Sindiran Merek China, Harga Mobil Di Indonesia Kemahalan Dan Tak Masuk Akal

06/05/2018 Fat Tips & trik mobil

Kurang dari setahun, dua merek China, Wuling dan Dongfeng Sokon (DFSK) merambah industri otomotif tanah air. Meski belum punya sedikit pun pengalaman di pasar Indonesia, keduanya secara mantap dan serius menggarap dengan melahirkan model-model yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Wuling meluncurkan dua model, Confero S di pameran GIIAS Agustus 2017 dan Cortez 1.8L pada awal Februari 2018. Sementara Sokon meluncurkan tiga model, Super Cab K01S, Super Cab K02S pada September 2017 dan yang terbaru Glory 580 di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.

Sokonindo Glory 580 tampak dari arah samping depan

Model baru Glory 580 harganya jauh lebih murah dari pada Honda CR-V

>>> Hanya Bermodal Dua Model, Penjualan Wuling Capai Ribuan Unit

Dari keseluruhan model China di atas ada persamaan antara satu sama lain, yaitu harganya yang jauh lebih murah dibanding merek Jepang dan Eropa yang telah lama mengaspal di Indonesia.

Kaitannya dengan perbedaan harga jual mobil di Indonesia selama ini, merek China memberikan komentar sekaligus sindiran. Menurut Alexander Barus, CO-CEO PT Sokonindo Automobile, distributor dan agen pemegang merek DFSK, seharusnya harga mobil di Indonesia tak semahal sekarang ini meski fitur dan teknologi diklaim canggih. Harusnya bisa lebih murah sehingga masyarakat bisa lebih mudah memiliki mobil.

Sokonindo Glory 580 tampak dari arah samping depan

Model baru Glory 580 fitur tak kalah mewah dengan Honda CR-V

>>> Jangan Pernah Meremehkan, Mobil Merek China Berpotensi Tenggelamkan Merek Jepang!

"Terlalu lama konsumen di Indonesia membeli mobil yang terlalu tinggi (overprice)," tutur Alex di hadapan awak media beberapa waktu lalu di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Peluncuran Glory 580 yang full fitur dan teknologi dengan harga murah dibanding kompetitor satu segmen, menurut Alex bukan strategi banting harga. Itu adalah harga yang sebenarnya dan sangat masuk akal, bukan overprice.

"Kami punya fitur banyak, dan juga teknologi yang canggih untuk mobil di kelas itu," tutur Alex.

Presiden Jokowi mengunjungi booth DFSK melihat Glory 580 di pameran IIMS 2018

Glory 580 terpilih sebagai SUV terbaik sekaligus menjadi primadona test drive di pameran IIMS 2018

Layak ditunggu apakah harga murah merek China benar-benar bisa menggoyang kenyamanan merek-merek Jepang yang sarat pengalaman di Indonesia.

>>>  Terus ikuti perkembangan berita otomotif dan harga mobil di hargamobil.com

>>  Beli mobil? Cari saja di situs jual beli mobil dengan harga bagus di cintamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International