Rem Mobil Kurang Pakem, Ini Beberapa Komponen Bisa Jadi Penyebabnya

13/09/2021 Abdul Tips & trik mobil

Apabila rem mobil kurang pakem segera dilakukan pengecekan supaya dapat segera diatasi dan dilakukan perbaikan. Mengingat sistem pengereman jadi bagian sangat penting pada kendaraan, apabila bermasalah beresiko membahayakan.

Pada saat berkendara dan rem mobil kurang pakem maka akan terasa kurang nyaman. Selain itu, mobil juga akan lebih sulit untuk dikendalikan. Sehingga saat perhitungan yang dilakukan kurang tepat atau  terlalu dekat dengan kendaraan lain bisa beresiko terjadi kecelakaan.

Pada saat rem tidak pakem maka ada penyebabnya. Jika mengalaminya sebaiknya dilakukan pengecekan dan perbaikan supaya sistem pengereman dapat bekerja dengan baik kembali.

Gambar ini menunjukkan sistem pengereman pada mobil

Sistem pengereman jadi bagian penting pada kendaraan

Penyebab Rem Mobil Kurang Pakem

Jadi terdapat beberapa faktor yang membuat rem kendaraan jadi kurang pakem.

1. Kampas Rem Mobil

Pada saat kampas rem ketebalannya jauh berkurang atau telah aus maka rem jadi tidak pakem. Bahkan ada kemungkinan terburuk yaitu gagal bekerja saat dilakukan pengereman atau dikenal dengan rem blong. Oleh sebab itu saat pengecekan dan kampas rem telah tipis sebaiknya dilakukan penggantian dengan yang baru dan berkualitas.

Gambar ini menunjukkan kampas rem pada mobil

Kampas rem saat sudah tipis atau habis membuat rem tidak pakem

2. Minyak Rem Kendaraan

Adapun fungsi dari minyak rem adalah untuk menjadi penerus tekanan yang berasal dari booster  (pedal rem) ke bagian kaliper rem. Berkat tekanan yang diberikan maka rotor atau piringan cakram akan ditekan oleh kampas rem mobil sehingga laju mobil berkurang bahkan sampai berhenti.

Seiring berjalannya waktu kualitas dan kuantitas minyak rem akan berkurang, jika sudah begitu penggantian perlu dilakukan.

>>> Lihat Juga, Kampas Rem Mobil Matic Lebih Cepat Habis, Jangan Kaget Ini Alasannya

Gambar ini menunjukkan minyak rem pada kendaraan

Minyak rem juga perlu dicek dan butuh penggantian

3. Booster Rem Mobil

Booster rem pada mobil mempunyai fungsi untuk membuat tekanan yang diberikan jadi lebih besar saat pedal rem ditekan. Dengan begitu pengemudi akan merasakan lebih responsif dan ringan saat menekan pedal rem. Meskipun begitu, booster rem juga bisa mengalami masalah yang biasanya pada katupnya sehingga untuk vacuum sulit dilakukan oleh booster.

Efek yang dirasakan ketika hal tersebut terjadi adalah respon sistem pengereman jadi melambat dan bisa lebih keras pada saat pedal rem ditekan. Jadi pengecekan bagian ini juga tidak ada salahnya saat terasa rem mobil tidak pakem.

Gambar ini menunjukkan booster rem pada sistem pengereman mobil

Booster rem buat pedal rem jadi lebih ringan dan responsif saat ditekan

4. Cakram Atau Piringan Rem Mobil

Pastinya bagian piringan sudah banyak yang mengetahuinya. Jika velg menggunakan model berlubang maka akan terlihat cakramnya di bagian roda. Bagian ini bisa berkurang kualitasnya karena saat melakukan pengereman mendapatkan tekanan. Jika tekanan atau suhu yang diberikan pada cakram tidak merata maka bisa membuat cakram jadi bergelombang.

Hal tersebut bisa menjadi penyebab kinerja pengereman jadi menurun. Pengecekan dapat dilakukan pada permukaan rem cakram dan bila sudah bergelombang ataupun menipis perlu diganti dengan yang baru.

>>> Lihat juga, Mengenal Sistem Rem Pada Kendaraan Fungsinya

Gambar ini menunjukkan cakram pada sistem pengereman mobil

Saat tekanan pada cakram tidak merata bisa buat cakram bergelombang

5. Terjadi Perubahan Setelan

Penyebab rem mobil kurang pakem terakhir adalah terjadi perubahan setelan. Terdapat komponen pada sistem pengereman yang perlu dilakukan penyetelan seperti celah antar kampas rem, jarak main pedal rem dan juga piringannya. Apabila setelannya berubah maka bisa membuat sensitivitas dan kinerjanya menjadi berkurang.

Apabila ternyata berubah dan melenceng maka serahkan mekanik untuk dilakukan penyetelan ulang agar bisa kembali bekerja dengan baik.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International