Spion Lipat Otomatis Pada Mobil Bermasalah? Ini Cara Memperbaikinya

21/07/2021 Abdul Tips & trik mobil

Spion lipat otomatis saat ini menjadi salah satu fitur canggih yang memberikan kemudahan kepada pengemudi ketika parkir. Meskipun begitu bukan berarti tidak bisa mengalami kerusakan. Spion lipat otomatis rusak dapat dilakukan perbaikan.

Kerusakan pada spion lipat otomatis  bisa disebabkan oleh beberapa hal dan tak terduga. Salah satunya adalah tersenggol pengendara lain dan faktor lainnya. Ketika bagian ini rusak bisa dilakukan perbaikan dengan menggunakan alat yang rumit. Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini merupalan beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk perbaikan dilansir dari akun Youtube Cintamobil.TV.

1. Membuka Spion Mobil

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah secara utuh membuka spion mobil. Dimana cara yang digunakan adalah dengan membukanya melalui dalam pintu kendaraan seperti panel dan juga bagian lainnya. Soket listrik dilepas terlebih dahulu, dimana soket ini terhubung melalui kabel yang menjadi penyalur arus listrik ke bagian spion mobil. Jika sudah begitu, maka proses pelepasan spion mobil dapat dilakukan dengan aman.

Gambar ini menunjukkan proses pelepasan baut pada spion mobil

Perbaikan spion lipat otomatis dapat dilakukan sendiri

2. Melepaskan Dinamo Pada Spion

Untuk melepaskan dinamo spion terlebih dahulu melepaskan batang spion dengan bodi spion supaya dinamo bisa dilepas. Dilanjutkan dengan melepaskan dinamo dengan cara melepaskan baut yang mengunci dinamo dengan obeng, lepas juga sistem pelipatan elektik. Setelah itu lepaskan dinamo dari tempat plastiknya dengan melepaskan pengaitnya.

>>> Baca Juga, Beberapa Tips Membersihkan Kaca Spion Mobil Agar Hasil Lebih Maksimal

3. Memeriksa Bagian Yang Bermasalah

Dilanjutkan dengan tahapan selanjutnya dalam memperbaiki spion lipat otomatis adalah mengecek bagian yang rusak. Lepaskan dinamo dan juga bagian-bagian lain seperti gear. Umumnya masalah yang terjadi adalah gear dalam kondisi patah sehingga tidak dapat bekerja dengan baik. Resiko dinamo yang bermasalah juga bisa saja terjadi.

Gambar ini menunjukkan gear pada spion yang pecah

Ganti bagian yang rusak supaya dapat kembali bekerja dengan baik

4. Melakukan Penggantian Dan Pemasangan Ke Tempatnya

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melakukan penggantian yang bermasalah. Bawa komponen yang bermasalah ke toko otomotif untuk mendapatkan komponen yang sesuai pada mobil yang dimiliki. Jika sudah komplit dan tidak ada lagi yang bermasalah maka dilakukan pemasangan ke tempatnya.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

5. Memasang Spion Dan Melakukan Pengujian

Untuk langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan memasangkan socket dan dan sistem pelipatan otomatis ke tempatnya. Lakukan tahapan-tahapan dengan langka terbalik ketika melakukan pelepasan. Jika sudah terpasang ke tempatnya maka tahapan terakhir yang perlu dilakukan adalah mengujinya apakah sudah terpasang dan bisa bekerja dengan baik atau tidak. Apabila sudah baik maka menandakan sukses dalam memperbaiki spion lipat otomatis, namuan jika belum bekerja maka menunjukkan masih ada yang bermasalah atau pemasangan kurang tepat.

Gambar ini menunjukkan spion mobil dengan sistem pelipatan otomatis

Setelah diperbaiki jangan lupa dilakukan pengujian

Sobat bisa melakukannya sendiri di rumah untuk perbaikan. Akan tetapi jika ragu lebih baik menyerahkan pada ahlinya supaya bisa kembali bekerja dengan semestinya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Perhatikan Ini Saat Menyimpan Ban Mobil Di Rumah
    Perhatikan Ini Saat Menyimpan Ban Mobil Di Rumah Abdul Tips & trik mobil

    Modifikasi kerap dilakukan oleh beberapa pemilik mobil. Tujuannya adalah untuk membuat tampilan kendaraan lebih menarik dan tampil beda. Salah satu modifikasi ringan yang kerap dilakukan adalah mengganti velg beserta bannya. Alhasil pemilik perlu menyimpan ban mobil dan velg nya supaya tetap awet serta dapat digunakan kembali.

  • Ingin Sewa Mobil Untuk Perjalanan Bisnis? Perhatikan Ini Dulu
    Ingin Sewa Mobil Untuk Perjalanan Bisnis? Perhatikan Ini Dulu Abdul Tips & trik mobil

    Perjalanan menggunakan mobil tidak hanya ingin wisata atau bersenang-senang bersama keluarga saja. Apalagi di masa pandemi saat ini, banyak tempat wisata yang ditutup sementara sebagai langkah pencegahan virus Covid-19. Namun untuk sektor pekerjaan tetap dilakukan. Jika tidak mempunyai kendaraan bisa sewa mobil untuk perjalanan bisnis. Tujuannya supaya lebih nyaman dan tetap prima sampai ke tempat tujuan.

  • Ini Kelebihan AC Double Blower, Sering Dipasang Pada Mobil MPV
    Ini Kelebihan AC Double Blower, Sering Dipasang Pada Mobil MPV Abdul Tips & trik mobil

    Banyak mobil yang dibekali dengan sistem pendingin kabin atau yang dikenal dengan Air Conditioner (AC). Dimana dengan adanya fitur ini maka kenyamanan selama perjalanan lebih menyenangkan. Nah AC sendiri terdapat Single Blower dan Double Blower. Kali ini kami akan membahas mengenai kelebihan AC Double Blower.

International