Speaker Audio Mobil Aftermarket, Apa Bedanya Dengan Speaker Bawaan?

18/01/2021 Abdul Tips & trik mobil

Salah satu fitur pendukung pada mobil yang membuat pengendaraan lebih menyenangkan adalah audio mobil. Dengan mengandalkan fitur tersebut pengendara dapat mendengarkan musik sesuai keinginan dan yang disukai. Mobil umumnya telah diberikan audio yang sudah memiliki speaker bawaan mobil. Bagaimana jika menggantinya dengan speaker audio mobil aftermarket?

Kerap jadi pertanyaan mengenai perbedaan antara speaker bawaan dengan speaker audio mobil aftermarket. Tentunya hal tersebut dikarenakan tidak sedikit pemilik mobil melakukan penggantian. Apalagi upgrade audio di mobil membutuhkan biaya membutuhkan dana yang beragam, dari yang standar sampai yang paling mahal.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang knop pengatur di head unit

Fitur hiburan buat pengendaraan lebih menyenangkan

>>> Baca Juga, Beberapa Kebiasaan Yang Bikin Head Unit Mobil Rusak

Speaker sendiri menjadi salah satu komponen pada audio mobil yang menjadi komponen penting. Hal tersebut karena suara yang dihasilkan dari audio keluar dari speaker yang dipasangkan pada kendaraan. Oleh sebab itulah kualitas dari komponen ini sangat berpengaruh terhadap enak dan tidaknya suara yang keluar. Bahkan beberapa orang mempunyai selera sendiri terkait keluaran suara yang berasal dari audio mobil.

Berhubungan dengan hal tersebut dari pihak Andreas Tjahjadi selaku CEO PT Audio Plus Indonesia menyebutkan, bahwasanya terdapat keterbatasan yang dimiliki speaker bawaan yang diberikan oleh pabrikan mobil jika menginginkan performa suara dimaksimalkan hasilnya.

"Dari ukuran magnet speaker-nya saja sudah beda, rata-rata lebih kecil dari produk aftermarket," ucap Andreas dilansir dari laman GridOto.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan speaker di bagian belakang kendaraan

Speaker audio bawaan sudah cukup untuk memberikan kesan menyenangkan di dalam mobil

>>> Baca Juga, Dapat Yang Berkualitas, Begini Tips Memilih Head Unit Bekas Untuk Mobil Kesayangan

Selain itu pengaruh besar daya listrik yang dapat digunakan terdapat pada bagian magnet speaker. Jadi jika ukuran magnetnya semakin besar maka power yang bisa dihasilkan oleh speaker akan semakin besar pula dalam mengeluarkan suara. Bahkan pihak Andreas juga menyebutkan bahwa speaker bawaan pabrikan yang diberikan pada kendaraan tidak sepresisi dan sekuat speaker audio mobil aftermarket. Hal tersebut karena material yang digunakan terdapat perbedaan.

Andreas kembali menyebutkan, membran yang diberikan pada speaker aftermarket menggunakan rancangan sophisticated, rigid namun tetap fleksibel. Berbeda dengan speaker bawaan yang biasanya diberikan pada kendaraan yang dirancang flex. Hasilnya getaran membran untuk menghasilkan frekuensi suara jadi lebih rapat dan juga tepat yang berpengaruh terhadap kejernihan suara yang dihasilkan.

Kemudian untuk speaker bawaan di-drive hanya sampai sekitar 70 dB dan umumnya suara yang dihasilkan telah sember. Namun untuk speaker audio mobil aftermarket bisa sampai 90 dB dengan hasil suara yang kelas dan juga keras.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan speaker aftermarket yang dimodif di dalam mobil

Penggunaan speaker audio aftermarket

Tentunya hal tersebut membuat banyak pemilik mobil yang mempunyai dana dan ingin hiburan lebih di dalam mobil melakukan penggantian speaker dengan produk aftermarket. Hal tersebut juga dilakukan untuk mendapatkan kepuasan tersendiri.

Meskipun begitu, tidak sedikit pula pengendara yang tetap mempertahankan audio bawaannya. Hal tersebut karena telah merasa cukup dengan apa yang diberikan oleh pabrikan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Benarkah Penggunaan Kaca Film Bisa Buat Hemat Mobil Listrik?
    Benarkah Penggunaan Kaca Film Bisa Buat Hemat Mobil Listrik? Abdul Tips & trik mobil

    Mobil listrik kerap menjadi perbincangan saat ini. Bahkan perkembangannya terbilang perlahan tapi pasti. Hal tersebut dibuktikan dengan produksi kendaraan listrik oleh para produsen mobil, bahkan sampai full menggunakan daya listrik. Disamping hal tersebut, saat seseorang memiliki mobil listrik, tentunya harapannya bisa hemat daya listrik. Dalam hal ini ada info mengenai penggunaan kaca film bisa buat hemat daya listrik, benarkah?

  • Pentingkah Cover Jok Mobil Pada Kendaraan? Ini Penjelasannya
    Pentingkah Cover Jok Mobil Pada Kendaraan? Ini Penjelasannya Abdul Tips & trik mobil

    Cover jok mobil mempunyai banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh pemilik mobil. Untuk mendapatkannya bisa membeli mobil yang sudah mendapatkannya atau membelinya sendiri di toko aksesoris kendaraan. Dalam pemilihan cover jok juga perlu diperhatikan, baik dari segi bahan, warna dan juga yang sesuai dengan jok kendaraan.

  • Memahami Transmisi Mobil CVT Dan Cara Kerjanya
    Memahami Transmisi Mobil CVT Dan Cara Kerjanya Abdul Tips & trik mobil

    Mobil matik menjadi salah satu jenis kendaraan yang mempunyai penggemarnya sendiri. Kemudahan ditawarkan sehingga pengendaraan bisa lebih nyaman dan tidak mudah mengalami kelelahan. Pada segen kali ini pembahasan mengenai transmisi mobil CVT (Continous Variable Transmission).

International