & trik mobil

    Jok mobil menjadi salah satu pendukung kenyamanan berkendara dengan mobil. Sehingga diperlukan perawatan dan juga pembersihan agar awet dan tetap bertugas dengan maksimal. Seperti misalnya jok kulit sintetis yang mudah dirawat. Hal tersebut karena untuk pembersihan dapat dilakukan dengan mudah dan juga tidak mudah kotor. Meskipun begitu, ternyata ada musuh jok kulit sintetis.

  • Beberapa Alasan Resiko Mobil Turun Mesin Bisa Diselamatkan Oleh Oli Mesin
    Beberapa Alasan Resiko Mobil Turun Mesin Bisa Diselamatkan Oleh Oli Mesin Abdul Tips & trik mobil

    Oli mesin mobil bisa diibaratkan sebagai darah untuk manusia. Jadi peranannya sangat penting sehingga perlu benar-benar diperhatikan. Ketika sudah lama tidak diganti atau volumenya telah berkurang maka disarankan untuk menggantinya dengan yang baru. Perlu diketahui bahwa resiko mobil turun mesin dapat diselamatkan dengan memperhatikan kondisi oli.