Tanda Aki Mobil Bermasalah Yang Perlu Diketahui

25/07/2018 Abdul Tips & trik mobil

Aki adalah salah satu komponen pada Mobil yang memiliki peranan sangat penting, terutama pada sistem kelistrikan. Jadi beberapa bagian Mobil bain itu sistem audio dan fitur hiburan lain menggunakan tenaga yang dihasilkan oleh aki untuk menyalakannya. Begitu juga dengan menyalakan mesin, apabila aki tidak bekerja dengan baik maka akan sulit untuk menyalakan mesin Mobil. Melihat hal tersebut, apa sih tanda aki Mobil bermasalah atau tidak bekerja dengan baik?

Adapun aki sendiri merupakan sumber kelistrikan yang fungsinya sebagai penyalur daya listrik menuju komponen kelistrikan pada kendaraan. Kerusakan yang terjadi pada umumnya karena kurangnya pengecekan dan juga perawatan. Apalagi pada aki yang umurnya telah lama, pastinya kalau tidak dirawat rentan bermasalah.

Melihat hal tersebut, mengetahui tanda aki Mobil bermasalah juga diperlukan. Dengan begitu bisa segera diatasi sehingga dapat terhindar dari mogok di tengah jalan karena masalah aki.

1. Mesin Mobil tidak bisa menyala atau susah dinyalakan

Pada saat menyalakan mesin dan terasa tidak kuat untuk distarter, maka bisa jadi hal tersebut merupakan tanda aki Mobil bermasalah. Sebagai contoh, saat di pagi hari ketika mesin dinyalakan tidak bisa. Maka hal tersebut bisa dikarenakan aki mengalami masalah, dengan catatan bahwa cairan aki berada pada batas low dan max pada aki.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang kunci kontok yang akan dimasukkan ke lubang kontak pada mobil

Mesin Mobil sudah dinyalakan biasanya disebabkan oleh aki yang bermasalah

Umur aki Mobil biasanya 2 tahun, apabila melebihinya maka rentan bermasalah. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk melakukan pergantian. Meskipun dalam kenyataannya terdapat aki yang kadang kuat sampai 5 tahun, bahkan lebih.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips & trik terbaru

2. Aki mengeluarkan bau menyengat

Pada saat menyalakan mesin dan muncul bau menyengat bisa jadi ada masalah pada aki. Lakukan pengecekan apakah bau keluar dari aki. Jika benar, maka munculnya bau berasal dari sel pada komponen aki yang telah rusak. Sel aki akan remuk dan mengembang dan tercampur pada cairan aki. Jika dibiarkan maka air aki berubah kental karena tercampur dan sulit untuk dikeluarkan. Jadi ketika sudah ada sel yang terdapat pada cairan aki segera dilakukan pergantian.

Gambar ini menunjukkan seorang pria sedang berada di dalam Mobil dan mencium bau tidak menyenangkan

Jika bau muncul dari sekitar mesin sebaiknya segera melakukan pemeriksaan

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang harga Mobil terbaru yang ditawarkan oleh Cintamobil.com

3. Cairan aki telah berkurang

Tanda aki Mobil bermasalah selanjutnya adalah cairan aki telah berkurang atau keruh. Biasanya hal ini  terjadi karena lamanya penggunaan, dengan begitu kotoran menumpuk dan berubah warna menjadi kecoklatan. Biasanya hal ini terlihat ketika tutup aki dibuka.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan sedang melepas tutp iki tempat cairan elektrolit warna merah

Aki yang berkurang cairan elektrolitnya biasanya telah digunakan dalam waktu yang lama

4. Daya listrik berkurang

Dalam hal ini perlu dilakukan pengecekan menggunakan voltmeter, cranking atau load tester. Saat mengeceknya bisa memperhatikan daya voltage, apabila berada di bawah 10 volt, maka menandakan aki rusak. Jika sudah begitu bisa dicoba dengan melakukan pengecasan, apabila dicas sudah tidak bisa berarti perlu pergantian dengan yang baru.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang jepitan warna merah dan satunya lagi memegang alat pengukur daya pada aki Mobil

Jika aki dalam kondisi yang baik maka komponen kelistrikan Mobil juga dapat bekerja dengan optimal

>>> Mungkin tertarik, Mengenali Penyebab Aki Mobil Cepat Tekor Harus Diwaspadai

5. Adanya konsleting pada aki

Untuk tanda yang kelima ini masih berhubungan dengan voltmeter. Yang mana saat aki tidak digunakan atau tidak ada beban, tegangan aki berada di bawah 11 volt. Hal ini menandakan adanya konslet pada aki Mobil.

Gambar ini menunjukkan 2 buah tangan memegang jepitan dan alat pengukur daya aki Mobil

Aki Mobil perlu perawatan agar kondisinya tetap prima

Dalam hal ini memang sangat mudah dalam mengetahuinya. Apabila suara klakson bunyinya tidak seperti biasanya atau terdengar pelan, bisa jadi aki bermasalah. Selain itu dibarengi juga dengan kondisi lampu yang kurang terang dalam mengeluarkan pencahayaan. Hal tersebut bisa menjadi tanda aki Mobil bermasalah, memang kedua hal ini tidak bisa dijadikan patokan.

>>> Memiliki Budget tapi bingung mau beli Mobil di mana? Kunjungi situs Cintamobil.com dan dapatkan harga yang menarik

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Beberapa Penyebab Mobil Terbakar Karena Pemilik Kurang Teliti
    Beberapa Penyebab Mobil Terbakar Karena Pemilik Kurang Teliti Abdul Tips & trik mobil

    Mobil terbakar menjadi salah satu hal yang tidak diinginkan oleh pengendara. Dimana saat mengalaminya tentu bisa berbahaya karena nyawa taruhannya, tidak hanya bagi pengendara sendiri tapi penumpang dan orang0orang disekitar juga beresiko terkena dampaknya. Dalam hal ini mengetahui penyebab mobil terbakar itu diperlukan supaya dapat menghindarinya.

  • Ini Dia Beberapa Kondisi Tak Disukai Pengemudi Wanita Ketika DI Jalan
    Ini Dia Beberapa Kondisi Tak Disukai Pengemudi Wanita Ketika DI Jalan Abdul Tips & trik mobil

    Seperti yang telah diketahui bersama, bahwasanya saat ini tidak hanya pria saja yang mengendarai mobil. Para wanita juga banyak yang mengemudikan kendaraan dijalan. Meskipun terdapat anggapan terkait wanita yang kadang membuat kekacauan saat di jalan, akan tetapi tidak sedikit wanita yang mempunyai kemampuan mengendalikan mobil lebih mahir dari pria. Walaupun begitu, terdapat kondisi tak disukai wanita saat di jalan.

  • Beberapa Barang Tidak Boleh Ditinggal Di Mobil Dalam Waktu Lama
    Beberapa Barang Tidak Boleh Ditinggal Di Mobil Dalam Waktu Lama Abdul Tips & trik mobil

    Mempunyai sebuah mobil tentunya akan ada waktunya diparkirkan. Tidak mungkin seseorang akan mengemudi terus menerus tanpa istirahat. Nah terdapat beberapa barang tidak boleh ditinggal di mobil dalam waktu yang lama. Hal tersebut berhubungan dengan keamanan dan juga kesehatan.

International