Suzuki APV Lebih Moncer di Mancanegara Ketimbang di Indonesia

13/10/2018 Fatchur Sag Tips & trik mobil

Mobil boxy di Indonesia punya cerita tersendiri, dari banyak dibully hingga terpaksa discontinue karena tak lagi digemari. Suzuki APV misalnya, meski mencatatkan penjualan cukup lumayan di Indonesia, mobil ini lebih moncer di mancanegara dengan catatan penjualan jauh lebih tinggi. Berapa coba?

Foto Suzuki APV bersama model tampak dari depan

Suzuki yang sinarnya kian redup di dalam negeri

Bukan rahasia kalau mobil boxy punya peminat sangat minim di Indonesia dibanding yang lain. Meski tampil dengan desain elegan bahkan terkesan mewah, tak cukup membantu mendongkrak penjualan. Dari banyak model yang pernah mengaspal, beberapa terpaksa discontinue atau tak meneruskan penjualan karena kurang laku seperti Honda Freed, Nissan Evalia, hingga Toyota Nav1. Jika ada model mobil boxy yang masih bertahan dan cukup diminati, salah satunya adalah Suzuki APV.

Model unggulan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang diproduksi PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) ini masih memberi kontribusi yang cukup lumayan terhadap penjualan SIS baik di dalam negeri maupun di mancanegara. Di Indonesia nama Suzuki APV memang jarang terekspos. Selain karena tak banyak yang dibicarakan, dari sisi desain Suzuki APV juga tak banyak perubahan berarti. Walhasil banyak konsumen di Indonesia jadi kurang mengenal mobil dengan kabin lapang ini.

>>> Ingin membeli mobil Suzuki APV dan lainnya, jangan abaikan daftar harga mobil yang ditawarkan di sini

Lebih moncer di mancanegara

Sejak diproduksi massal pertama kali tahun 2004 hingga kini, Suzuki APV memang langsung merambah pasar ekspor dengan negara tujuan Australia, Aljazair, Bolivia, Chili, Republik Dominika, Jamaika, Malaysia, Singapura, Brunei, Pakistan, Sudan, Thailand, Trinidad & Tobago, Filipina dan yang lain dengan total sebanyak 89 negara. Hingga tahun 2018 ini atau 14 tahun sebanyak 223.341 terkirim ke negara-negara tersebut. Untuk tahun 2018 ini saja dari Januari hingga Agustus total unit yang dikirim ke mancanegara sudah mencapai 9.383 unit, berdasarkan data ekspor yang tercatat di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO). Jauh mengungguli penjualan di dalam negeri yang tercatat hanya sebanyak 3.428 unit untuk periode yang sama.

>>> Melempem Di Indonesia, Toyota Sienta Laris Manis di Mancanegara

Desain konsep Suzuki APV ala VW combi

Suzuki APV Luxury dengan balutan warna mewah ala VW Combi

Data ini menunjukkan kalau Suzuki APV lebih dikenal di mancanegara ketimbang di Indonesia. SIS mengakui kalau APV adalah kebanggaan di pasar ekspor. Penjualannya bakal terus digenjot dengan target sebanyak 17.128 unit hingga akhir tahun.

"Pencapaian ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami, karena APV sebagai karya anak bangsa telah diakui kualitasnya sehingga bisa diterima dengan baik oleh masyarakat dunia," tutur Hady Surjono Halim, Departement Head of Export Import PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) dalam siaran resmi, Jumat (12/10/2018).

>>> Mungkin Anda tertarik, Banyak tulisan review mobil yang tertarik hanya ada di sini

Di Indonesia Suzuki APV tersedia dalam dua model yaitu Arena dan New Luxury yang sama-sama dibekali mesin berkapasitas 1.500 cc berkode G15A. Untuk harga Suzuki APV Arena dijual mulai Rp 147 juta hingga Rp 200,5 juta. Sedangkan untuk APV New Arena dijual dengan harga Rp 219,5 juta untuk SGX LUX2 R15. MT dan Rp 223,5 juta untuk SGX LUX2 R17. MT.

Apa Anda tertarik membeli Suzuki APV, bisa dipastikan Anda bakal mendapatkan sensasi kabin yang sangat lega dan luas.

>>> Suzuki Pilih Impor Meski Penjualan Ekspor dan Domestik Meningkat Tajam

>>> Terus ikuti perkembangan berita otomotif dan harga mobil di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International