Rekomendasi 7 Mobil Untuk Keluarga Besar

Mobil untuk keluarga besar adalah model 7-8 seater. Pilihannya beragam, namun paling recommended adalah model-model Multi Purpose Vehicle (MPV).

Beragam segmen mobil di tanah air. Masing-masing ditujukan untuk pasar yang berbeda. Diantaranya Multi Purpose Vehicle (MPV) atau mobil multi guna. Mobil ini dikenal juga sebagai mobil untuk keluarga besar karena bisa muat hingga 7 hingga 8 orang.

Ada Sport Utility Vehicle (SUV) yang tangguh untuk segala medan. Kapasitas mobil ini awalnya 5 seater. Tapi sekarang sudah banyak yang bertransformasi menjadi 7 seater.

Lalu ada hatchback atau city car yang berukuran kompak. Kapasitas kabinnya hanya 5 seater. Mobil ini ditujukan untuk keluarga kecil dengan 2-orang anak atau para kawula muda.

Mobil Untuk Keluarga Besar

Untuk Anda yang memiliki keluarga besar pilihan paling ideal adalah mobil 7 seater. Harganya beragam, dari seratus jutaan rupiah hingga lebih dari satu miliar rupiah. Berikut 7 mobil untuk keluarga besar yang cukup recommended. Kami pilih dari yang harganya terjangkau hingga menengah.

1. Toyota Veloz untuk keluarga besar

Mobil Untuk Keluarga Besar Toyota Veloz

Toyota Veloz tampil lebih agresif dengan desain baru

 

Pilihan pertama Toyota Veloz yang saat ini (Juni 2022) dijual mulai Rp 286 juta hingga Rp 331,1 juta. Veloz menawarkan kabin 7 seater yang cukup lapang untuk menampung 7 orang. Seluruh kursi dilengkapi dengan adjustable headrest, sandaran punggung kursi baris kedua bagian tengah bisa dilipat dan berfungsi sebagai armrest.

Veloz model 2022 menggunakan penggerak roda depan. Lebih nyaman dibanding sebelumnya yang menggunakan penggerak roda belakang. Namun tentu ketangguhannya di tanjakan ekstrem jadi berkurang.

Veloz dibekali mesin 1.500 cc dengan tenaga maksimum 106 PS pada 6.000 rpm dan torsi 133 Nm pada @4.200 rpm.

2. Suzuki Ertiga untuk keluarga besar

Mobil Untuk Keluarga Besar Suzuki Ertiga

All New Ertiga pernah menyandang status mobil dengan kabin ternyaman

Suzuki Ertiga juga jadi pilihan menarik. Harganya terjangkau mulai Rp 225,1 juta hingga Rp 269,8 juta. Sedangkan varian hybrid dijual mulai Rp 270,3 juta hingga Rp 292,3 juta.

Soal kenyamanan tidak perlu dipertanyakan, Ertiga pernah meraih Best Cabin Insulation 2018 atau mobil dengan kabin ternyaman. Hingga kursi baris ketiga kursinya nyaman buat penumpang anak maupun dewasa berpostur tinggi.

Ertiga dibekali mesin 1.500 cc dengan tenaga maksimum 104,7 PS pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.400 rpm.

3. Mitsubishi Xpander untuk keluarga besar

Mobil Untuk Keluarga Besar Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander, mobil fenomenal yang laris sejak pertama diluncurkan

 

Mobil keluarga lain yang sangat layak dipertimbangkan adalah Mitsubishi Xpander. Mobil fenomenal ini dipasarkan mulai Rp 253,4 juta hingga Rp 307,1 juta untuk varian Ultimate CVT.

Mobil unggulan Mitsubishi Xpander ini juga sangat nyaman. Tapi kursi baris paling belakang kurang sempurna untuk penumpang dewasa. Jarak dudukannya dengan lantai rendah sehingga paha tidak bisa tersangga sempurna. Lebih nyaman untuk penumpang anak atau dewasa berpostur pendek kurang dari 170 cm.

Xpander dibekali mesin 1.500 cc dengan tenaga maksimum 105 PS pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm.

4. Wuling Confero S untuk keluarga besar

Mobil Untuk Keluarga Besar Wuling Confero S

Tampilang Wuling Confero S sudah berubah dibanding saat diluncurkan pertama kali

Berikutnya ada Wuling Confero S yang harganya paling terjangkau dibanding low MPV lain. Mobil ini dijual mulai Rp 198,7 juta hingga Rp 223,3 juta. Tipe menengah dan tertinggi mobil ini berkapasitas 7 seater dengan konfigurasi 2-2-3. Kursi baris kedua captain seat dengan armrest di bagian tengah.

Meski harganya murah fitur yang ditawarkan cukup melimpah. Seperti sensor parkir depan belakang, kamera mundur, TPMS untuk memantau tekanan ban, rem cakram depan belakang, serta sistem pengereman ABS+EBD.

Confero S dibekali mesin 1.500 cc dengan tenaga maksimum 98 PS pada 5.800 rpm dan torsi 135 Nm pada 3.800-4.200 rpm.

5. Toyota Kijang Innova untuk keluarga besar

Toyota Kijang Innova sudah dikenal sebagai mobil keluarga kelas medium. Banyak sekali varian yang ditawarkan dengan harga mulai Rp 359,8 juta hingga Rp 453,7 juta. Untuk kapasitas tersedia 8 seater dengan konfigurasi 2-3-3 dan 7 seater captain seat dengan konfigurasi 2-2-3.

Innova dibekali mesin bensin dan diesel. Mesin bensin berkapasitas 2.000 cc dengan tenaga maksimum 139 PS pada 5.600 rpm dan torsi 183,3 Nm pada 4.000 rpm. Sedangkan mesin diesel berkapasitas 2.400 cc dengan tenaga maksimum 149 PS pada 3.400 rpm dan torsi 342,2 Nm pada 1.200-2.800 rpm.

Mobil Untuk Keluarga Besar Toyota Kijang Innova

Innova meneruskan kisah sukses Toyota Kijang di Indonesia

 

6. Honda BR-V untuk keluarga besar

Honda BR-V bukan MPV, tapi sangat layak difungsikan sebagai mobil untuk keluarga besar. Harganya mulai Rp 281,1 juta hingga Rp 346,6 juta untuk varian Prestige CVT with Honda Sensing.

BR-V terbaru mengakomodir 7 penumpang dengan kabin lebih lega dibanding BR-V lama karena dimensinya lebih besar. Semua kursi dilengkapi adjustable headrest untuk menambah kenyamanan dan meningkatkan keselamatan.

BR-V 2022 dibekali mesin bensin 1.500 cc dengan tenaga maksimum 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.300 rpm. Untuk transmisi tersedia manual 6 speed dan otomatis Continuous Variable Transmission (CVT).

Mobil Untuk Keluarga Besar Honda BR V

Honda BR-V terbaru lebih terasa SUV-nya

7. Wuling Cortez untuk keluarga besar

Berikutnya mobil untuk keluarga besar yang tidak kalah menarik adalah Wuling Cortez. Harganya mulai Rp 244,5 juta untuk tipe termurah Cortez S 1.5 MT hingga Rp 328,65 juta untuk tipe New Cortez EX 1.5T Lux+.

Mobil ini tidak hanya lapang, tapi juga sangat nyaman untuk 7 orang. Selain itu, tipe tertingginya dibekali teknologi yang sangat canggih di kelasnya yaitu Wuling Indonesian Command (WIND) dan Internet of Vehicle (IoV).

WIND memungkinkan pengemudi mengoperasikan beragam fitur kendaraan dengan perintah suara berbahasa Indonesia. Seperti AC, jendela, sunroof, akses fitur hiburan seperti musik atau radio, melakukan panggilan telepon, menjalankan aplikasi hingga informasi tanggal.

Sedangkan IoV memungkinkan pengemudi mengoperasikan kendaraan dari jarak jauh melalui smartphone. Misalnya memanaskan mesin, mendinginkan kabin, membuka-tutup jendela dan kunci pintu hingga beragam informasi kendaraan.

New Cortez dibekali mesin 1.500 cc dengan tenaga maksimum 140 Hp pada 5.200 rpm dan torsi 250 Nm pada 1.600-3.600 rpm.

Mobil Untuk Keluarga Besar Wuling Cortez

Wuling Cortez, MPV dengan harga murah tapi fiturnya melimpah

Kesimpulan

Selain yang di atas masih banyak model mobil untuk keluarga besar lain yang tidak disebut. Ada yang harganya lebih murah, seperti model Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Ada yang lebih mahal hingga miliaran rupiah, seperti BMW X7 yang dijual lebih dari Rp 2,6 miliar.

 

 

FAQ umum

1. Apa itu mobil SUV dan MPV?

SUV adalah mobil dengan basis truk ringan. Mobil ini lebih mengutamakan performa dibanding kenyamanan penumpang. Sedangkan MPV adalah mobil multiguna yang lebih dikenal dengan mobil keluarga. Kapasitasnya 7-8 penumpang dengan kenyamanan menjadi prioritas utama.

2. Mobil apa yang nyaman untuk keluarga?

Multi Purpose Vehicle (MPV)

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

Harga mobil terbaru

International