Solusi Tak Sanggup Bayar Kredit Mobil

24/08/2020 Abdul Tips & trik mobil

Kredit mobil menjadi trend masyarakat saat ingin membeli sebuah mobil. Biasanya saat awal membeli mobil keuangan yang dimiliki sudah diperhitungkan. Namun di kemudian hari kita tidak tahu apa yang terjadi, bisa saja tak sanggup bayar kredit mobil karena ada kebutuhan lain.

Ketika membeli mobil dengan sistem kredit maka setiap bulan perlu mengeluarkan uang untuk membayar setoran atau cicilan bulanan yang sebelumnya telah disebutkan dalam perjanjian kredit. Lantas bagaimana jika saat ditengah waktu cicilan tak sanggup bayar kredit mobil?. Contohnya adalah karena di PHK dari perusahaan atau faktor lainnya.

Jika berada dalam kondisi tersebut apa yang harus dilakukan?

Apabila mengalaminya maka Sobat sebaiknya melakukan komunikasi kepada pihak Bank atau Leasing. Dengan begitu nantinya pihak leasing akan memberikan solusi dan memberikan beberapa penawaran kepada nasabahnya yang sedang kesulitan. Adapun beberapa hal yang umumnya ditawarkan oleh pihak Bank atau Leasing adalah :

1. Restrukturisasi Kredit

Gambar ini menunjukkan miniatur mobil dan seseorang menekan kalkulator

Restrukturisasi kredit bisa dilakukan saat ekonomi keluarga mengalami penurunan

>>> Baca Juga, Syarat Kelonggaran Kredit Kendaraan Bermotor Dan Tata Caranya

Pada saat menjalani masa cicilan dari pihak nasabah berhak untuk mendapat restrukturisasi kredit. Yang mana maksudnya adalah melakukan penyusunan terhadap kredit nasabah. Untuk cara melakukan hal tersebut yaitu dengan menghubungi via telepon atau datang langsung ke kantor Bank atau Leasing yang membiayai kredit mobil Sobat. Adapun penyusunan yang dilakukan berhubungan dengan suku bunga, jangka waktu dan juga fasilitas yang diberikan.

Sobat bisa memberikan pengajuan supaya bunga bisa diturunkan, dengan begitu besaran cicilan bisa menjadi lebih ringan. Bisa juga melakukan pengajuan terkait jangka waktunya, jadi ajukan perpanjangan untuk cicilan kredit sehingga imbasnya adalah lebih ringannya cicilan yang perlu dibayar tiap bulan.

Umumnya melakukan restrukturisasi kredit mobil dapat dilakukan setelah membayar cicilan selama setahun dan tidak ada tunggakan dan terbilang lancar. Kemudian pihak Bank atau Leasing akan menilai nasabah terkait kemampuannya dalam membayar cicilan yang disesuaikan dengan kondisi nasabah.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

2. Refinancing Kredit

Gambar ini menunjukkan 4 buah tangan dengan kertas dan minatur mobil

Saat tak sanggup bayar kredit bisa berkonsultasi dengan pihak lembaga pembiayaan

>>> Lihat Juga, Kredit Mobil Ditolak, Mungkin Ini Salah Satu Penyebabnya

Adapun hal selanjutnya yang ditawarkan saat nasabah tak sanggup bayar kredit mobil adalah refinancing kredit. Yang mana dalam hal ini pihak Bank atau Leasing akan menghitung kembali dari awal lagi dan cicilan bulanannya akan jadi lebih kecil. Hanya saja umumnya akan ada biaya administrasi dan bunga yang diberikan jadi lebih besar bila dibandingkan sebelumnya. Bahkan di kemudian hari saat cicilannya nunggak maka dendanya jadi 2 kali lipat. Namun dengan mengandalkan cara tersebut cicilan bulanan nya jadi lebih ringan dan terhindar dari blacklist Bank Indonesia.

3. Over Kredit Mobil

Adapun cara terakhir adalah melakukan over kredit. Hal ini dapat dilakukan bila sudah benar-benar tidak sanggup untuk membayar kredit mobil meskipun menggunakan 2 cara di atas. Memang hal tersebut tidak efektif, namun bisa menghindari uang cicilan yang selama ini dikeluarkan tidak semuanya hilang begitu saja. Tapi tidak sesimpel itu, jika menjual mobil yang masih dalam masa kredit jangan lupa memberitahukan lembaga pembiayaan mobil Sobat. Bahkan menjual mobil dalam status tersebut bisa lebih murah dari harga pasarannya.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan 2 tangan sedang melakukan proses penyerahan kunci mobil

Over kredit menjadi jalan terakhir saat tidak sanggup membayar cicilan

Setelah lembaga pembiayaan mengetahuinya, nantinya sisa kredit akan dialihkan kepada pemiliknya yang baru atau orang yang membeli mobil. Kemudian uang yang didapat oleh si penjual yang tak sanggup bayar kredit mobil bisa saja sesuai dengan besaran cicilan yang sebelumnya telah dibayarkan dan dilakukan pemotongan untuk biaya yang diperlukan. Dana yang didapat tentunya sangat berharga bisa untuk digunakan keperluan yang penting.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International