Saat Wanita Mengemudi Mobil Sendiri Dan Pertama Kali, Terdapat Hal Yang Perlu Diketahui

25/06/2019 Abdul Tips & trik mobil

Di jaman sekarang mengemudi mobil tidak hanya untuk pria saja, bahkan wanita juga banyak yang sudah bisa mengemudi dan memiliki mobil sendiri. Bagi kaum hawa yang baru pertama kali memiliki kendaraan roda 4 dan ingin mengendarainya terdapat hal yang perlu diperhatikan saat wanita mengemudi mobil sendiri.

Dalam hal mengemudi sebenarnya tidak peduli gendernya. Akan tetapi yang paling utama adalah kecakapan dalam mengendalikan kendaraan. Bagi seorang perempuan tidak perlu khawatir, jika memang ingin mengendarai mobil tinggal belajar dan membelinya jika sudah mempunyai uang yang cukup. Berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika wanita mengemudi mobil sendiri dan baru pertama kali.

1. Membuka Tutup Tangki Bahan Bakar

Gambar ini menunjukkan tutup tangki bahan bakar pada mobil

Tutup tangki bahan bakar ada yang disebelah kiri dan ada yang di kanan

Mungkin hal ini terlihat sepele, namun mengetahui posisi tutup tangki bahan bakar sangat diperlukan. Jadi posisinya apakah berada di sebelah kiri atau kanan, hal ini penting karena berguna saat ingin mengisi bahan bakar sehingga dapat memposisikan mobil dengan baik dan benar. Setelah mengetahui posisinya, membuka tutup tangki juga harus dapat dilakukan pengemudi wanita. Tujuannya adalah saat pengisian bahan bakar tidak kebingungan caranya. Kalau di SPBU mungkin bisa dibantu oleh petugas, namun saat kehabisan di jalan dan harus membeli bahan bakar eceran maka mengetahui cara membukanya sangatlah penting.

>>> Lihat Juga, Berkendara Tanpa AC Mobil Bikin Hemat Bahan Bakar, Benarkah?

2. Mengecek Tekanan Ban Mobil

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang alat pengecek tekanan angin ban mobil

Banyak alat untuk cek angin ban yang dijual di pasaran

Ketika wanita mengemudi mobil sendiri, memang dituntut untuk mengetahui hal yang perlu dilakukan pengemudi yakni cek tekanan ban mobil. Hal tersebut dikarenakan, tekanan ban mobil juga memiliki pengaruh terhadap keamanan dan kenyamanan berkendara. Untuk mengukurnya dapat mengandalkan alat pengukur yang banyak dijual dipasaran. Dengan begitu, tekanan ban mobil dapat disesuaikan dengan rekomendasi pabrikan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

3. Mengganti Ban Serep

Gambar ini menunjukkan ban serep sedang dilepas dari tempatnya

Mengganti ban serep menjadi salah satu hal yang perlu diketahui oleh pengendara

Untuk hal berikutnya yang perlu diperhatikan masih berkaitan dengan ban mobil. Yang mana kejadian tidak terduga bisa saja terjadi dimana saja dan kapan saja seperti ban bocor. Jika dekat dengan bengkel hal tersebut tidak masalah, namun jika tidak maka mau tidak mau harus dapat mengganti ban serep.

>>>  Lihat Juga, 4 Manfaat Mengisi Nitrogen Pada Ban Mobil

4. Membuka Kap Mesin

Gambar ini menunjukkan seorang wanita sedang melihat mesin dengan kap terbuka

Mengemudi mobil tidak hanya untuk pria saja tapi wanita juga sudah biasa

Bagi wanita pemula yang berniat mengemudi mobil sendiri diharuskan untuk dapat membuka kap mesin. Sebenarnya dalam hal ini tidak terlalu penting jika mobil kerap dirawat dan melakukan servis secara berkala. Resiko terjadinya masalah di jalan sangat minim, namun tidak ada salahnya berjaga-jaga. Sehingga membuka kap mesin diperlukan saat terjadi masalah di jalan. Oleh sebab itu ketahui cara membuka kap mesin.

>>> Ingin membeli mobil baru dan bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

5. Menyalakan Dan Mengetahui Fungsi Lampu Hazard

Gambar ini menunjukkan tombol lampu hazrd pada head unit mobil

Terdapat beberapa momen untuk menyalakan lampu hazard

Adapun hal terakhir yang perlu diketahui dan diperhatikan saat wanita mengemudi mobil sendiri adalah cara menyalakan lampu hazard. Meskipun terbilang mudah namun mengetahui caranya sangat diperlukan. Lampu hazard sendiri digunakan saat dalam kondisi darurat seperti ban pecah ataupun mogok di jalan. Untuk logonya biasanya menggunakan segitiga merah dan lokasinya di tengah dashboard, bahkan tombolnya juga terdapat logo segitiga merah.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Lakukan Kebiasaan Kecil Ini Untuk Merawat Rem Mobil
    Lakukan Kebiasaan Kecil Ini Untuk Merawat Rem Mobil Abdul Tips & trik mobil

    Mobil menjadi alat transportasi untuk pergi ke suatu tempat yang diinginkan, baik dalam jarak dekat ataupun jauh. Oleh sebab itulah menjaga agar kondisinya maksimal perlu dilakukan salah satunya adalah sistem pengereman. Dengan merawat rem mobil maka selama perjalanan bisa lebih tenang.

  • Hati-Hati, Ini Dia Musuh Jok Kulit Sintetis Perlu Diwaspadai
    Hati-Hati, Ini Dia Musuh Jok Kulit Sintetis Perlu Diwaspadai Abdul Tips & trik mobil

    Jok mobil menjadi salah satu pendukung kenyamanan berkendara dengan mobil. Sehingga diperlukan perawatan dan juga pembersihan agar awet dan tetap bertugas dengan maksimal. Seperti misalnya jok kulit sintetis yang mudah dirawat. Hal tersebut karena untuk pembersihan dapat dilakukan dengan mudah dan juga tidak mudah kotor. Meskipun begitu, ternyata ada musuh jok kulit sintetis.

  • Beberapa Alasan Resiko Mobil Turun Mesin Bisa Diselamatkan Oleh Oli Mesin
    Beberapa Alasan Resiko Mobil Turun Mesin Bisa Diselamatkan Oleh Oli Mesin Abdul Tips & trik mobil

    Oli mesin mobil bisa diibaratkan sebagai darah untuk manusia. Jadi peranannya sangat penting sehingga perlu benar-benar diperhatikan. Ketika sudah lama tidak diganti atau volumenya telah berkurang maka disarankan untuk menggantinya dengan yang baru. Perlu diketahui bahwa resiko mobil turun mesin dapat diselamatkan dengan memperhatikan kondisi oli.