Tahan Harga, KIA Manfaatkan Kesempatan Dalam Kesempitan

21/07/2018 Fat Tips & trik mobil

Saat produsen lain berpikir menaikkan harga, KIA malah bertahan di harga lama. Apa sebab?

Gambar KIA Rio tampak dari depan, keren

Dari awal tahun 2018, KIA belum menaikkan harga jual mobil di Indonesia meski Dollar AS terus menanjak

Efek naiknya nilai tukar Dollar AS terhadap mata uang rupiah saat ini salah satunya adalah harga jual barang industri seperti otomotif yang ikut naik. Ini harus dilakukan untuk menyesuaikan biaya produksi yang dikeluarkan.

Tahun 2018 ini, sebagian produsen otomotif sudah menaikkan harga mobil sejak awal tahun. Sebagian lagi di pertengahan semester I. Saat ini, atau pertengahan tahun 2018 nilai tukar Dollar AS belum juga turun, bahkan cenderung terus menanjak. Mau tidak mau, mereka juga harus melakukan penyesuaian dengan menaikkan harga lagi.

Jika ada produsen otomotif pengguna Dollar AS yang tak mau latah menaikkan harga, salah satunya adalah KIA. Distributor dan agen pemegang merek (APM) KIA di Indonesia, PT KIA Mobil Indonesia (KMI) menuturkan mereka tidak mau ikut-ikutan menaikkan harga.

>>> Cari mobil baru? Di cintamobil.com saja, koleksinya banyak harganya juga menguntungkan!

Gambar KIA Rio tampak dari belakang

Dengan tidak menaikkan harga, KIA berharap bisa mendongkrak penjualan

Biarpun seluruh line up-nya di Indonesia adalah CBU dari Korea Selatan dengan transaksi menggunakan Dollar AS, KMI memilih mempertahankan harga lama.

Ini juga bagian dari strategi KMI memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan.

“Kita bukan market leader, kalau market leader gampang saat dolar naik, ikut dinaikin juga harga mobilnya,” tutur Harry Yanto, General Manager Business Development PT Kia Mobil Indonesia (KMI) usai peluncuran Kia Grand Sedona Diesel di Jetski Cafe, kawasan Pantai Mutiara, Jakarta Utara, Jakarta, Rabu (18/7/2018).

“Jadi kita melihat situasi pasar, kompetisinya dimana? Justru kalau market leader naikin harga dan kita enggak naikin, maka orang (konsumen) lari ke kita. Nah kita harus cari peluang seperti itu,” sambungnya.

>>> Baca review lengkap dan spesifikasi KIA Rio disini!

Seorang model berfoto disamping Grand Sedona Diesel saat diluncurkan

KIA meluncurkan varian terbaru, Grand Sedona Diesel untuk bersaing di kelas MPV premium

>>> Harga Mahal Grand Sedona Diesel Di Indonesia, Ini Konsumen Yang Disasar KIA

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Mobil Tidak Dipakai Dalam Waktu Lama, Jangan Lupa Periksa Komponen Ini
    Mobil Tidak Dipakai Dalam Waktu Lama, Jangan Lupa Periksa Komponen Ini Abdul Tips & trik mobil

    Mobil tidak selamanya akan digunakan terus menerus untuk mendukung aktivitas. Kadangkala kita menemui suatu kondisi yang membuat mobil berdiam di garasi rumah tanpa dipakai. Jika mengalaminya maka terdapat komponen mobil yang perlu diperiksa. Tujuannya memastikan kondisinya tetap baik dan saat digunakan kembali tidak bermasalah.

  • Agar Lebih Hemat, Begini Tips Mengatur Uang Saat Berkendara Jarak Jauh Pakai Mobil
    Agar Lebih Hemat, Begini Tips Mengatur Uang Saat Berkendara Jarak Jauh Pakai Mobil Abdul Tips & trik mobil

    Mengemudikan mobil tidak hanya dalam jarak dekat saja, akan tetapi jarak jauh uga kadang dilakukan. Entah itu ingin pergi ke tempat saudara, pergi wisata atau memang ada acara tertentu. Dalam hal ini mengatur uang sangat diperlukan supaya perjalanan dapat lancar dan kebutuhan di jalan bisa tercukupi.

  • Benarkah AC Mobil Mati Dapat Buat Irit Bahan Bakar?
    Benarkah AC Mobil Mati Dapat Buat Irit Bahan Bakar? Abdul Tips & trik mobil

    Saat ini AC menjadi salah satu fitur yang terbilang wajib pada mobil. Hal tersebut karena dengan adanya fitur tersebut membuat perjalanan jadi lebih nyaman. Bahkan saat seseorang kerap merasa pusing ketika naik mobil tanpa AC, dengan adanya AC beberapa orang hilang rasa pusingnya. Yang kerap diperbincangkan adalah saat AC mobil mati bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat, benarkah?

International