Saat Ban Mobil Pecah Di Jalan, Jangan Langsung Injak Rem Mendadak

18/04/2020 Abdul Tips & trik mobil

Ban mobil pecah bisa terjadi pada kendaraan tanpa diketahui kapan waktunya dan dimana tempatnya. Sebagai pemilik mobil bisa melakukan pencegahan dengan merawat ban mobil seperti cek tekanan angin dan juga ketebalan ban mobil.

Tidak dipungkiri, saat ban mobil pecah maka rasa panik akan timbul. Hal tersebut cukup wajar, namun setidaknya bisa mengurangi kepanikan supaya bisa mengambil langkah selanjutnya dengan tepat supaya tetap aman sampai mobil berhenti di tepi jalan. Jika berbicara soal bahaya, ketika ban pecah bisa menjadi penyebab kecelakaan. Bahkan saat tidak terkontrol dapat menabrak kendaraan lain di sekitar.

gambar ini menunjukkan ban mobil dalam kondisi kempes

Cegah ban pecah dengan pengecekan sebelum perjalanan

>>> Baca Juga, Hati-Hati Saat Ban Mobil Botak Sebelah, Berikut Penyebabnya

Biasanya seorang pengemudi yang mengalaminya akan langsung melakukan pengereman mendadak ketika ban pecah. Apakah hal tersebut efektif?

Dilansir dari laman Seva, salah satu cara untuk mengendalikan mobil saat ban pecah adalah tidak menginjak pedal rem mendadak. Alasannya, saat mobil melaju dengan kecepatan yang cukup tinggi dan tiba-tiba menekan pedal rem maka mobil beresiko menabrak sampai terguling. Hal tersebut dikarenakan mobil akan oleng dan hilang keseimbangan dan pengemudi susah mengendalikan laju mobil.

Jadi sangat disarankan untuk tidak melakukan pengereman secara mendadak. Pada saat ban mobil pecah manfaatkan perpindahan gigi perseneling ke gigi rendah untuk mengurangi laju kendaraan. Namun jangan lupa untuk tetap memegang kemudi dengan kuat supaya mobil dapat terarah dan pedal gas diangkat perlahan.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan tuas transmisi pada mobil

Manfaatkan penurunan gigi transmisi untuk menurunkan kecepatan

>>> Baca Juga, Ban Ada Yang Aus, Bolehkan Mengganti Ban Mobil Beda Merek?

Dalam hal ini Sobat perlu merasakan ban mobil sebelah mana yang pecah. Dengan begitu tindakan dapat dilakukan dengan cepat. Setelah laju mobil telah menurun manfaatkan penggunaan rem tangan dengan perlahan supaya resiko mobil terguling dapat dihindari.

Dibarengi dengan langkah tersebut dilanjutkan dengan mengangkat kaki dari pedal gas dan dilakukan perlahan menginjak pedal gas. Tapi ingat, tetap pegang kemudi mobil dengan kuat supaya laju mobil tetap terarah.

Beberapa langkah di atas dilakukan hingga laju mobil jadi pelan dan berhenti di bahu jalan. Pengendalian saat proses penurunan kecepatan juga penting supaya mobil bisa berjalan ke pinggir dan tidak berhenti di tengah jalan. Nyalakan juga lampu hazard untuk menjadi tanda bahwa mobil yang sedang Sobat tunggangi sedang mengalami masalah.

Hal utama yang memang perlu diperhatikan saat ban mobil pecah adalah berusaha tenang ketika mengalaminya. Jika kepanikan menguasai seseorang maka konsentrasi jadi terganggu sehingga membuat pengemudi melakukan beberapa hal yang sebenarnya tidak diperlukan.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan sebuah kaki menginjak pedal rem mobil

Jangan rem mendadak saat ban pecah bisa oleng

Oleh sebab itulah alangkah baiknya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti ban mobil pecah bisa melakukan pengecekan kondisi mobil sebelum bepergian. Untuk bagian ban yang diperiksa adalah tekanan anginnya dan ketebalan ban.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips melakukan pengereman saat ban mobil pecah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International