Ternyata Begini Cara Menghindari Stress Saat Terjebak macet Di Jalan

10/03/2018 Abdul Kosim Tips & trik mobil

Bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan pastinya sudah tidak asing lagi dengan kemacetan. Hal tersebut dikarenakan faktor kendaraan dalam jumlah banyak. Selain itu aktifitas masyarakat yang bersamaan menjadikan jalanan dipadati kendaraan. Hanya saja pengendara harus sadar bahwa setiap orang mengalaminya. Terkadang ada yang kurang sabar dan membunyikan klakson terus menerus. Hal tersebut bisa menimbulkan stress, oleh sebab itu ketahuilah cara untuk menghindari stress saat terjebak macet.

Stress saat berkendara bisa menyebabkan masalah, karena biasanya akan mudah tersulut emosi. Meskipun begitu kemacetan yang terjadi tidak akan selesai dengan emosi. Tidak dipungkiri lagi bahwa solusi untuk mengurangi kemacetan sudah banyak dilakukan. Namun setiap harinya volume kendaraan semakin bertambah tetapi tidak dengan pembangunan jalan. Jadi sangat disarankan bagi pengendara untuk menghindari stress saat terjebak macet. Anda bisa membaca tips dan informasinya di bawah ini.

1. Mengatur nafas

Pada saat berkendara di tengah kemacetan tiba-tiba terasa pusing, pening dan darah naik mau emosi, ini tandanya stress sedang terjadi pada Anda. Jika mengalami hal tersebut sebaiknya segeralah mengatur nafas supaya pikiran kembali adem. Caranya dengan menghirup udara dalam-dalam melalui hidung dan keluarkan secara perlahan melalui mulut. Lakukanlah secara berulang hingga rasa pening di kepala hilang sepenuhnya. Dengan melakukan cara tersebut bertujuan supaya oksigen dapat mensuplai otak sehingga pikiran kembali jernih. Apabila telah tenang kembali sebaiknya tetap sabar menghadapi kemacetan yang terjadi.

Gambar ini menunjukkan seseorang sedang mengemudi dan seperti berteriak

Dengan mengatur nafas maka stress di kepala bisa hilang dengan sendirinya

2. Berfikir secara positif

Untuk menghindari stress saat terjebak macet ketika berkendara bisa dilakukan dengan berpikiran positif. Apabila yang dipikir hanya negatif saja pati akan mudah terkena stress. Anda bisa menunggu kemacetan yang sedang terjadi dengan melakukan aktifitas sederhana seperti menggerakkan badan atau mengobrol dengan penumpang lain di dalam Mobil Anda.

Gambar ini menunjukkan seorang wanita sedang duduk di kursi pengemudi sambil tersenyum

 Mencari posisi duduk yang nyaman agar pikiran tetap tenang

Jika Anda berada di dalam Mobil sendiri bisa sambil melihat video lucu atau chat dengan teman supaya stress tidak hinggap pada pikiran Anda. Namun diingat, jika melakukan hal ini harus dibarengi dengan tetap berkonsentrasi melihat Mobil di depan, apakah sudah mulai berjalan atau belum.

>>> Mungkin tertarik, Langkah Tepat Mengatasi Rem Mobil Matic Blong Di Jalan Menurun atau Datar

3. Memposisikan badan senyaman mungkin

Ketika berkendara dan menemui kemacetan sebaiknya berfikir tetap tenang dan mencari posisi duduk yang nyaman. Bersikaplah rilex supaya stress tidak timbul pada diri Anda. Aturlah posisi kursi supaya bisa mendapatkan rasa nyaman meskipun sedang duduk di dalam Mobil.

gambar ini menunjukkan seorang pengemudi sedang duduk santai di dalam mobil saat macet

Kemacetan kadang juga bikin mata mengantuk

4. Mendengarkan lagu kesukaan

Ketika menemui kemacetan Anda bisa mengalihkan perhatian supaya tidak stress. Caranya adalah dengan mendengarkan lagu kesukaan yang dapat menghibur Anda. Bahkan bisa juga dengan ikut melantunkan lagu tersebut sehingga kondisi tubuh dan pikiran tetap nyaman dan tenang.  Cara ini memang patut dicoba karena merupakan tips ampuh menghilangkan stress.

Gambar ini menunjukkan seorang pengendara sedang berteriak di dalam mobil

Mendengarkan lagu adalah cara tepat menghilangkan stress saat berkendara

>>> Klik di sini untuk mengeupdate review Mobil terlengkap

5. Menjaga jarak dengan kendaraan di depan

Jarak antara Mobil Anda dengan Mobil di depan bisa menjadikan rasa pening di kepala. Misalnya terlalu dekat dan kemacetan yang terjadi tidak kunjung lancar. Maka bisa saja stress akan timbul karena melihat Mobil di depan yang hanya bergerak sedikit demi sedikit. Oleh sebab itu sebaiknya memberi jarak aman dengan kendaraan di depan Anda.

Gambar ini menunjukkan seorang pengemudi sedang terjebak macet di jalan

Jangat tersulut emosi ketika menghadapi kemacetan

6. Jangan terprovokasi

Pada umumnya saat terjadi kemacetan banyak orang yang membunyikan klakson Mobil. Mereka berharap dengan melakukan hal tersebut bisa membuat Mobil di depannya segera maju. Namun ternyata langkah itu terbilang percuma. Apabila kondisi jalanan masih macet tetap saja tidak ada hasilnya. Pengendara yang bijak tidak akan terprovokasi dengan melakukan hal tersebut. Lebih baik duduk dengan tenang sambil mendengarkan musik untuk menghindari stress saat terjebak macet.

>>> Klik di sini untuk mengeupdate tips & trik lainnya

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International