Terasa Panas Di Dalam Kendaraan? Begini Tips Mengembalikan Kesegaran Kabin Mobil

10/09/2018 Abdul Tips & trik mobil

Perjalanan jauh yang dilakukan akan membuat beberapa bagian pada Mobil harus ekstra dalam melakukan tugasnya. Sebagai contoh adalah mesinnya yang harus bekerja lebih dari biasanya, bagian kaki-kaki juga dan tampilan eksterior dan juga interior. Hal tersebut dikarenakan debu dan kotoran yang beterbangan menempel pada bagian Mobil. Nah, untuk mengembalikan kesegaran kabin Mobil dapat dilakukan dengan beberapa cara.

Kabin Mobil setelah menempuh perjalanan jauh akan terasa sedikit berbeda, dari mulai bau, tampilan kusam serta kondisinya yang dirasa berantakan. Hal ini termasuk biasa, yang terpenting adalah perawatan setelah menempuh perjalanan. Lakukan pembersihan supaya cat bodi Mobil kembali kinclong dan mengembalikan kesegaran kabin Mobil.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengembalikan kesegaran kabin Mobil yang dapat dilakukan.

1. Mencuci Mobil

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah mencuci kendaraan bagian luar. Setelah menempuh perjalanan biasanya terdapat beberapa kotoran dan yang membuat tampilan kabin terasa tidak nyaman. Selain itu, hal tersebut juga bisa menjadikan Mobil terlihat kusam.

Gambar ini menunjukkan tangan memegang selang air dan busa serta didepannya ada Mobil warna hitam

Kesegaran dan kenyamanan yang lebih akan dirasakan apabila Mobil dalam keadaan bersih

Pada saat mencuci gunakan spon dan sampo khusus Mobil. Tidak hanya itu, air yang digunakan juga tidak boleh sembarangan. “Sebisa mungkin gunakan air sumur atau air lainnya yang tidak mengandung unsur garam untuk menghindari pemicu keropos di bagian bodi,” ujar Hamami selaku spesialis detailing di Miki Motor, Serpong, Tangerang, Banten.

>>> Lihat juga, Awas Lecet! Perhatikan 5 Hal Berikut Ini Saat Mencuci Mobil

2. Menyedot debu dan juga kotoran dalam kabin

Setelah menempuh perjalanan jauh kondisi kabin Mobil biasanya berantakan. Terdapat debu dan kotoran serta sisa makanan yang berserakan sehingga membuat rasa tidak nyaman. Tidak hanya itu, apabila dibiarkan dapat memunculkan bau yang tidak sedap sehingga saat digunakan kembali membuatnya kurang nyaman.

Gambar ini menunjukkan seseorang sedang memegang vacum cleaner untuk membersihkan jok dalam kabin Mobil

Untuk hasil maksimal, sedot debu dan kotoran dengan menggunakan vacuum cleaner

Lakukanlah penyedotan menggunakan vacuum cleaner secara menyeluruh dan jangan sampai ada yang tertinggal. Jangan lupa bagian pojokan yang kadang luput dari pembersihan. Lakukan secara menyeluruh dari bagian depan sampai belakang, bagian karpet, jok Mobil dan lainnya. Setelah itu dapat dilanjutkan dengan pengelapan menggunakan kain lap yang telah dicelupkan air hangat.

“Bisa juga menggunakan cairan pembersih perabot rumah, tetapi itu bisa berisiko. Oleh karena itu, gunakan air hangat saja,” saran Hamami.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

3. Membersihkan kaca dan mencuci pelapis karpet

Untuk mengembalikan kesegaran kabin Mobil selanjutnya adalah membersihkan kaca Mobil dan mencuci pelapis karpet. Jadi selama karpet dapat dilepas bisa dilakukan pencucian hingga bersih. Jangan lupa pula bagian kaca dan pintu juga dibersihkan.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang kanebo dan digosokkan pada kaca Mobil bagian dalam

Kebersihan di dalam kabin Mobil secara menyeluruh membuat di dalam kabin lebih nyaman

“Satu hal yang patut diingat selama proses pembersihan, jangan membuka tutup kaca jendela. Hal itu untuk mencegah kotoran masuk ke celah pintu,” ujar Hamami mewanti-wanti.

>>> Baca juga: Review Honda Mobilio S 2017, Tipe Terendah Dari Mobilio Facelift​

4. Menetralisir bau di dalam kabin Mobil

Jika telah selesai dalam melakukan pembersihan, baik pada bagian eksterior maunpun interiornya. Langkah selanjutnya adalah menetralisir bau yang ada di dalam kabin. Untuk caranya adalah memberikan pengharum dengan aroma terapi pada bagian sudut kabin kendaraan. Apabila ingin yang alami dapat menggunakan daun teh, kayu manis, batang sereh dan potongan jeruk nipis.

Gambar ini menunjukkan pengharum ruangan yang diletakkan di dalam kabin Mobil

Dengan pengharum kabin dengan wangi yang disukai menambah kenyamanan di dalam Mobil

Setelah pengharum aroma terapi atau pengharum alami diletakkan di beberapa sudut, selanjutnya dapat menyalakan mesin Mobil dan juga AC. “Biarkan mesin dan AC aktif hingga 10–16 menit, setelah itu buka sedikit kaca jendela mobil agar aroma tidak terlalu pekat di ruang kabin,” terang Hamami.

>>> Baca juga, Tips Menurunkan Suhu Kabin Mobil Yang Bisa Dicoba

5. Melakukan parkir di tempat yang teduh

Pembersihan untuk mengembalikan kesegaran kabin Mobil setelah perjalanan telah selesai dilakukan. Untuk menjaganya tetap segar, dapat dilakukan dengan menghindari parkir Mobil di tempat yang panas atau terkena sinar matahari secara langsung.

Gambar ini menunjukkan 2 buah Mobil dengan jenis berbeda sedang terparkir di bawah atap

Parkir di tempat yang terlindungi membuat kabin Mobil tetap dingin

Perlu diketahui, bahwa Mobil yang diparkir di tempat panas dengan suhu 30 derajat celcius, maka untuk suhu di dalam kabin dapat mencapai 45 sampai 50 derajat celcius dalam kurun waktu sekitar 15 hingga 20 menit. Bahkan jika mencapai waktu 45 menit, suhunya dapat mencapai 50 sampai 60 derajat celcius.

Apabila hal tersebut dilakukan secara terus menerus, maka pengharum kabin akan bereaksi secara kimiawi dan beresiko menimbulkan bau tidak sedap. Mobil yang jarang diparkir di tempat yang panas biasanya mempunyai kabin yang lebih segar dibandingkan dengan kendaraan yang kerap parkir di bawah terik matahari.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips & trik terbaru di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International