Segmen Hatchback, Sedan Atau MPV Untuk memilih Mobil Keluarga?

25/01/2021 Abdul Tips & trik mobil

Pada saat seseorang ingin membeli mobil tentunya salah satu pertimbangannya adalah dapat digunakan untuk bepergian bersama keluarga. Untuk dijadikan sebagai mobil keluarga terdapat beragam segmen yang dapat dipilih yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan jumlah keluarga seperti sedan, Hatchback dan MPV. Oleh sebab itu memilih mobil keluarga yang tepat diperlukan.

Dalam memilih mobil keluarga terdapat banyak pilihan. Oleh sebab itu banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan supaya bisa mendapatkan kenyamanan dan kepuasan semua anggota keluarga. Mengingat kendaraannya akan digunakan oleh istri, orang tua dan anak-anak, jadi bukan untuk Sobat sendiri.

Berikut ini merupakan beberapa pertimbangan berdasarkan segmen mobil.

1. Mobil Sedan

Gambar ini menunjukkan mobil sedan Toyota Camry

Mobil sedan memiliki tampilan yang keren dan nyaman

Mobil dalam segmen ini menawarkan kenyamanan yang bisa membuat pengendara dan penumpang dimanjakan di dalamnya. Selain itu tampilannya juga lebih keren dibandingkan segmen lain dalam pembahasan kali ini. Hal tersebut membuat mobil ini tampak menonjol saat berada di jalanan karena penggunanya lebih sedikit.

Hanya saja dalam segmen ini tidak dapat digunakan untuk membawa banyak keluarga dan terbilang kurang lapang. Namun untuk membawa anggota keluarga dengan jumlah maksimal 5 orang, maka segmen sedan bisa dijadikan pertimbangan. Ditambah lagi soal pajak uang umumnya lebih mahal. Selain itu soal harga juga juga lebih rendah dibandingkan dengan segmen mobil lainnya.

>>> Baca Juga, Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Wanita Saat Beli Mobil

2. Hatchback

Gambar ini menunjukkan mobil Hatchback Toyota Yaris

Hatchback memiliki dimensi yang ringkas dan mungil

Dalam memilih mobil keluarga selanjutnya adalah dalam segmen Hatchback. Kelebihan yang dimilikinya adalah mempunyai ukuran yang ringkas dan dapat melaju di jalanan perkotaan dengan lihai. Untuk melewati kemacetan di jalanan perkotaan memang dapat diandalkan. Menariknya lagi adalah konsumsi bahan bakarnya yang tergolong irit. Bahkan saat ingin mencari tempat parkir lebih mudah karena memiliki dimensi yang ringkas. Biasanya dari segi harga juga lebih terjangkau sehingga dapat dijadikan salah satu pilihan untuk kendaraan keluarga.

Hanya saja mobil dalam segmen ini daya tampungnya tidak banyak dan tenaga yang dimiliki juga biasanya lebih kecil. Selain itu ground clearance yang dimiliki lebih pendek sehingga saat ada banjir tidak bisa menerjangnya.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

3. Segmen MPV

Gambar ini menunjukkan mobil MPV New Honda Mobilio

Mobil MPV dapat menampung banyak penumpang

Adapun segmen terakhir yang bisa dijadikan kendaraan keluarga adalah MPV. Kelebihan yang dimiliki adalah daya tampungnya yang banyak. Tentunya bila ada yang bertanya soal kendaraan keluarga banyak yang merekomendasikan segmen MPV. Selain daya tampung penumpang banyak, ruang bagasi yang dimiliki juga cukup luas sehingga bisa membawa lebih banyak barang. Alhasil untuk perjalanan luar kota pun mobil segmen ini siap mengantar dengan nyaman.

Sementara untuk kekurangannya adalah dalam segmen ini biasanya tampilannya kurang begitu sporty. Hal tersebut karena tidak diunggulkan pada segmen mobil ini. Namun menurut kami dari segi tampilan sudah cukup, apalagi pada mobil keluaran terbaru dalam segmen MPV sudah bisa menarik perhatian.

Itulah beberapa hal mengenai memilih mobil keluarga dalam beberapa segmen. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan pandangan bagi Sobat yang sedang mencari mobil untuk dijadikan kendaraan keluarga.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Benarkah Penggunaan Kaca Film Bisa Buat Hemat Mobil Listrik?
    Benarkah Penggunaan Kaca Film Bisa Buat Hemat Mobil Listrik? Abdul Tips & trik mobil

    Mobil listrik kerap menjadi perbincangan saat ini. Bahkan perkembangannya terbilang perlahan tapi pasti. Hal tersebut dibuktikan dengan produksi kendaraan listrik oleh para produsen mobil, bahkan sampai full menggunakan daya listrik. Disamping hal tersebut, saat seseorang memiliki mobil listrik, tentunya harapannya bisa hemat daya listrik. Dalam hal ini ada info mengenai penggunaan kaca film bisa buat hemat daya listrik, benarkah?

  • Terkena Tilang, Begini Pengurusan Slip Tilang Biru Saat Telat Sidang
    Terkena Tilang, Begini Pengurusan Slip Tilang Biru Saat Telat Sidang Abdul Tips & trik mobil

    Pelanggaran lalu lintas seringkali terjadi di jalanan dengan banyak alasan. Dari mulai yang disengaja atau tanpa sengaja karena suatu hal. Yang pasti proses penilangan tetap dilakukan oleh pihak kepolisian. Biasanya pelanggar akan mendapatkan slip tilang untuk digunakan dalam proses pengurusan. Dalam hal ini ada slip tilang warna biru dan merah.

  • Pentingkah Cover Jok Mobil Pada Kendaraan? Ini Penjelasannya
    Pentingkah Cover Jok Mobil Pada Kendaraan? Ini Penjelasannya Abdul Tips & trik mobil

    Cover jok mobil mempunyai banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh pemilik mobil. Untuk mendapatkannya bisa membeli mobil yang sudah mendapatkannya atau membelinya sendiri di toko aksesoris kendaraan. Dalam pemilihan cover jok juga perlu diperhatikan, baik dari segi bahan, warna dan juga yang sesuai dengan jok kendaraan.

International