Sebelum Rusak Parah, Ini Gejala Power Window Macet Yang Perlu Diperhatikan

22/10/2020 Abdul Tips & trik mobil

Power window merupakan salah satu bagian kendaraan yang mempermudah pengendara dalam membuka dan menutup kaca jendela mobil. Meskipun kemudahan diberikan, namun hal tersebut tak luput dari pentingnya perawatan. Selain itu, mengetahui gejala power window macet juga diperlukan.

Sebelumnya, untuk membuka dan menutup jendela mobil pengemudi atau penumpang perlu memutar gagang. Namun semakin berkembangnya jaman semuanya dipermudah. Untuk saat ini kebanyakan mobil sudah dibekali dengan power window, jadi hanya dengan menekan atau mencungkil tombol dengan jari kaca sudah bisa membuka atau menutup. Tapi ingat, gejala power window macet bisa saja muncul dan perlu diperhatikan.

Pada saat power window dalam kondisi macet maka akan sangat merepotkan. Apalagi hal tersebut terjadi selama dalam perjalanan, jika sudah tertutup sih tidak masalah. Tapi ketika power window macet dalam kondisi terbuka maka akan sangat merepotkan karena udara bebas dapat masuk ke dalam mobil.

Gambar ini menunjukkan tombol power window pada mobil

Power window memudahkan membuka dan menutup kaca jendela mobil

>>> Baca Juga, Cek Bagian Ini Saat Kaca Samping Pada Mobil Susah Naik Turun

Oleh sebab itulah mengetahui gejalanya saat akan mengalami kerusakan diperlukan. Dengan begitu power window akan bekerja dengan maksimal dan terhindar dari kaca jendela macet tidak bisa dibuka atau ditutup.

1. Pergerakan Kaca Tidak Pasti saat Tombol Ditekan

Gejala power window macet yang pertama adalah saat menekan tombol power window kaca melakukan pergerakan yang tidak pasti. Jadi saat tombol ditekan kadang mau naik tapi kadang hanya diam saja tanpa pergerakan seakan ada yang mengganjal. Umumnya hal tersebut terjadi karena saklar atau switch power window bermasalah.

Jika mengalaminya segera periksa di bengkel resmi atau bengkel terpercaya. Bila hal tersebut terjadi pada pintu pengemudi, maka untuk mengoperasikannya bisa melalui central power window yang posisinya di bagian pintu pengemudi.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan sebuah jari menekan tombol power window

Mengoperasikan power window dengan menekan dan mencungkilnya dengan jari

>>> Lihat Juga, Agar Awet, Begini Tips Mencegah Power Window Macet

2. Saat Mengoperasikan Power Window Ada Bunyi Yang Tidak Wajar

Ketika mengoperasikan power window dan muncul bunyi kasar atau tidak wajar maka perlu lakukan pengecekan. Hal tersebut biasanya merupakan gejala power window bermasalah. Jadi sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan lebih baik melakukan pengecekan. Biasanya hal tersebut terjadi karena regulator yang bermasalah apabila bunyi yang timbul dari dalam pintu. Umumnya dapat terjadi karena bagian tersebut kendor atau terlepas, bahkan bisa juga geriginya yang sudah aus.

3. Seret

Gejala power window macet selanjutnya adalah seret ketika dioperasikan. Tidak hanya itu saja, saat seret ketika kaca dinaikkan atau diturunkan kadang juga salah satu bagian kaca mengalami baret. Biasanya terjadi hal tersebut karena keringnya bagian jalur naik turun kaca. Bahkan bisa juga karena miring ataupun keluar dari jalur. Bila yang baret adalah kaca luar maka kemungkinan besar posisi kaca miring.

Solusinya adalah dengan menyetel kembali kaca di bengkel resmi atau bengkel terpercaya supaya dapat kembali ke tempatnya. Tidak hanya itu saja, hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah jalur kaca perlu diberikan pelumas supaya power window bisa bekerja dengan baik dan tidak macet.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang kaca jendela mobil

Saat ada gejala power window macet perlu segera diperiksa

Dengan mengetahui gejala power window macet maka dapat segera dilakukan pengecekan dan perbaikan sebelum masalah bertambah besar. Karena jika masih kecil kerusakan maka biaya yang dikeluarkan juga lebih sedikit.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International