Rambu Dengan Warna Biru, Hijau Dan Coklat Di Jalan, Apa Artinya?

11/01/2021 Abdul Tips & trik mobil

Rambu dengan warna biru, hijau dan coklat di jalan memiliki arti atau fungsi yang berbeda. Kerap sekali rambu tersebut ditemukan di jalan raya dan jalan tol. Pasalnya untuk saat ini agar bisa sampai ke tujuan dan belum pernah melewati jalur yang dilewati bisa melihat rambu yang ditunjukkan.

Jalan tol saat ini kerap dijadikan alternatif saat ingin pergi ke suatu tempat yang dituju dengan jarak cukup jauh. Hal tersebut karena kondisi jalan yang lebih baik seperti jalanan mulus, lalu lintas lancar dan cepat sampai tujuan. Hanya saja kompensasinya adalah pengendara perlu membayar sejumlah uang dengan melalui kartu e-Toll. Tapi tahukah sobat bahwa terdapat rambu dengan warna biru, hijau dan coklat di jalan?

Selain jalan tol kita juga akan menemuinya di jalan utama bahkan sampai ke pedesaan juga sudah terdapat rambu-rambu yang beragam. Untuk pembahasan kali ini terkait pemberian warnanya. Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa terdapat beberapa warna pada rambu-rambu lalu lintas, apa maksudnya.

Rambu Dengan Warna Biru, Hijau dan Coklat Di Jalan

1. Warna Biru

Gambar ini menunjukkan rambu dengan warna dasar biru

Rambu warna biru biasanya menunjukkan perintah

>>> Baca Juga, Perbedaan Rambu Dilarang Berhenti Dan Dilarang Parkir

Jadi apabila menggunakan warna dasar biru dengan lambang diberi warna putih dan garis tepi warna putih serta huruf, angka, kata-kata memakai warna putih meka menunjukkan bahwa rambu tersebut merupakan rambu perintah. Hal tersebut tertulis dalam pasal 17 Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 13 Tahun 2014 tentang Rambu Lalu Lintas.

Masih dalam peraturan yang sama di pasal 20 menyebutkan bahwa rambu yang menggunakan warna biru dengan ciri yang serupa memiliki fungsi untuk menunjukkan batas jalan tol, batas wilayah, rambu petunjuk disertai kata-kata, rambu pengaturan lalu lintas dan lokasi utilitas umum. Adapun contoh rambu tersebut yaitu perintah untuk menggunakan lajur kiri pada bus dan truk atau terkait batas kecepatan.

Jadi pada saat berkendara dan melihat rambu lalu lintas dengan warna biru yang menunjukkan sebuah lokasi maka Pengendara perlu tetap berada pada lajur yang ditunjukkan. Jadi sampai tempat yang dituju jangan keluar dari lajur. Contohnya sebuah rambu menunjukkan sebuah tulisan "Cirebon", maka jalan yang sobat lalui menunjukkan arah menuju ke Cirebon.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

2. Warna Hijau

gambar ini menunjukkan rambu-rambu dengan warna dasar hijau

Rambu dengan warna dasar hijau merupakan rambu petunjuk

Adapun pembahasan rambu dengan warna biru, hijau dan coklat di jalan selanjutnya adalah hijau. Untuk rambu dengan warna hijau dengan lampang putih, garis tepi, angka dan huruf berwarna putih, maka menunjukkan rambu tersebut merupakan rambu petunjuk. Yang mana rambu tersebut sebagai pemandu untuk para pengendara ketika menempuh perjalanan ke suatu tempat. Selain itu, rambu juga menjadi petunjuk lokasi tertentu atau jurusan wilayah. Umumnya akan menemukan rambu ini di jalan tol dan jalan raya yang menunjukkan lokasi. Pada umumnya pemasangan dilakukan sebelum daerah atau kota yang dituju. Sebagai contoh adalah "Kertajati 500 m".

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

3. Warna Coklat

Gambar ini menunjukkan rambu dengan warna coklat dan biru

Rambu dengan warna coklat umumnya merujuk ke tempat wisata

Pada rambu warna coklat  mempunyai fungsi yang serupa dengan rambu warna hijau. Hanya saja untuk arti dari sebuah tempat atau lokasi kerap sekali merujuk ke lokasi wisata. Masih terdapat rambu lainnya dengan warna yang berbeda perlu dipahami oleh pengendara. Seperti warna kuning memiliki arti sebuah peringatan supaya lebih waspada dan merah untuk larangan.

Itukah makna dari beberapa rambu dengan warna biru, hijau dan coklat di jalan. Semoga bisa menjadi perhatian bagi Sobat semuanya dan jangan lupa patuhi semua rambu-rambu lalu lintas di jalan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International